Ayah Bunda,
Ini summary dari pertanyaan saya: gimana mengatasi anak yang susah
makan? Semoga bermanfaat buat semua dan pasti saya akan coba cara2,
kiat2 yang udah Ayah Bunda kasih ke saya. Thanks a lot.

>Dari Papanya Farah & Farrel

kebetulan anak saya perempuan (farah) dan laki-laki (farrell), "mungkin"
katanya kalau beda jenis cemburuannya sebentar ajah....tapi
walahualam...
soalnya ada anak temen dua-2nya laki-laki.. sang kakak sadis banget...
adiknya di getok pake maenan sampai berdarah-darah... ada juga yg
kakaknya cowok adiknya cewek kakaknya sadis juga.. jadi tgt kita sbg
ortu harus bisa ngarahin sang kakak ...

tindakan kita :
1. pastikan jam makan utama (mkn pg, siang dan mlm), makan selingan, dan
minum susu jam berapa saja ? pastikan yg dirumah utk mengikuti aturan
tsb
2. stop ice cream dan permen (bener2 stop)
3. jangan makan yg berat di dekat jam makan utama, isi diantara makan
utama dg makan buah/jus...
4. mengganti nasi/roti dg pediasure/susu sereal krn tidak memecahkan
masalah...

kalau tdk mau nasi, bisa kita buatkan roti isi keju/coklat/selai,
makaroni, kroket, dll ...
pada dasarnya : harus ada yg masuk ke dlm perut dg asupan gizi yg cukup,
itu saja .. caranya disesuaikan dg sikon rumah tangga kita...
kalau pengennya makan sambil nonton kartun/gambar/naik sepeda .. ikutin
saja.. mungkin dg hati gembira ga terasa kalau suapannya udah habis
semangkuk
kita diajak utk sabar, tdk bentak, tdk mukul, dll kekerasan yg laen..
ataupun bentuk intimidasi/ditakut-takutin laennya..
kita ajak keluarga kita (anak, suami/istri, opa/oma) kita utk lebih
positif ngelihat dr sisi masing-masing....

setelah jadi ortu.. respek saya ke ortu jadi lebih tinggi... betapa
susahnya dulu ortu kita ngurusin kita waktu kecil...
ini baru ga mau makan aja udah ngeluh, gimana kalau plus : ga mau mandi
atau ga mau sekolah atau ga mau pake baju/sepatu atau ga mau yg
laennya...
so, sekarang sudah berkurang tuh.. debat kusir ga mau kalah dg ortu di
segala bidang.... he he he....

utk jawaban mbak Arum yg Opa kurus juga ga sakit, kalau sakit ada obat.
pasti didpt dr sekitarnya.. mungkin dr bpk/ibu/oma/opanya.. gak mungkin
dr Arum sendiri.. krn mereka masih meniru apa yg kita lakukan, sengaja
atau tidak sengaja kita pernah melakukan itu. Kalau jawabannya udah pake
lohika, sekarang tanya ke Arumnya.. kalau Arum sakit, terus minum obat,
obat harus beli, uang papa/mama habis utk beli obat, Arum ga bisa beli
mainan, ga bisa sekolah, ga bisa maen sama teman.. dll.... perlihatkan
untung ruginya sakit dan sehat kpd Arum... pasti Arum mau mengerti...
selamat mencoba.

papanya Farah dan Farrell.

>Dari Mba Sterna (Mamanya Jovano dan Grace)

coba konsumsi ice cream dan permen di stop, total.. jgn disediain atau
dibeliin.. juga biskuit ato yg lainnya yg bisa dimakan sbg pengganti
makanan pokok.. kalo bisa susu juga di stop.. kasih pilihan, kalo lapar,
silakan makan makanan yg udah disiapin.. coba liat ajah.. apa dalam satu
hari dia bener2 ga mau menyentuh makanan yg udah disiapin tadi.. emang
sih kesannya rada sadis yaa..kalo sampe nggak mau juga... hmmm...
mungkin netters yg lain ada ide.. :) (Sterna)

hmmm.. maaf mbak.. sekali lagi maaf... kalo bisa sih jgn pake bohong2an
lah yaaa.. meski kecil, saya kawatir akan berlanjut.. kita sama2 ga mau
kan kalo anak kita nantinya jadi generasi pembohong.. :) jadi, kalo bisa
sih.. kasih ajah kasus2 ringan yg nerangin sebab dan akibat.. jadi ga
perlu pake nakut2in atawa pake bohong..(Sterna)

> Dari Mamanya Callis

wah, enak ya kalo pengasuhan anak totally diserahkan ke kita (pengasuh)
sehingga bisa menjadi ibu "kejam" seperti mbak Ita, he he he... saya
memahami kalau yang ngurusin oma (or kalau anakku tante-nya) anak jadi
agak2 ada "dualisme", kalo ama oma or tante kok boleh, kalo ama mama kok
gak boleh, sih ? (mungkin itu kata anak kita, ya ?)

