aku Sharing ttg Ma Kavinku aja yaa n ada crita juga dr
mbak Luluk

 : Ikhlasnya disapih…

Baca sharing about sapih menyapih di milis-milis
kesehatn n perkembangan anak rasanya geli juga nehhh
campur deg2an… geli mbayangin tingkah polahnya yg
disapih..n deg2an takut klo ntar masuk masanya
penyapihan…

So, sejak Kavin mulai bisa diajak omong kira2 umur
setaunan aku selalu bilang,”Vin ntar klo umur 2 th
nenennya brenti yahh gantian adik bayi.”
Siap neh2 critanya.. emang sih 2 th ga patokan utk
brentiin ngasih ASI..but planningku n suami saat Kavin
2 th mo ngasih adik so siap2 utk brentiin
ASInya..takutnya ntar klo ada komplikasi saat aku
hamil n menyusuin (buat jaga2 gitulhooo..klopun ntar
ok2 aja hamil barengan menyusui ya puji Tuhan)

Masuk th 2006 tahun keduakehidupan Kavin aku pelan2
mulai ngajak ngomong Kavin lagi saat
nyusuin…”Ingat Kavin mo 2 th ..nenennya gantian
adik baby..”
Kavinnya biasanya cumin nyautin..”Nenennya untuk
adik bayi besok..”

Masuk bln Apri..bulannya Kavin ultah ke-2… tanda2
haidku yang bisanya dateng awal bulan ga dateng
juga… mulai was2 nehhh..klopun hamil puji Tuhan but
klo gak takut aja klo knapa2…
Kavin ultah..aku bilang,”Vin mau punya adik baby?”
Kavinnya jawab,” Mau…yg cantik ya…”
Aku bilanhg lagi,”Klo mo punya dedek baby ya brenti
dunk nenennya..”
Kavin tetep nenen aja..but di tengah2 nenen pasti
bilang,”Udah… ini nenen ACI (ASI) buat dedek baby
aja yah..”

Sampai tgl 20-an  bulan April. 2006 .aku ga haid
juga..plus klo nyusuin rasanya rada mules2 n mual2….
Penasaran nehhh critanya beli self- testpack
nehhh..puji Tuhan 2 strip alias postif…
Pantesan rasanya ga karua2n klo pagi…mual2plus
kembung2 gitu.. plus klo nyusuin juga sama aja tambah
parah nehhh perut mulesnya… mo nekat nyusuin but kok
rasanya ngenganggu banget…
Pelan2 ngomong lagi ke Kavin, “Vin perut mama ada
dedek babynya nehh… nenennya brenti yahhh..kasian
dedek babynya sakit klo Mas Kavin nenen terus..”
Kavinnya ngerti tuh n jawab,” Iya..nenennya buat
adik baby aja..”
Aku piker itu cumin omongan Kavin aja.. paling2 ntar
malemnya klo mo tidur heboh cari nenen lagi……
siap2 n cari strategi nehhh..klo pun gak berhasil  aku
mo kurangin dikit2 dah nenennya Kavin…
Ternyata oh ternyata… lain banget critanya..malam
saat Kavin mo tidur malah minta susu UHTnya…sambil
triak lagiiiii “Mbak Iyahhhhhh MaPapin mo susu utak
(UL***) pake dot yah!!!”
Walahhhh kaget nehhhh numben2an minta dot
malem2padahal biasanya ga pernah tuh minta dot klo ga
pas sakit or pas angot2 aja si Kavinnya…
So,aku bales jawab aja triakan Kavin,” Lho kok pake
dot sihhh ya nenen mama aja.. udah gede kok pake
dot…”
“Gak mau..gak mau nenen mama..nenennya buat adik
baby aja… MaPapin mo susu utak aja… pake
dot….”  Sahut Kavin
“Ya wis klo gitu..adek babynya disayang dulu dunk
Vin”  kata papanya
Tau ga all si Kavin lsg nubruk aku n ngelus2 (maaf)
payudaraku..hi..hi…hi.. sambi bilang,” Adik baby
tayangggg.”
Heran dehhhhh dibilangin dedeknya di perut tetep aja
yg dipegang nenennya.. padahal klo ditanya adiknya di
mana jawabnya Kavin di perut..hi..hi..hi..

Btw, stl acara minum susu utak slesai si Kavin mulai
berulah lagi alias ga ,mau tidur di
kamarku..katanya,”mama bobok ma adik baby
aja..MaPapin bobok di kamar Happy  Holy Kids (HHK)
alias kamar kerja papanya Kavin yg biasa buat nonton
CD  si Kavin….
Hikkkks… malah giliran aku nehhh yg ga bisa tidur
kangen ma Kavin…hikks klo dipaksain tidur ma Kavin
di kamar kerja malah diusir ma Kavinnya katanya ntar
adik babynya kena tending..he..he…he.. Kavin nyadar
nehhh klo tidur suka ke mana2 alias tetep aja
pethakilan klo tidur… so takut klo dedenya
ketendang..(mungkin itu yahhh maksdnya..)

