Hi mbak Clara,

Asumsi saya, mungkin DSA nya pakai referensi yang versi jadwal vaksin di
USA  (bisa di-check di website AAP, cdc, mayoclinic, dll.) yang  umumnya
selalu menjadwalkan final dose (dosis ke -5) untuk DPT/DPaT itu pada waktu
atau lebih dari usia 4 tahun (rentang waktu 4-6 tahun).
Sama juga dengan kasus vaksin 'cacar air/varicella', banyak DSA di sini yang
menjadwalkan di usia lebih dari 12 bulan (versi IDAI sendiri di usia 10
tahun).

Kalau menurut saya sih, nggak apa2 untuk ikutin jadwalnya DSA Angel.  Usia 4
tahunan ke atas memang rata2 usia masuk sekolah (selevel play group / pra
TK), makanya perlu 'booster final' untuk proteksi terhadap infeksi DPT
(setelah dapat 4x dosis lengkap di usia < 2 tahun) juga karena anak dianggap
sudah mulai berinteraksi dengan lingkungan sekolah/teman sebaya.

cheers,
Sylvia - Jovan & Rena's mum with 15-week-'bump'