Doooo 3,5 bln yaaa
jkgn dong mbak... kasian bgt tuh pencernaan..
baby mulai 2 blna kan masuk masa oral..suka masuk2in
apa aja ke mulutnya... wajar kok.. tapi kan blum tentu
penseranaanya siap nrima makanan selain susu..

klo bs jangan dehh..

Ini ada artikelnya…

Resiko Pemberian MPASI Terlalu Dini
(sumber : milis _SEHAT_)
(Dirangkum & ditulis bebas oleh Luluk Lely Soraya I,
26 March 2005)

Banyak sekali pertanyaan dan kritik yang timbul
mengenai pemberian
Makanan Pendamping ASI (MPASI) di usia < 6 bl. Bahkan
banyak dari kita
tidak pernah tahu mengapa WHO & IDAI mengeluarkan
statement bahwa ASI
eksklusif (ASI saja tanpa tambahan apapun bahkan air
putih sekalipun)
diberikan pada 6 bl pertama kehidupan seorg anak.
Kemudian setelah
umur 6
bulan anak baru mulai mendapatkan MPASI berupa bubur
susu, nasi tim,
buah,
dsb.

Alasan menunda pemberian MPASI

Mengapa harus menunda memberikan MPASI pada anak
sampai ia berumur 6
bl ?!
Kalo jaman dulu (baca : sebelum diberlakukan ASI
eksklusif 6 bl) umur
4 bl
aja dikasih makan bahkan ada yg umur 1 bl. Dan banyak
yang berpendapat
gak
ada masalah apa-apa tuh dg anaknya.

Satu hal yg perlu diketahui bersama bahwa jaman terus
berubah. Demikian
juga dengan ilmu & teknologi. Ilmu medis juga terus
berkembang dan
berubah
berdasarkan riset2 yg terus dilakukan oleh para
peneliti. Sekitar lebih
dari 5th yg lalu, MPASI disarankan diperkenalkan pada
anak saat ia
berusia
4 bl. Tetapi kemudian beberapa penelitian tahun2
terakhir menghasilkan
banyak hal sehingga MPASI sebaiknya diberikan >6bl.

Mengapa umur 6 bl adalah saat terbaik anak mulai
diberikan MPASI ?!

1. Pemberian makan setelah bayi berumur 6 bulan
memberikan perlindungan
ekstra & besar dari berbagai penyakit.

Hal ini disebabkan sistem imun bayi < 6 bl belum
sempurna. Pemberian
MPASI
dini sama saja dg membuka pintu gerbang masuknay
berbagai jenis kuman.
Belum lagi jika tidak disajikan higienis. Hasil riset
terakhir dari
peneliti di Indonesia menunjukkan bahwa bayi yg
mendapatkan MPASI
sebelum
ia berumur 6 bl, lebih banyak terserang diare,
sembelit, batuk-pilek,
dan
panas dibandingkan bayi yg hanya mendapatkan ASI
eksklusif. Belum lagi
penelitian dari badan kesehatan dunia lainnya.

2. Saat bayi berumur 6 bl keatas, sistem pencernaannya
sudah relatif
sempurna dan siap menerima MPASI.

Beberapa enzim pemecah protein spt asam lambung,
pepsin, lipase, enzim
amilase, dsb baru akan diproduksi sempurna pada saat
ia berumur 6 bl.

3. Mengurangi resiko terkena alergi akibat pada
makanan
Saat bayi berumur < 6 bl, sel2 di sekitar usus belum
siap utk kandungan
dari makanan. Sehingga makanan yg masuk dapat
menyebabkan reaksi imun
dan
terjadi alergi.

4. Menunda pemberian MPASI hingga 6 bl melindungi bayi
dari obesitas di
kemudian hari. Proses pemecahan sari2 makanan yg belum
sempurna.

Pada beberapa kasus yg ekstrem ada juga yg perlu
tindakan bedah akibat
pemberian MPASi terlalu dini. Dan banyak sekali alasan
lainnya mengapa
MPASI baru boleh diperkenalkan pada anak setelah ia
berumur 6 bl.

Masih banyak yg mengenalkan MPASI < 6 bl

Kalo begitu kenapa masih banyak orangtua yg telah
memberikan MPASI ke
anaknya sebelum berumur 6 bl ? Banyak sekali alasan
kenapa ortu
memberikan MPASI < 6 bl. Umumnya banyak ibu yg
beranggapan kalo anaknya
kelaparan dan akan tidur nyenyak jika diberi makan.
Meski gak ada
relevansinya banyak yg beranggapan ini benar. Kenapa ?
Karena belum
sempurna, sistem pencernaannya harus bekerja lebih
keras utk mengolah &
memecah makanan. Kadang anak yg menangis terus
dianggap sbg anak gak
kenyang. Padahal menangis bukan semata2 tanda ia
lapar.