Now alias smp sekarang kehamilanku 8 mggu Kavin 25 bln
 bener2 brenti nenen brenti ASI… klo digodain mo
nenen or gak awalnya bilang mau..trus saat dibukain
ehhh lsg nolah n bilang buat adik bebi aja..hi..hi…

Hikkks terharu biru nehhhh skaligus geli..ternyata
anakku ikhlas bgt disapihnya..n dg penuh kesadaran dia
rela ga nenen ..ASInya disiapkan buat adik bebinya….
Gak seru aja  tanpa perlawanan gitu..padahal aku n
suami udah mbayngin gimana hebohnya ntar klo Kavin
disapih..secara Kavin kan ngeyelan..he..he..he…
tertanyata ngeyelannya runtuh juga dg kehadiaran calon
dedek babynya…

But ya itu krn ga nenen ASI lsg..si Kavin mulai kumat
minta dot lagi trutama klo menjelang tidur… malem2
awal minggu pertama penyapihan malah smp 4 kali bangun
malem minat dot… sekarang sih udah mending paling2
sekali dua kali aja bangun malemnya utk ngedot…
Yg bikin repot ya itu..krn ga mau tidur ama aku n
papanya..bolak balik dehh klo malem nengokin Kavin yg
tidur sendirian…. Puji Tuhan papanya  rela2 aja
malem2 bangun ngasih susu ke Kavin…  susu anget booo
mintanya he..he..he..

Ok,all segini aja yahhh sharingnya ternyata tuh anak
BATITA bisa ikhlas juga yahhhh… smoga aja bisa terus
ikhlas yahhh smp dedek bebinya lahir ntar….

Rgds,
Uci mamaKavin+Ija
http://oetjipop.multiply.com
-yg masih sering kangen bobok bareng Kavin lagiiiii
hikkks-

MENYAPIH DENGAN CINTA
(WEANING WITH LOVE)

Ditulis bebas & dirangkum dari berbagai sumber
(Lalecheleague, WHO, breastfeeding.com) oleh Luluk
Lely Soraya Ichwan

Sering jadi pertanyaan banyak orang tua "Kapan sih
usia yang tepat untuk menyapih anak dari masa menyusu
pada ibunya ?"
Kemudian bagaimana cara menyapih yg terbaik ?
Sebetulnya apa sih yang dimaksud dg kata
“menyapih” itu sendiri ?
Menyapih adalah suatu proses berhentinya masa menyusui
secara berangsur-angsur atau sekaligus. Proses tsb
dapat disebabkan oleh berhentinya sang anak dari
menyusu pada ibunya. Atau bisa juga  berhentinya sang
ibu untuk menyusui anaknya.
Atau bisa juga keduanya. Jadi bisa dg berbagai alasan.
Masa menyapih ini merupakan pengalaman emosional bagi
sang ibu, anak  juga sang ayah. Karena 3 pihak tadi
(Ibu-Ayah-Anak) merupakan ikatan  kesatuan yg gak
boleh dilupakan. Kenapa ayah juga terlibat ? Karena
ayah juga berperan dan memberikan pengaruh tersendiri
dalam proses menyusui.

Banyak yg bertanya juga kapan sebaiknya anak disapih
dari ibunya, atau kapan waktu yang tepat untuk
menyapih. Sebetulnya tidak ada ketentuan khusus atau
batasan khusus kapan anak harus disapih.
Jadi tidak ada aturan bahwa pada umur sekian anak
harus disapih dari  ibunya.
Menurut WHO, masa pemberian ASI diberikan secara
eksklusif 6 bulan pertama, kemudian dianjurkan tetap
diberikan setelah 6 bulan  berdampingan dg makanan
tambahan hingga umur 2 th atau LEBIH.
Jadi tidak ada batasan di umur berapa. Ini artinya
tidak ada aturan bahwa
pas pada umur 2 th anak harus disapih dari ibunya.
Banyak orang tua menyapih anaknya pada umur 1 th-2th,
ada juga yg umur 3 tahun anaknya baru disapih bahkan
ada juga yg umur 4 th.

Sampai kapan proses / masa menyusui dapat dilanjutkan
?
Jawabannya : Selama ketiga pihak (ibu-anak-ayah) masih
menginginkan.
Itu artinya jika sang ibu / sang anak / sang ayah
sudah tidak menginginkan, maka proses menyapih dapat
dilakukan.
Misalnya, sang ibu punya deadine (batas waktu)
tersendiri bahwa pada  umur sekian si anak harus
disapih tetapi sang ibu masih enjoy & sang anak  juga
masih menginginkan, maka tidak perlu disapih. Intinya,
pilih timing yg paling nyaman untuk semua pihak.

