Sama dd Ijaku nih umur 36 mgg lairannya..

baby premature emg cenderung lambat perkembangannya
klo dibanding abby normal... dd Ija puji Tuhan 4 bln
dah tengkurep (baru bs)..tp si MAs Kavin 4 bln dah
bolak balik n latian duduk.. tiap anak mah beda2 n
unik..

klo selama perkembangan lainnya ok2 saja sih gpp...
trus lagi nih perkembangan baby premature kudu terus
dipantau smp umur 6 than lengkapnya aku kasiha rtikel
yaa

                APA YANG INGIN DIKETAHUI SEPUTAR BAYI
PREMATUR ANDA ??
        SESI PERTAMA

       Apakah bayi prematur ?
       Adalah  bayi dengan usia kehamilan kurang dari
37 minggu. Perkiraan usia
kehamilan ini  biasanya akan dicek ulang sesaat
setelah bayi lahir oleh dokter
anak.
           Bagaimana kelahiran premature tersebut
dapat terjadi ?
       Hal  itu dapat disebabkan antara lain dari
factor ibu atau dari bayi.
Kondisi  ibu  yang bagaimana merupakan risiko  untuk
mengalami kelahiran
premature adalah seperti :
       -           Faktor ras  (wanita afrika –
amerika  mempunyai risiko yang
lebih tinggi)
       -           Usia ibu kurang dari 18 dan lebih
dari 40 tahun
       -           Ibu menderita  hipertensi atau dan
disertai kelainan jantung
       -           Ibu mengalami  perdarahan apapun
sebabnya, sehingga
diperkirakan jika tidak segera dilakukan  pengakhiran
kehamilan akan
membahayakan jiwa ibu maupun janin
       -           Ibu mengalami preeklampsi atau
eklampsi (keracunan kehamilan)
       -           Inkompetensi serviks
       -           Trauma, aktivitas fisik yang
berlebihan
       -           Ibu perokok
       -           Ibu dengan diabetes
             Sedangkan faktor dari bayi yang dapat
memicu  kelahiran prematur
adalah sebagai berikut :
       -           Bayi dengan kelainan bawaan
       -           Bayi kembar
       -           Gawat janin
       -           Infeksi
       -           Bayi dengan pertumbuhan  di perut
ibu yang sangat lambat
           Pada dasarnya kelahiran prematur pasti
adalah  keadaan yang tidak
dikehendaki oleh orang tua juga dokter. Karena hal
tersebut  mempunyai
konsekuensi yang tidak menyenangkan untuk si bayi.
Sehingga saat ini  apa yang
telah diupayakan dokter kebidanan adalah mengupayakan
untuk mencegah  kelahiran
prematur ini, antara lain seperti : tirah baring, obat
obatan khusus  untuk
menngurangi kontraksi rahim. Bila kelahiran prematur
tampaknya merupakan  hal
yang tidak dapat dicegah, dokter kebidanan akan
memberikan suntikan steroid
untuk pematangan paru janin.
           Apa yang terjadi bila kelahiran  prematur
tidak dapat dicegah ?
       ------ so... “welcome to the world !!”
       ini adalah suatu   keadaan yang tidak dapat
dipilih dan orang tua harus
dapat menerima  kelahiran ini dengan ikhlas.

       Namun  kelahiran prematur mempunyai batas
viabilitas. Batas minimal usia
kehamilan  bayi  yang masih dapat diupayakan untuk
dipertahankan hidupnya
adalah 24 – 25 minggu, dengan tingkat kematian
sekitar  20% untuk 24 minggu dan
65% untuk usia 25 minggu, dan berat badan minimal 500
gram. Sedangkan di
Indonesia tampaknya batasan ini masih terlalu dini.
Batas  usia kehamilan bayi
yang dapat dipertahankan hidup dengan tingkat kualitas
 perkembangan yang cukup
baik adalah usia 27 minggu dan dengan berat badan
minimal 700 gram.
       Namun  apakah bayi premature tersebut akan
bertahan dengan tingkat
perkembangan yang  cukup baik seperti bayi matur
lainnya adalah sangat sulit
untuk diprediksi pada  awal minggu atau bulan pertama.