mamanya Arum dan Sekar, mungkin itu juga yang terjadi ya ? di samping
kehadiran si adik yang dirasa lebih menyita perhatian ortu dan orang di
sekitarnya, terus mungkin juga kelebihan vitamin...

pertama, kalo boleh kasih saran, aku setuju dengan mbak Ena, stop dulu
permen dkk-nya, kalo gak mau makan juga biarkan saja, toh kalau dia
lapar pasti mau makan juga... tapi kalau disuapin mamanya masih mau
makan khan ? biasanya anakku juga kalo disuapin mamanya pasti mau makan,
soalnya aku kalo nyuapin pake ngancem, sih, "ayo makannya di kamar aja
ya, berdua ama mama" udah gitu masuk kamar deh di situ anakku mau
nangis2 n ngapain juga aku cuekin aja, lama2 akhirnya dia mau juga.
Sedikit kejam, sih ya ? tapi kalau apa2 kemauan anak kita ikutin,
akhirnya kitanya yang disetir anak, betul gak sih moms ?

kedua, mbak dan orang2 rumah harus kasih perhatian lebih juga buat si
kakak bahkan kalau bisa ikutkan dia secara aktif dalam setiap kegiatan
yang melibatkan sang adik, misalnya "kakak bisa bantu mama jaga adik gak
?" dan jangan lupa untuk memuji atau memberi reward buat kebaikannya
dia, terus kasih pengertian kalau si adik masih perlu diawasi, dibantu
dll, dulu kakak waktu seusia adik juga begitu, belum bisa jalan sendiri
dengan lancar, belum bisa begini begitu dll. Apakah waktu mbak hamil si
kakak sudah dipersiapkan untuk menghadapi kehadiran adiknya itu ?

ketiga, kelebihan vitamin. Kalau boleh tanya, vitamin2 yang diberikan
sekarang ini, vitamin A, B, C or multivitamin ? apakah hanya diberikan
begitu saja, mbak ? tanpa melihat vitamin apa yang sebetulnya diperlukan
anak ? untuk mengetahui vitamin apa yang diperlukan anak, bisa dilakukan
dengan menganalisa pola makan anak, misalnya : bila anak tidak suka
minum susu, berarti anak memerlukan asupan makanan tambahan yang
mengandung protein, calsium, magnesium, kalau anak tidak suka daging,
ayam, ikan, telur, tahu, tempe, berarti anak memerlukan asupan makanan
tambahan yang mengandung zat besi dan protein, dll. Kalau Callista sejak
saya berikan Nutrilite nafsu makannya sekarang ini lumayanan dan puji
Tuhan jarang sakit, wah, promosi nih...

maaf juga kalau puanjang ya...

salam, mamanya Callis

> Dari Ibunya Seno dan Della (Mba Icho)

Saya juga pernah punya pengalaman yang sama dengan mbak Joen. Putra saya
pada saat usia 3 tahun baru punya adik lagi. sebelumnya memang makannya
agak sulit, tapi setelah adiknya lahir lebih sulit lagi, saya jadi tahu
betapa susahnya anak saya makan karena biasanya saya kerja, BS nya yang
kasih makan, atau kalau sabtu minggu saya kasih makan tapi masih dalam
taraf wajar agak sulit. Tapi setelah adknya lahir, bener2an sulit
sekali, hampir2 emosi saya menghadapinya, tapi untungnya Bapaknya selalu
mengingatkan supaya sabar, sambil diajak baca buku atau menggambar
sambil makan, pelan2 lumayan lah makannya meskipun masih kurang lebih 1
jam. Selain itu memang anak saya suka cari perhatian dengan cara
mencubit adiknya atau menakali adiknya dengan benttuk lain, itulah
sebabnya kami berdua bapak dan ibunya memberi perhatian yang lebih besar
justru kepada dia Mbak Joe masih lebih beruntung masih ada Omanya yang
membantu mengawasi, anak saya dirumah cuma dengan pembantu dan BS,
untung BS nya sudah ikut kami selama umur anak saya (3 th ) jadi sudah
bisa dipercaya.

