mbak Ade,

alhamdulillah selama ini saya gak pernah mendapati penolakan dr anak2 (Alif
4yr 11mos) and Aksa (23 mos) ttg sikat gigi.
menyikat gigi sudah dibiasakan sejak mereka menpunyai gigi even masih 2
buah.
Anak2 akan selalu melihat Role model di sekelilingnya usahakan dia melihat
org2 di sekitarnya juga melakukan hal yg sama sehingga mereka tidak merasa
hanya didikte.
jurus jitunya apa ya ?

1. Ajak sikat gigi sama-sama, jadi pada saat yg sama Mama ato Ayahnya juga
sikat gigi.
2. Sikat gigi sediakan 2, 1 dipegang anak, 1 dipegang Mama
3. Alihkan perhatian dg cara bermain, biasanya kalo 2A pas mereka habis
mandi terus senengnya berendam di ember sambil mainan nah kita dr belakang
menyikat giginya sambil ajak ngobrol
4. beri pujian saat mereka selesai sikat gigi
5. kalo cara halus gak mempan ya pablebuat jurus manjurnya "kalo gak sikat
gigi, nanti giginya digali/diambil monster" xixixixixi

maaf kalo gak membantu

On 7/31/07, ade tri <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Dear moms,
>
> Anakku (Bunga Azalea, 22 bulan) susah sekali sikat gigi.
> Kira2 baru sebulanan ini kejadiannya.
> Padahal dari bayi gak pernah ada masalah sikat gigi. Pasrah aja...
> Tapi 'ko ya sekarang setelah agak besar malah kesulitan menyikat giginya.
> Padahal sudah dirayu, ganti odol dengan berbagai rasa, ganti sikat gigi
> yang lucu2 gambarnya dan yang lembut bulu sikatnya tapi dia tetap saja tidak
> mau sikat gigi.
> Kadang sesekali dia mau juga sikat gigi sendiri (itupun rayuannya dengan
> berbagai cara)
> [...]

Kirim email ke