Hi mbak Aryani,

Seperti yang sudah di-shared parents lainnya, umumnya anak dibilang diare
kalau memang at least 6x BAB dalam 1 hari, bentuk fesesnya sampai nggak ada
ampas, cair dan banyak volumenya (or sedikit2 tapi sering banget).  Dan
biasanya karena sudah 6 kali lebih BAB terus sepanjang hari, pasti pengaruh
dengan si kecil (mis. lemes, rewel makan/minum, sudah nggak 'mood' main,
dll. sampai ke tanda2 dehidrasi).

Biasanya kalau hanya 'mencret', apalagi sudah berlangsung 3 mingguan tapi
anak tetap aktif dan ceria, nggak rewel dengan makanan, mungkin lebih ke
sistem pencernaannya yang sedang 'bereaksi' dengan asupan makanan/minuman
sehari2nya.  Mis.: ada makanan yang mungkin nggak terlalu cocok dengan
pencernaannya, baru ganti merk susu, kebersihan peralatan makan/minum yang
dipakai, meal time di luar rumah, kebersihan tangan/kuku anak, dll.
Yang repot, kalau ternyata memang mencret (bahkan diare) disebabkan virus
(karena sebagian besar diare anak memang virus ini yang jadi 'biang' nya),
terus 'dibom' pakai antibiotik, yang berlaku: diarenya nggak sembuh, atau
malah berkepanjangan karena efek antibiotiknya.

Mungkin bisa dicermati lagi jenis makanan/minuman dan penyajiannya.  Bisa
juga sedikit 'experiment', ganti jenis makanan/minuman sehari2nya, sajikan
yang kaya karbohidrat (tapi tetap balance dengan cairan/buah/sayur supaya
nggak jadi 'switch' dengan konstipasi).  Lihat lagi, ada pengaruhnya nggak
dengan BAB si kecil?

Kayaknya nggak perlu juga ada issue 'susu harus diencerkan'.  Justru dia
dibutuhkan untuk tambahan energi, yang dibutuhkan tubuh waktu lagi sakit.
Selama nutrisinya berbentuk cairan, bisa dikonsumsi sesuai usianya, anaknya
juga mau -- yang beginian bagus untuk antisipasi awal penanganan dehidrasi
(tapi seperti yang mbak sudah shared, kayaknya anak mbak belum termasuk
kategori ini, sama aja seperti 'anak sehat' lainnya :)).  Mungkin yang
sering kejadian, diare disertai muntah, nah konsumsi susu kadang bikin
'eneg' perut si kecil dan jadi pemicu muntah.  Makanya kadang diganti
sementara dulu dengan asupan cairan yang lain.

cheers,
Sylvia - Jovan & Rena's mum with 19-week-'bump'

On 8/6/07, aryani gani <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> anakku 1thn 8bulan sudah hampir 3minggu ini BABnya mencret..kadang sehari
> bisa samapi 3kali..anaknya sehat aja, ngak rewel..yah keseluruhannya sih
> dia
> baik2 aja cuma yah itu mencret2 mulu..sudah dua kali ke dokter n dikasih
> obat diare plus antibiotik tapi masih aja begitu..menurut dokter kalo
> mencret2 itu yah diare tapi saya masih belum yakin..kalo diare khan
> pastinya
> udah lemas karena kekurangan cairan, sedangakan anakku seperti anak sehat
> lainnya..sampai saat ini saya belum kembali lagi ke dokter takut dikasih
> [...]
<deleted>

Kirim email ke