Oh ya anak saya memang agak susah makan, minum susu juga agak susah, ice
cream tidak terlalu sering saya berikan apalagi permen belum pernah saya
kenalkan, jadi memang cenderung tidak terlalu gemuk, aktifitasnya juga
aktif layaknya seorang anak laki-laki. Dulu saya juga sama dengan Mbak
Joe memberikan vitamin2 scot, byolisin, alkana, bcmbion untuk menambah
nafsu makan, tapi setelah saya ikutin seminar yang dibawakan oleh
seorang ahli gizi kesehatan anak, ternyata bahwa vitamin2 itu sebenarnya
hanya merangsang anak untuk doyan makan saja, dan rangsangan itu buan
timbul dari dalam tubuh si anak, ibaratnya spt pecandu narkoba ( gawat
yaaa ) , jika tidak diberi vitamin maka anak tidak doyan makan. Nah saya
tidak ingin hal itu terjadi oleh karena itu saya stop vitamin untuk anak
saya, saya coba memberikan makanan apa yg dia mau meskipun takarannya
tidak sebanyak jika dia minum vitamin yang penting saya berusaha bahwa
dia harus mau makan meski tanpa vitamin. Puji Syukur lumayan anak saya
lumayan juga lama-lama terbiasa. Untuk lebih membantu juga saya mulai
berikan supplement tambahan agar anak suka makan dan suka minum susu
yang direkomendasikan juga oleh ahli gizi tadi yang proses pembuatannya
benar2 alami, tanpa bahan kimia dan tanpa zat yang bisa menimbulkan
rangsangan seperti vitamin2 di atas.

Untk masalah psikologinya mungkin memang sebaiknya jika memang Mbak Joen
ingin informasi yang lebih detail, ya di bawa ke psikolog lebih baik,
mungkin akan dapat solusi yang memuaskan. Atau juga ke dokter / ahli
gizi untuk menanyakan kasus ini.

Segini aja dulu sharing saya, semoga membantu.Salam - Icho ( Ibunya Seno
& Della )

> Dari Mamanya Adam dan Donnie

Anak seumuran itu memang lagi masa-2 gak doyan makan, anak saya juga
seumur itu kalo makan paling banter 2-3 suap kecil setelh itu bungkem
dech, tapi dianya doyan susu jadi gak masalah yach, tapiiiiiii itu gak
boleh juga khan kita dalam taraf mendidik dia, jadi nanti kalau dibiarin
minum susu aja lama-2 jadi tambah males makannya (khan makan harus
ngunyah sedang minum susu tinggal telan, nach males dech ngunyahnya),
jadi minum susu juga saya atur, pasti nanti ada masanya sianak lapar,
biasanya kalau saya lagi makan malem dia suka nyamperin terus ikutan
makan. Coba dech Mbak untuk sementara permen dan ice creamnya diumpetin
dulu, karena itu yang bikin kenyang, lalu coba arahkan ke makanan utama
pada saat jam makan, dan ke buah pada saat waktu makan cemilan, kita
juga gak boleh tergoda lho kalau sikecil sudah merengek minta permennya,
kita harus tegar dan tegas untuk menolaknya. Sorry yach kalau gak
membantu tetapi itu berdasar pengalaman, kalau orang bilang saya Ibu
yang kejam, soalnya no permen no chiki & freinds di rumah saya..hehehe
kasihan dech yang jadi anak saya.

Salam, Mama Adam & Donnie

Fie,

Spengalaman aku sich koq anakku gak ngaruh yach ama vitamin-2 yang
diiklanin tuch, pernah sich aku jadi korban iklan colostrum, tapi yach
coba sekali itu aja, lalu saya kembali ke pola makanan fresh yang aku
yakin lebih bagus buat anakku, aku bener-2 kejam Fie kalo soal makanan,
seperti yang aku ceritakan sebelumnya. Jadi Afie juga kudu kurangi
jajanan biscuitnya (khan manis tuch bikin cepet kenyang), trus
masakannya yang bervariasi, ditata yang cantik (coba dech cari buku
resep balita yang dimodel lucu-2) trus yang ngajak sambil cerita-2 dan
puter musik yang dia seneng, pokoknya bikin suasana happy dech, dan kalo
bisa Ibunya yang masak dengan penuh rasa cinta, dijamin dech 1000%
si-anak mau makan hehehhe duuuuhhhhh susyaahhhhnya jadi Ibu. Ini
pengalaman Fie, anakku paling doyan mie, lalu lihat yang dirumah pada
makan mie instan dia juga pengen khan, nah aku pake mienya aja, rebus
buang airnya ganti lagi dengan air mendidih, setelah itu aku beri kecap
asin, kecap manis dan minyak zaitun, apa commentnya : hhmm yummy,
aduuuhhh langsung kaca-2 dech Fie, suer aku gak bisa masak, tapi buat
anak aku berusaha keras bikin variasi kadang-2 melibatkan mereka supaya
lebih semangat, makanya biar anakku dua-2 laki mereka betah nongkrongin
dapur heheheh. Selamat masak yach Fie.

