Bener Kang,

Kakak saya termasuk yang kerepotan pas mau masukin anaknya ke SMP DKI
(jaktim), dari Bekasi.
Jadi sekarang DKI hanya memberikan porsi hanya 5% untuk siswa dari luar DKI.
Itupun syaratnya lebih berat.
Ada semacam "kelas" untuk tiap sekolah yang diincar.
Dari masing2 kelas itu, ditentukan oleh nilai UAN yang minimal 8 ato
8.5rata2 dan nanti ada ujian terpisah. jadi anak2 luar DKI harus tes
dulu di
rayon yang udah ditunjuk. Abis semingguan keluar nilai tes standar DKI baru
ketauan dia bisa masuknya di "kelas SMP" yang mana.
Itupun tiap sekolah "HANYA" boleh menerima 5%. jadi bener2 tegang dan
berebutan.
Nyesel juga katanya waktu kelas 5 /6 SD gak mindahin ke SD di wil Jaktim.

semoga membantu