Pak Hardiandika..

bs jadi penyebabnya mencret n muntahnya si anak ya
supplemen tadi.. klo dirasa anaknya sblmnya makan or
minum sesuai dg rutinitasnya..spt biasa..
atau bs juga krn virus..

so, sementara hentikan dulu supleman tsb.. sambil
berupaya mengganti cairan yg kluar lewat muntah n
diarenya..

suplemen penambah napsu makan klo ngutip kata2nya
bunda dr Wati di milis sehat mahh dalam dunia medis
... tidak ada "obat" perangsang nafsu makan

Berikut aku berikan Rangkuman Jawaban dr.Wati (milis
sehat) di Bunga Rampai (BR) mengenai Suplemen/Vitamin
(

16. PENAMBAH NAFSU MAKAN - SRI RAHAYU - 150305
Sri sudah pernah buka file multivitamin dan suoplemen
di folder milis
ini?
Sudah baca Pelangi 5 - PRUDC?
Di  berbagai  BR juga sering disinggung perihal nafsu
makan ... Dalam
dunia
medis  ... tidak ada "obat" perangsang nafsu makan
... Gak usah aja ya
bisnis  aja  tuh  Sri  ...  sayang  uangnya  ...
daripada  diberikan
untuk
menyuburkan  pemegang  saham  pabriknya  ...  mending
ditabung untuk
ongkos
sekolah anakmu kelak.
Begitupula  halnya  dengan multi vitamin ... Gak perlu
kok ... makan
normal
dan konsumsi makanan sehat sesuai piramida makanan
yaa...

6. ISEP INGUS DAN VITAMIN - IBU ZIDAN, PUDJI, 280305
Saya tidak menganjurkan untuk mengisap ingus dengan
mulut kita ... kan
mulut kita juga penuh kuman meski kebanyakan kuman
baik ...
Di lain pihak .. penelitian membuktikan bahwa ibu yang
menderita gigi
bolong (karies gigi) biasanya bayinya pun akan
tertular sehingga rentan
mengalami karies gigi nantinya ... Bagaimana
penularannya? antara lain
melalui pemakaian alat makan bersama; ibu membersihkan
empeng bayi
dengan
mulutnya .,... dst dst
Kalau boleh usul ... berikan breathy aja ya 3x 1 tetes
pasti ingusnya
keluar dan ngocor!! Tanpa harus diisap
Vitamin???  ahhh  kan  sudah  sering  dibahas  yaaa...
 gak usah aja ya
seperti yang dikatakn Pudji itu lhoo

21. PROLACTA, VITAMIN, SUPLEMEN, DLL
Thanks buat para SP yang sudah membantu meluruskan isu
seputar vitamin,
suplemen, termasuk PROLACTA
Ada beberapa RS/RB yang sepertinya rutin dari lahir
bayi sudah diberi
prolacta ... sediiih sekali saya ...

LINDA DODOOH ... tidak benar prolacta itu dibutuhkan
oleh anak. Pola
makan
yang baik dan kasih sayang serta stimulasi ... itu
yang dibutuhkan anak
bukan sirup kimiawi yang tidak ada uji klinisnya
0perihal efficacy and
safety nya tetapi diperdagangkan seolah "ANAK AKAN
MERUGI BILA TIDAK
DIBERI
SUPLEMEN TSB"

Logika saja ...bagaimana ketika kamu kecil, ketika
saya kecil, ketika
Bung
Hatta kecil ... gak prolacta ... apakah kita otomatis
menjadi DUMBER?

IBUNYA  AHMAD/JELI  ITENG  ... sudah tahu kan ya
jawabannya ... Ahmad
tidak
perlu  suplemen  ... bukan karena usianya baru 5 bulan
... melainkan
karena
kita memang tidak memerlukannya ...ASI sudah lebih
dari cukup.

6. KALSIUM BENTUK PUYER - STEPHEN - 060405
Nah... senang kan jadi member milis sehat .. sudah
langsung ditanggapi
..
Bener lho ... susu formulanya kan sudah mengandung
kalsium. Makanannya
juga
seperti keju, yogurt, ikan, kuning telur ... kenapa
mesti kasih kalsium
suplemen?
Di lain pihak .. siapa bilang tidak ada kalsium
sirup.... hehehe ...
Di lain pihak .. Luluk betul .. sebaiknya para SP
membiasakan ketika
anak
sakit dan memerlukan obat ... upayakan tidak dalam
bentuk puyer.

16. SUPLEMEN
Terimakasih ... hari ini ada yang membantu saya soal
suplemen... saya
juga
bingung kenapa kita percaya saja kepafa iklan suplemen
... tidak
sedikit
anak diresepkan multivitamin ... dan bahkan belakangan
ini (baca
sharing
obat ... saya miris membacanya dan sampai saat ini gak
mau berkomentar
hehe
.. thanks ya Shereen ... memang mestinya kami para
dokter lah yang
makan
suplemen2 tsb ketimbang anak2 hehehehe) ... perempuan
diberi infus
vitamin
C oleh dokter kulit ... buat apa? Nanti malah diare
... bahkan katanya
kebanyakan vit C bisa saja bikin batu ginjal ...