       Pada  bayi premature dengan usia kehamilan
lebih dari 32 minggu mempunyai
ketahanan  hidup dan prospek kualitas perkembangan
lebih baik dibandingkan bayi
dengan  usia kehamilan kurang dari 32 minggu.

           Upaya apa yang dilakukan oleh dokter  anak
?
       Segera  setelah lahir biasanya bayi langsung
dikeringkan dari cairan
ketuban dan dijaga  tetap hangat dibawah lampu
penghangat. Selanjutnya punggung
bayi digosok untuk  memberikan stimulasi pernafasan.
Bila bayi tidak segera
bernafas atau menangis  akan diberikan udara melalui
pompa ambu (ambu bag) agar
jalan nafas dan paru  paru menjadi terbuka. Bila perlu
dipasang pipa bantuan
nafas dan dihubungkan ke  pompa udara. Setelah upaya
untuk membuka paru berhasil
dan paru menunjukkan  respon bernafas, bantuan ini
dihentikan secara bertahap
sampai mungkin akan  dilepas sama sekali. Perbedaan
dengan orang dewasa bahwa
bayi relative tidak  memerlukan obat pemacu jantung
atau pijat jantung bila
jantung bayi didapatkan  tidak berdenyut dengan baik.
Secara umum, keadaan ini
akan membaik dengan  sendirinya bula bayi tersebut
mempuyai atau mendapatkan
pernafasan yang  memadai.

       Biasanya  bayi premature mempunyai nilai APGAR
yang lebih rendah
dibandingkan pada bayi  matur. Sehingga anda jangan
cemas dahulu bila bayi
premature anda mempunyai  nilai APGAR yang rendah

            Apakah bayi premature memerlukan
perawatan di NICU  (Neonatal
Intensive  Care Unit) ??
       Jawaban  saya adalah ya dan tidak.
       Pada  bayi permatur yang kecil, terutama
dibawah 34 minggu sebaiknya
dirawat di NICU,  namun di atas 34 minggu dapat
dirawat di ruang perawatan bayi
biasa. Meskipun  pada usia tersebut bayi tetap
memerlukan perawatan incubator.

       Problem apakah yang mendapat perhatian  utama
pada bayi premature dalam
minggu minggu pertama kehidupannya ?

    Hipotermi (suhu tubuh rendah)
       Pada awal kelahiran, akibat perbedaan suhu
antara di  dalam rahim dengan
di luar rahim, keterbatasan mekanisme adaptasi suhu ,
rendahnya cadangan lemak
dan kulitnya yang tipis sehingga penguapan cairan
tubuh meningkat menyebabkan
bayi premature mudah mengalami suhu rendah.

    Rendahnya kadar gula darah
       Demikian juga kadar gula didalam darah cepat
sekali  menurun dan lama
untuk meningkat karena keterbatasan kompensasi tubuh

    Sindroma Distres Pernafasan
       Sindroma ini disebabkan adanya tidak atau belum
 matangnya paru sehingga
gelembung paru paru (alveoli) mudah sekali menguncup
atau kolaps. Rendahnya
kadar surfaktan yang memelihara fungsi ini merupakan
penyebab utama. Pada
keadaan paru paru yang kolaps akan membuat bayi
memerlukan  mesin bantuan nafas
untuk membuka dan pemberian surfaktan dapat membantu.
Namun seiring dengan
peningkatan teknologi dewasa ini, keadaan tersebut
dapat diminimalkan dengan
pemberian udara (tanpa oksigen) untuk membuka paru.
Yang ternyata dapat
menurunkan kebutuhan bayi terhadap mesin bantu nafas
dan pemberian surfaktan.

    Lupa bernafas (apnu)
       Banyak hal yang berperan dalam kejadian lupa
bernafas  ini. Dengan semakin
bertambah usia bayi risiko untuk lupa bernafas akan
semakin  kecil.

