hmm mungkin ortunya pada kuatir menghadapi masa depan
yg smakin ketat dg persaingan kalee.....

klo aku pribadi nih buat BALITa yg penting sih
ngajarin sosialisasi spy dia nantinya lebih punya hati
n lebih peka pada org lain...

masalah calistung alias baca tulis n hitung.. ya
sambil jalan aja.. tohh klo anaknya berminat juga
tanya2..

anakku 3 th lagi demen 'mbaca' angka.. yg dibaca ya
tuts hp, remote, or kibor kompi... sambil main2 gitu
deh... udah hafal angka juga..klo di koran or di
majalah ada angka dia main2 sendiri sambil mbaca gitu
dehhh

klo di sekolahnya alias PGnya ya acaranya belajar
sambil  main2 gitu dehhh.. misal blajar ngitung ya
ngitung pot bunga di sekolah sambil ngenal ini bunga
apa  warnanya apa...
blajar mbaca... pake flashcard juga buatan gurunya..
tapi ya sambil main2...

so, smakin maraknya usaha mjdkan anak 'pintar' sih aku
stuju2 aja.. asallll jgn cuma IQ dong.. EQ juga..
trus nih jgn sampe ortu kejebak ama 'ego'nya
sendiri...heheheh bs stress deh.... jujur aku pengah
ngalamin juga tuh...
jadulll bgt pas masih rame2nya flashcard (member BA
lama pasti tau deh..) sempet jd korban juga..padahala
anakku msh bayi banget... mbikin deh tu flashcard...
puji Tuhan smp umur 6 bln anakku mau  nbs ngikutin....
tapiiii stll itu dah ga mau lagi... ni anak lebih
demen mrangkak ngejar2 bola..hikkkk smp umur 15 blnan
pernah dibilang ama salah seorg keravat anakku
hiperaktif n ga bs konsentrasi...walahhhh sutris nehhh
emaknya..
Puji Tuhan bs ketemu org2 yg bs kasih pencerahan lewat
seminar OL salah satu milis.. seminar OL ttg anak
berbakat n pendidikan anak.... jd ayemmmm dehhhh n ga
egois lagi nih diriku...

So, skrg aku selalu berpatokan pd nurture n nature..
alias pada pengasuhan or pembelajaran yg disesuikan
minat n bakat anak..
pokoke enjoy aja lahhhhh.. n dibikin se-fun mungkin...
biar anaknya enjoy juga..

PS: sori lhooo bukannya ga stuju dg metode2 yg sd mjd
'trend' utk ditawarkan tapi lagi berusaha utk menjadi
advokat yg tangguh demi masa depan anak nih...

--- Lif Rahayu <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Maaf, cuma masih bingung, kenapa ya anak2 sekarang
> dilomba-lombakan oleh
> orangtuanya untuk cepat bisa baca tulis di usia
> sedini mungkin. Padahal,
> tidak memebrikan dampak yang siginifikan. Ekstrimnya
> aja deh, Einstein itu
> telat lho bisa baca tulisnya. Idealnya sih anak di
> bawah 5 tahun itu ya
> belajar etika, tata krama, ahklak, berdoa etc. Nanti
> baca tulis mah gampang,
> usia 6 tahun pas kelas 1 sd.
>
> Nah ini usia 3-4 tahun belajar baca tulis, tapi
> buang sampah sembarangan,
> [...]

Regards,
Uci mamaKavin+Ija
http://oetjipop.multiply.com

Bergabunglah dengan orang-orang yang berwawasan, di di bidang Anda! Kunjungi
Yahoo! Answers saat ini juga di http://id.answers.yahoo.com/