Nah cenjien di surabaya ... gak ada suplemen pelancar
ASI ya ...
suplemennya adalah kasih sayang, niat, kesabaran, dean
percaya diri ...
DICKY   -   diabetes  mellitus  alias  kencing  manis
bukan  beras
herbal
penyelamatnya ... pola hidup ... coba deh browse
diabetes...

7. SUPLEMEN TIDAK BERGUNA - SYIFA - 180405
MENANGGAPI MIRKA - BATUK SAAT HAMIL LASERIN DAN CDR
Thanks ya Syifa atas asupannya ... saya kutip
ringkasannya
"kebanyakan suplemen yang ada di pasaran itu tidak
berguna untuk kita,
so,
anjurannya adalah, makan dengan diet yang seimbang
sesuai kebutuhan.
lebih
baik makan buah yang mengandung vitamin C dalam
kadar yang kita butuhkan (walaupun kelihatannya
sedikit sekali
dibandingkan
CDR atau You C 1000 yang vit.C nya sampai 1000 mg)tapi
teratur setiap
hari."
Bravo!!

1, SUSAH MAKAN - YENNI - 200405
Bagaimana Nadhif? Thanks buat para SP yang sudah
menanggapi ...
Makannanya
pakai ASI dong... kan sudah sering para SP sharing
Yen.
Kedua ... hehehe mau kasih vitamin? Vitamin apa?
Hehehe

19. FIBRE - MENANGGAPI SINDIHI - 260405
Thanks ya atas tanggapannya
Cuma mau koreksi sedikit kalau boleh hehehe
makan serat dari sumbernya saja deh, sayur,  uahm, oat
meal, dll dll
ketimbang beli yang jadi .. kenapa?
Kalau  di  buah  sayur  dll ada substansi yang namanya
PHYTOCHEMICALS.
suatu  zat  yg  tidak  ada pada serat olahan pabrik
... phytoichemicals
ini
selain  baik  untuk  pencernaan juga mengurangi risiko
[enyakit jantung
dan
mengurangi  risiko  kanker  usus  besar ...suatu bukti
lagi bahwa
buatanNya
memang tidak atau sulit ditandingi.

4. IBU HAMIL PERLU IMBOOST? - AYYA - 200505
Bravo!! Wah bagaimana ibu2 di Singapore, Malaysia,
filipina, tailan,
jepang, australia ... yang gak punya imboost? apakah
kehamilannya
terganggu? Kan gak ya
Temanmu  sudah benar. Makan sehat dan kalau vitamin
cukup zat besi saja
Asam folat juga sudah diragukan manfaatnya bila
kehamilan sudah 7
bulan.

12. ASI VS MOLOCO B12 - TETI - 200505
Tet ... ASI gak bisa diperbanyak dengan mengkonsumsi
molocoB12 hehehe
meski
kamu makan berkilo2 hehehe
Relaks, tenang, PD, makan sehat, OR teratur ... kasih
sayang ... itu
sudah
lebih dari cukup
sIMPAN  aja  deh uangnya buat sesuatu yang lebih
berharga misalnya
tabungan
pendidikan anak.

24. MOLOCCO B12 HARAM? - SEPTI - 230605
Saya tidak akan membahas haram halalnya
saya hanya mau menekankan untuk kesekian kalinya ..
apa sih molocco
itu?
Tidak ada dalam SOP ibu menyusui perihal pemberian
moloco
Tidak ada EBM perihal ke"ampuhan"nya
Tidak ada negara menjual moloco ke pasien selain di
Indonesia.

3. VITAMIN DAN KOLUSTRUM - HIKMAH - 270605
Dear... Tuhan sudah membekali kita dengan sistem imun
yang amat sangat
canggih ... jangan underestimate dong ya.
kedua ... kekebalan tubuh ditingkatkan dengan
kolustrum dan vitamin?
hehehe
mari kita pakai common sense ... kalau iya bener ...
tidak ada orang
AIDS
meninggal .. kasih aja kolustrum buanyak buanyak
hehehe
Bener para SP .. kasihan ya bayi sapi .. kolustrumnya
buat anak manusia
Udah .. simpan saja uangnya buat tabungan pendidikan
anakmu.

12. MENOPAUSE, IMBOOST - IKA M - 140705
Menopause antisipasinya bagaimana? Tenang saja,
nikmati saja, mengalir
saja
... lalu katakan ke saudaramu, makan sehat dan olah
raga teratur ya ..
Anakmu gak papa kok dikasih imboost emangnya isinya
apa .. coba kamu
lihat
kandungannya apa .. echinacea kan ya ... buat apa?
Lendirnya hilang
karena
memang dia mau sembuh saja ... di Bangladesh Ka,
vitamin dan suplkemen
dilarang ... kenapa? Karena gak ada gunanya dan hanya
membuang uang
saja
apalagi pemakaian jangka panjang kalau echinacea ..
pasti akan menekan
sistem imun
Tabu8ng aja deh uangnya
ingus sih gak bahaya ... gak merugikan justru biar aja
keluar.