ASI > 1 th jelek dan tidak bergizi ?!
Sering ada anggapan bahwa ASI itu sudah jelek kalo
anak sudah berusia 1  Th ke atas ? Nah apalagi jika
anak berusia 2 th, betulkah ini?
Opini bahwa ASI itu jelek > 1 th ternyata sama sekali
tidak benar. ASI tetap kaya akan nutrisi. Menurut
penelitian Dewey KG dalam artikel "Nutrition, Growth,
and Complementary Feeding of the Breastfed Infant".
Pediatric Clinics of North American. February
2001;48(1)), bahwa ASI > 1 th kaya akan nutrisi :
“In the second year (12-23 months), ASI mengandung :
43% of protein requirements; 36% of calcium
requirements; 75% of vitamin A requirements; 60% of
vitamin C requirements”.
Ini belum termasuk zat anti infeksi/anti kuman yg
tetap dan selalu ada dalam ASI yg manfaatnya sangat
luarbiasa untuk melindungi bayi dari berbagai
penyakit.
Jadi tidak pernah ada istilah ASI jelek.
Kandungan gizi ASI itu sangat fleksibel sesuai
kebutuhan sang anak.Komposisinya tidak pernah sama dan
selalu berubah bahkan tiap menit.
Ini berbeda sama sekali dg kandungan susu formula yg
itu-itu saja.

Sampai saat ini banyak anggapan bahwa jika anak
disusui terus nantinya anak susah disapihnya. Atau
banyak juga yg menganggap anak akan jadi  tidak
mandiri. Benarkah hal ini ? Hingga saat ini tidak ada
/ belum ada penelitian
khusus yg membuktikan bahwa ada hubungan antara usia
anak disapih dg
kemandirian anak. Kenyataan yang ada sering sekali
orang merancukan /
mencampuradukkan kedekatan orang tua dg si anak,dengan
manja atau kurang mandiri. Apakah kedekatan dengan
orang tua sama dengan manja? Belum tentu kan ?
Bukankah secara psikologis pada usia tsb anak justru
memang membutuhkan
Kedekatan yg bagus dg orangtuanya. Sementara itu
banyak sekali anak yang disapih di usia >1 atau 2 th
tetap menjadi anak yang mandiri. Jadi kembalikan lagi
ke definisi mandiri itu bagaimana.

Cara menyapih yg baik & tepat.

Tidak ada cara khusus dalam menyapih.
Beberapa ahli laktasi memberikan tips-tips agar proses
menyapih
Berjalan dg baik :

1. Lakukan proses menyapih secara perlahan. Mis.
Mengurangi secara
bertahap frekuensi menyusu. Biasanya 4 x sehari maka
secara perlahan diubah 3 x sehari terus hingga
akhirnya berhenti.

2. Alihkan perhatian anak / sibukkan anak dg hal lain.
Bisa dg  membacakan
buku ke anak, bermain, bernyanyi, dsb. Hingga anak
melupakan saat  menyusu.

3. Kunci utama : Bina komunikasi yang baik dg anak.
Ingat, seberapa kecil
usia anak, anak tetap mengerti dan memiliki kemampuan
utk mengerti  kata2 dari orang di lingkungannya.

4. Hindari menyapih saat anak sedang tidak sehat atau
sedang sedih, kesal, marah.

5. Hindari menyapih anak dari menyusu ke benda lain
spt empeng, botol susu, bantal, dsb. Biasanya disini
peran ayah sangat dibutuhkan sbg  figure yang
melengkapi sang ibu. Sekali lagi bina komunikasi yg
baik dg anak.

6. Hindari menyapih secara mendadak/langsung.
Apalagi tanpa komunikasi apapun dg si anak. Ini dapat
menyakitkan hati sang anak.
Jangan sampai anak merasa bahwa dg manyapih sang ibu
membencinya, dsb.
Pemberian jamu pahit, memaksa anak utk tidak menyusu
pada ibunya,  dsbnya
dapat merusak bonding atau ikatan batin yg terbentuk
sejauh ini dalam proses menyusui. Amat sangat
disayangkan jika hal ini terjadi. Karena ikatan indah
tsb ternodai akibat proses menyapih secara mendadak
tadi.

Jika proses penyapihan dilakukan dg baik, maka anak2
kita akan tumbuh menjadi anak yg cerdas, sehat dan
berakhlak baik. Karena sang ibu mendidiknya melalui
masa menyusui dan masa menyapih dg cinta.

(Luk)
---------------------------------

--- "Suryana, Yana (yasu) [Contractor]"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Dear Sp,
>
> Kurang lebih sebulan lagi, anak kami (Fikri) akan
> genap 2 tahun (27
> Aug).
> Yang anehnya, dah dibilang ke Fikri kalo sebulan
> lagi dia akan disapih,
> dan dia malah makin giat untuk minum susu ASI,
> sampai-sampai ibunya
> kewalahan.
> Kebetulan minum UHT juga tidak masalah, yang sedikit
> masalah kalo minum
> susu formula.
>
> Yang jadi pertanyaan :
> SP di sini ada yang bisa sharing cara menyapih anak
> [...]

Regards,
Uci mamaKavin+Ija
http://oetjipop.multiply.com

Bergabunglah dengan orang-orang yang berwawasan, di di bidang Anda! Kunjungi
Yahoo! Answers saat ini juga di http://id.answers.yahoo.com/