Belum lagi masih banyak anggapan di masyarakat kita
spt ortu terdahulu
bahwa anak saya gak papa tuh dikasih makan pisang pas
kita umur 2 bl.
Malah sekrg jadi orang.

Alasan lainnya juga bisa jadi juga tekanan dari
lingkungan dan gak ada
dukungan spt alasan di atas. Dan gencarnya promosi
produsen makanan
bayi
yg belum mengindahkan ASI eksklusif 6 bl.

Aturan MPASI setelah 6 bulan : Karena < 6 bl
mengandung resiko

Sekali lagi tidak mungkin ada saran dari WHO & IDAI
jika tidak
dilakukan
penelitian panjang. Lagipula tiap anak itu beda. Bisa
jadi gak jadi
masalah utk kita tapi belum tentu utk yg lain.
Misalkan, ilustrasinya sama spt aturan cuci tangan
sebelum makan. Ada
anak yg dia tidak terbiasa cuci tangan sebelum makan.
Padahal ia baru
bermain2 dengan tanah dsb. Tapi ia tidak apa2.
Sedangkan satu waktu
atau
di anak yg lain, begitu ia melakukan hal tsb ia
langsung mengalami
gangguan pencernaan karena kotoran yg masuk ke makanan
melalui
tangannya.
Demikian juga dengan pemberian MPASI pada anak terlalu
dini. Banyak
yang
merasa ”anak saya gak masalah tuh saya kasih makan
dari umur 3 bulan”.
Sehingga hal tsb menjadi ”excuse” atau alasan utk
tidak mengikuti
aturan
yg berlaku. Padahal aturan tsb dibuat karena ada
resiko sendiri.
Lagipula
penelitan ttg hal ini terus berlanjut. Saat ini
mungkin pengetahuan dan
hasil riset yg ada masih terbatas dan ”kurang”
bagi beberapa kalangan.
Tapi di kemudian hari kita tidak tahu. Ilmu terus
berkembang.

Dan satu hal yg penting. Aturan agar menunda
memberikan MPASi pada
anak <
6 bulan bukan hanya berlaku utk bayi yg mendapatkan
ASI eksklusif.
Tetapi
juga bagi bayi yg tidak mendapatkan ASI (susu formula
atau mixed).

Semuanya akan kembali kepada ayah & ibu. Jika kita
tahu ada resiko
dibalik
pemberian MPASI < 6 bl, maka mengapa tidak kita
menundanya. Apalagi
banyak
sekali penelitian & kasus yang mendukung hal tsb.

Apapun keputusan ibu & ayah, apakah mau memberikan
MPASi < 6 bl
ataupun >
6bl, alangkah baiknya dipertimbangkan dg baik untung
ruginya bagi anak,
bukan bagi orang tuanya. Sehingga keputusan yg diambil
adalah yg
terbaik
utk sang anak.

Sumber :

• Solid Food in Early Infancy increases risk of
Eczema, from original
source : Fergusson DM et al Early solid feeding and
recurrent childhood
eczema: a 10-year longitudinal study Pediatrics 1990
Oct;
86:541-546.[Medline abstract][Download citation]

• World Health Organization (WHO). Infant Feeding
Guidelines. 2003.
Information for Health Professionals on Infant
Feeding.
www.who.int/health_topics/breastfeeding/en/

• World Health Organization (WHO). 2003. Global
Strategy for Infant and
Young Child Feeding. www.who.int

• Artikel : Stop MPASI terlalu dini. Majalah
Ayahbunda Edisi/No.01
Januari
2005

• World Health Organization (WHO). Complementary
feeding. Report of the
global consultation. Summary of guiding principles.
Geneva, 10-13
December
2001. www.who.int

• Artikel : Why Delay Solids?
http://www.kellymom.com/nutrition/solids/delay-solids.html

• The introduction of solids in relation to asthma
and eczema.
A Zutavern, E von Mutius, J Harris, P Mills, S
Moffatt, C White and P
Cullinan.
http://adc.bmjjournals.com/cgi/content/abstract/89/4/303

• AAP. 1990. Early solid feeding and recurrent
childhood eczema: a
10-year
longitudinal study. DM Fergusson, LJ Horwood and FT
Shannon.
http://pediatrics.aappublications.org/cgi/content/abstract/86/4/541

• NCBI. Protective nutrients and bacterial
colonization in the immature
human gut. Dai D, Walker WA.
http://www.ncbi.nlm.nih.gov/entrez/query.fcgi?
cmd=Retrieve&db=PubMed&list_uids=1\
0645469&dopt=Abstract

• Relation between early introduction of solid food
to infants and
their
weight and illnesses during the first two years of
life. Forsyth JS,
Ogston SA, Clark A, Florey CD, Howie PW. Dept of Child
Health,
Ninewells
Hospital and Medical School, Dundee.

Regards,