10. AA DHA - LIEYA - 250805
Sebenarnya sudah sering dibahas di milis ini perihal
AA dan DHA .. coba
deh
buka2 lagi
Mending uangnya diutabung buat pendidikan anak kan ya
hehehe
Di lain pihak, kemarin di ceramah saya bilang kalau
benar AA DHA
MENCERDASKAN ... maka anak gak perlu sekolah dong ya
hehehe cukup susu
ini
aja ...
Artinya apa .. kita pakai common sense aja ya
BTW .. kok cuma biskuit dan air jeruk? Anakmu sudah
lebih 6 bulan kan?
ASI
nya yang banyak ya biar formulanya bisa sesedikit
mungkin bahkan gak
perlu
.. kan yg palijng bagus adalah protein ASI dari
mamanya.

26. SAN B PLEX VS NAFSU MAKAN VS BAB CAIR - VIVI -
300805
Dear perihal vitamin sudah sering sekali dibahas di
milis ini
Di lain pihak, dalam dunia kedokteran belum ditemukan
apa yang namanya
obat
untuk meningkatkan nafsu makan
Jadi kamu percuma saja memberikan vitamin itu
Di lain pihak bisa saja Bagas Bab cairnya karena tidak
tahan dengan
pewarna
atau perasa atau pengawet si vitamin
Kurus? Ah kamu ada2 saja .. sudah diplot belum BB dan
TBnya di kurva
pertumbuhan anakmu ... pasti masih di area normal ...
jangan menilai
anak
kurus dari penglihatan kamu saja ya ...
MPASI? Aduuuh kan Bagas baru 5 bulan .. nanti dong
kalau 6 bulan.

3. PROLACTA BUAT BABY - RAHMAWATI - 210905
Prolacta bikin cerdas? Ahhh kan banyak bayi cerdas
tidak pernah
tersentuh
prolacta ... stimulasi dan kasih sayang, ASI dan MPASI
yang benar dan
sehat
... bukankah itu yang membuat bayi cerdas?
Ketika hidup susah dan semakin kompetitif, ketika
lapangan kerja sulit
bekali anakmu dengan pendidikan yang baik .. diawali
di rumah ... nah
tabung saja ya uangnya ... ASI jauh melebihi prolacta
kan ya.

6. ANAK 3 TAHUN TAK NAFSU MAKAN - IMUNOS & VISTRUM -
YANA A - 071005
Dear Yana .. milis ini BUKAN MENGAJAK orang tua untuk
tidak mempercayai
dokter ... melainkan untuk turut memikul tanggung
jawab perihal
pemeliharaan kesehatan anak ... caranya ya dengan
meningkatkan
pengetahuan.
Jadi jangan sampai ... kalau berdasarkan pengetahuan
yang valid
ternyata
kita memurtuskan tidak memakai obat atau resep yang
diberikan ... lalu
diartikan sebagai upaya tidak mempercayai ... ilmu kan
terus berubah ..
ilmu kan terkait transparansi alias keterbukaan
Jangan juga diartikan bahwa kalau kita percaya lalu
apapun yang
diberikan
ditelan ... kan kalau kita belanja alat elektronik
juga kita ngecek
sana
sini dulu ... hehehe

Anak tidak mau makan solusinya bukan "obat" ini karena
dalam dunia
kedokteran tak ada vitaminb penambah nafsu makan ...
Menu nya saja dan strateginya yang diotak atik seperti
yang sering
dikemukakan di milis ini
Vistrum katanya isinya kolustrum sapi ... hehehe
kasihan bayi sapi ..
tapi
kita pakai akal sehat saja deh ... kolustrum berapa
ratuis atau ribu
sapi
dibutuhkan untuk memproduksi suplemen2 seperti itu?

FLEK ... nah dalam dunia kedokteran tak ada istilah
flek .. TBC atau
bukan.
jadi tanyakan pada DSAmu ... apa penyakit anakmu TBC?
kalau TBC pada
anak
ya gak usah ronsen diagnosisnya ... habis terapi juga
gak sah ronsen
mau lihat apa? Infiltrat kan bisa terlihat pada banyak
sekali kondisi
termasuk batuk pilek.

4. BAYI 6 BULAN BUTUH SUSU FORMULA?; IMUNISASI
SIMULTAN? - PEOLITA -
121005
Heheheh kamu pasti sudah terlalu bijak ketimbang
otomatis memberikan
susu
formula .. ASI ASI dan ASI ... wah itu sih nutrisi
terbaik buat anakmu.

--- "Hardiandika.P" <[EMAIL PROTECTED]>

Regards,
Uci mamaKavin+Ija