***********-***********

mbak,
aku gak ngerti kenapa jus dianggap sebagai barang instan
ini kita bicara soal jus yg kita blender/ekstrak sendiri di rumah ya... bukan
yg kita beli packing-an di supermarket krn kalo yg begitu lebih gak ngerti lagi
proses pembuatannya (apa dari buah asli ato cuma esense dicampur gula dan air)

setau aku, kalo buah itu kita blender pakai blender biasa, semua bagian dari
buah itu kita minum tanpa ada sisa
artinya, seratnya juga masuk ke pencernaan
selain itu, kalo diproses dengan juice extractor, menurut info yg aku dapet
dari seorang ahli gizi, seratnya juga tetep larut di sari buah yg kita dapet
dari hasil ekstrak tersebut
jadi rasanya gak beralasan kalo dibilang kita kurang serat akibat mengkonsumsi
juice, bukan buah kunyah

lalu kalo soal gigi yg tidak terbiasa mengunyah, rasanya juga gak masuk akal
karena sepanjang hari kita bukan cuma mengkonsumsi jus
kita kan tetep makan makanan padat (roti, nasi, daging, sayur dan lauk pauk)
karena gak mungkin juga semua itu diblender trus diminum, toh?

aku sih ngeliatnya jus itu sebagai variasi dari cara kita mengkonsumsi serat
barangkali bosen dengan buah potong atau sayur rebus
bisa diseling dengan jus
ato kalo siang2 panas, daripada minum sirop pencetus diabetes, mendingan minum
jus yg jelas2 lebih sehat
tapi tetep, balik ke konteks, jus-nya adalah jus dari buah asli tanpa campuran
gula yg kita proses sendiri di rumah

sebagai tambahan, kalo punya ekstraktor di rumah, cobain deh resep berikut:

1 ikat bayam, buang hanya akarnya
2 batang wortel import (kalo di supermarket, yg bentuknya gede dan oranye
banget itu loh), cuci tanpa kupas
2 buah apel, buang hanya bijinya
separo nanas, kupas dong pastinya
masukkan ke juice ekstraktor secara berturut2 bayam, wortel, apel, nanas

hasilnya jadi 2 gelas sari buah yg enak banget!
sehat tanpa campuran gula :-)