Salam, Mama Adam & Donnie

> Dari Papanya Farah dan Farrel (lagi nih)

mbak joen,
mungkin memang masanya anak tsb lagi cari perhatian.. dg gak makan khan
perhatian kita beralih ke si kakak...
mungkin itu tujuannya.. coba beri pengertian kalau kakak ga makan..
kakak nanti sakit.. kalau sakit papa/mama/dedek sedih... papa/mama ga
bisa kerja kalau sedih... inget kakak terus... dsb...

kalau saya, walaupun jauh2 hari sudah mempersiapkan kehadiran adik.
tetap saja kecemburuan itu ada... untungnya hanya 2 bulan pertama saja
.. yg jitak, mukul, narik tangan-kaki udah nggak kehitung .. pokoknya
kalau sang kakak udah di deket adiknya kita aja yg waspada... tiba2
pletak .. adiknya udah di jitak... ya jelas nangis... cuman kita kasih
tahu kakaknya.. kalau di jitak khan sakit .pokoknya setiap kakak
ngenganggu adik.. kita tidak pernah mengatakan : jangan dijitak.. jangan
dicubit dan jangan-2 yg laen...

kita cuman coba : coba kakak di jitak.. dicubit .. sakit nggak.. kalau
sakit adiknya jangan di jitak/cubit ya..

terus setiap kegiatan libatkan sang kakak ... tlg ambilkan baju
adik..popok adik.. atau yuk maen sama adik dll... banyak kegiatan yg
bisa kita kerjakan bersama antara adik dan kakak..

misalnya adiknya tidur.. terus kakaknya teriak-2 .. terus adiknya
bangun.. jangan kita katakan ke sang kakak : kakak diem, jangan teriak
adiknya lagi bobok... sebaiknya kakak kalau teriak-2 nanti
batuk..tenggorokannya sakit... jadi jangan sang kakak dilarang
kegiatannya demi sang adik.. sang kakak makin cemburu.. wah gara2
adiknih . aku nggak bisa teriak.. ga bisa lari-lari dll... semuanya demi
adik bisa bobok.. adik bisa maen.. dll

pada dasarnya kita jangan menyalahkan sang kakak demi ketentraman
adik...
beri pengertian sang kakak kalau adiknya belum bisa ini belum bisa itu..

jadi tidak semua kemauan sang kakak mesti bisa dilakukan oleh sang
adik...

alhamdulillah.. 5 bulan berlalu sang kakak jadi makin sayang dedeknya...

anak saya 2th 7 bln dan 7 bln...

maaf agak banyak...
walaupun kadang sang kakak minta gendong juga spt sang adik... rebutan
papa/mamanya..
ya yg tua-lah yg ngatur.. adik dulu baru kakak di gendong (sebaliknya)..
atau kalau kuat gendong keduanya...

jangan pusing lagi ya bu...
enjoy saja... itu seninya punya anak... nikmati saja .. bakalan nggak
pusing lagi...
utk eyangnya ... tlg diengitin sing sabar...ngasuh cucunya.. soalnya
kalau udah pernah, maaf mukul atau bentak-bentak.. bakaln ada yg kedua..
ketiga dan jadi kebiasaan... moga-moga aja belum.... moga-moga ngebantu
ya mbak...
dijan.

Saya setuju juga dgn masukan dari mbak Sterna, mungkin dgn adanya rasa
lapar si anak akan mau mencoba makanan tsb. Tetapi tetap dilihat
perkembangannya dan sianak tetap diarahkan dan diajak bicara contohnya;
kalau nanti kamu nak tidak mau makan bisa jadi masuk rumah sakit dan
disana ntar nggak ada yang jagain yach sedikit bohong bohonglah. Ini
hanya coba coba saja siapa tahu bisa berhasil.

> [...]

sih kesannya rada sadis yaa..

kalo sampe nggak mau juga... hmmm... mungkin netters yg lain ada ide..
:)

Ok deh mamanya Arum & Sekar,

Selamat mencoba.

Salam,

Mama Jovano and Grace

> Dari Bundanya Nayla

Dear Moms and Dads,

Memang milis ini ajaib koq, bener kata salah satu anggota kemaren, baru
mau nanya eh udah ada jawaban. Anak saya umur 1,5 tahun juga lagi susah
banget makannya, belakangan udah 2 minggu. Saya juga gak biasain makan
snack2 yang aneh, kecuali biskuit2 seperti yacobs dan sejenisnya.

Mungkin karna Nayla udah laper, minum susunya jadi banyak, padahal
tadinya susu nggak banyak. Ada temen saya yang saranin kasih Curcuma
plus. Saya belum coba sih. Saya udah bikin menu makan yang berbeda, tapi
yang masuk cuma 2 sendok. Emang tiap kita makan malam, Nayla ikut makan.
tapi gak banyak. Gimana yah? saya juga pusing nih... mana berat badannya
agak kurang. Hehe .... malah nanya. Salam Bundanya Nayla.

Kirim email ke