nambahin pake artikel dr medicastrore nih..

Menangani Anak Jatuh
19/02/2004 -
Anak-anak identik dengan bermain, yang sering beresiko
anak jadi
terjatuh. Akibat anak jatuh dapat menjadi luka atau
cedera. Selama anak
masih dalam pengawasan dan arena bermain bebas dari
tangga, benda tajam
dan barang-barang berbahaya lain, jatuh tidak akan
menyebabkan cedera
yang serius. Pencegahan jatuh dan pemantauan anak yang
jatuh sangat
penting diperhatikan.

Untuk mengurangi resiko anak terjatuh, lakukan
tindakan seperti di bawah
ini:
1.       Pindahkan atau lapisilah perabot dengan sudut
yang tajam.
2.       Letakkan lapisan anti selip di bawah semua
karpet/keset supaya
tidak licin.
3.       Jauhkan anak-anak dari anak tangga,
benda-benda yang bersusun
atau permukaan yang licin.
4.       Pasanglah pintu penutup tangga. Jangan
biarkan anak memanjat
tangga sendirian.
5.       Tempat tidur anak dan perabot lain jangan
diletakkan dekat
jendela sehingga anak dapat memanjat ke arah jendela.
6.       Jangan tinggalkan anak sendirian di atas
tempat tidur atau
sofa.
7.       Baby walker sebenarnya tidak dianjurkan. Ia
dapat terguling,
sulit dikontrol kecepatannya sehingga dapat membentur
sesuatu.
8.       Pasanglah pengikat bayi bila bayi didorong
dengan kereta bayi.
9.       Jangan biarkan anak bermain papan luncur,
ayunan dan permainan
panjat memanjat lain di taman tanpa pengawasan.
10.   Gunakan helm waktu anak bermain sepatu roda,
sepeda atau dibonceng
naik sepeda motor.

Namun orangtua jangan bersikap berlebihan bila anak
baru bisa berjalan
dan ia sering jatuh. Biarkan ia berdiri kembali.
Berlari ke arahnya tiap
kali ia jatuh akan membuat orangtua letih dan anak
menjadi terlalu
berhati-hati dan cengeng meskipun ia tidak terluka.
Bila anak terjatuh
dan menangis, tenangkanlah dan berilah semangat untuk
berdiri kembali.
Tetapi perlu diperhatikan bila anak jatuh dari tempat
tinggi atau
bertabrakan sewaktu mengendarai mainan anak. Perlu
pemeriksaan yang
lebih teliti, apalagi jika terbentur pada kepala atau
tulang punggung.

Hal-hal yang perlu diperhatikan jika anak anda jatuh
dan memerlukan
perhatian medis :
1.       Tersayat, terkikis atau berdarah.
2.       Bengkak atau memar yang besar.
3.       Kelainan bentuk yang nyata dari lengan atau
kaki setelah jatuh,
atau rasa sakit yang tidak berkurang dalam beberapa
menit.
4.       Tanda-tanda gegar otak termasuk penurunan
kesadaran, sakit
kepala, ingatan hilang, pusing, mual atau muntah.
5.       Benjolan di kepala, perdarahan pada bagian
putih mata, caiarn
kemerahan dari hidung dan telinga, yang menunjukkan
kemungkinan patah
tulang tengkorak.
6.       Menangis atau berteriak lama, kemungkinan
adanya luka dalam.

Jika anak langsung menangis setelah jatuh atau
terbentur kepalanya dan
tetap sadar, kemungkinan ia tidak mengalami cedera
serius. Faktor yang
mempengaruhi beratnya cedera adalah jarak, kekuatan
jatuh dan permukaan
tempat ia jatuh. Jika anak anda jatuh di permukaan
yang keras dan tampak
baik-baik, amatilah ia selama 24 jam (terutama jika
bengkak di kepala
atau terbentur kepalanya).

Gejala gegar otak antara lain :
*       Bingung
*       Pingsan atau kesadaran menurun (lesu atau mau
tidu terus).
*       Pandangan kabur, mata juling atauanak mata
(pupil) ukurannya
berbeda antara kanan dan kiri.
*       Perubahan cara berjalan atau merangkak.
*       Sakit kepala yang berkepanjangan.
*       Muntah terus menerus dalam 2 hari pertama
setelah jatuh.
*       Keluar darah atau cairan dari hidung atau
telinga.

Bila anak anda menemukan gejala-gejala tersebut, harus
segera
menghubungi dokter. (MCH)

Regards,
Uci mamaKavin+Ija