    Patent ductus arteriosus (PDA)
       PDA adalah pembuluh darah yang menghubungkan
antara  pembuluh darah besar
dan pembuluh darah dari paru paru. Normal pembuluh
darah  ini masih didapatkan
pada kehidupan janin, namun akan menutup spontan
beberapa  saat setelah lahir.
Pada bayi premature penutupan pembuluh tersebut
terjadi  lebih lama. Bila
keadaan PDA tersebut mengganggu sirkulasi darah
sehingga  aliran darah menuju
paru maningkat maka keadaan tersebut akan mengganggu
proses  pernafasan bayi dan
perlu dilakukan pengobatan atau operasi.

    Perdarahan kepala
       Bayi premature mempunyai keterbatasan
pengaturan  aliran darah otak yang
sangat terbatas. Sehingga keterbatasan ini akan
mencetuskan kejadian perdarahan
kepala lebih mudah dibandingkan bayi matur.

    Infeksi
       Bayi premature mudah mengalami infeksi karena
beberapa hal, antara lain :
kulit yang tipis, daya tahan tubuhnya yang rendah,
sering mendapat infuse dan
makanan melalui infuse dalam jangka waktu yang lama.

    Enterokolitis nekrotikans (NEC)
       Adalah suatu keadaan dimana terdapat kerusakan
sel  sel usus sehingga
menyebabkan gangguan dalam proses pencernaan atau
penyerapan  makanan.  Bila
mengalami keadan ini,  biasanya bayi akan dipuasakan
untuk sementara atau bila
kerusakan usus cukup  berat akan dilakukan operasi
untuk dilakukan pemotongan
bagian usus yang sudah  tidak berfungsi lagi.

    Ikterus/ bayi kuning /       neonatal
hiperbilirubinemia
       Kejadian kuning sangat sering  dan biasanya
kadah bilirubin di dalam darah
cepat meningkat, hal ini disebabkan  pada bayi
prematur kerusakann sel sel darah
merah lebih banyak dan cepat  dibandingkan bayi matur
dan diperberat dengtan
keterbatasan fungsi hati.

       Sehingga  sangat jelas dengan banyak problem
yang mungkin terjadi pada
minggu minggu  pertama tersebut , bayi premature
sangat memerlukan perawatan di
NICU.

       Bila bayi premature selamat dari  perawatan
NICU, apakah problem sudahn
selesai ??
       Jawaban  saya : belum

       Problem  apa yang mesti diwaspadai pada periode
selanjutnya ??

    kejadian lupa nafas
    SIDS (Sudden Infant       Death Syndrome)
    Muntah (disertai       refluks)
    Tergantung mesin       Bantu nafas
    Tergantung oksigen
    Risiko kebutaan
    Gangguan pendengaran
    Anemia atau kurang       darah
    Pertumbuhan tubuh  (berat       badan, tinggi
badan dan lingkar kepala)
    Adakah gangguan perkembangan ??
            Adanya beberapa hal yang perlu dipantau
membuat  evaluasi bayi
prematur bila akhirnya dapat dibawa pulang ke rumah
adalah bukan  sesuatu hal
yang sederhana dan singkat, namun memerlukan
pemantauan yang  berkala dan terus
menerus hingga usia setidaknya mencapai usia sekolah
(6-7  tahun).

       Oleh : Dr. Setyadewi lusyati, Sp.A
                   KK . Neonatologi dan ‘Long Term
Follow Up Clinic’ RSAB Harapan
Kita   Jakarta - Indonesia -- seminar OL WRM Indonesia

--- Ning <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> jeng2 & akang2 semua, minta sharingnya dong...
>
> Faqih (4 bulan kurang 1 minggu) kok masih belum bisa
> tengkurap ya ?
> boro2 tengkurap, wong miring 2 juga belum bisa tuh
> (tapi bocahnya
> lincah gak bisa anteng) --> jadi bikin H2C (Harap2
> Cemas) :)
>
> pernah baca di arsip BA tentang baby yang lahir
> kurang dari 9 bln
> ada kemungkinan untuk mengalami gangguan kesehatan &
> pertumbuhan
> (Faqih lahir usia 35 minggu masuk 36 minggu)
>
> mohon sharingnya dong....

> [...]

Regards,
Uci mamaKavin+Ija
http://oetjipop.multiply.com

Bergabunglah dengan orang-orang yang berwawasan, di di bidang Anda! Kunjungi
Yahoo! Answers saat ini juga di http://id.answers.yahoo.com/