Saya termasuk yg mengajarkan membaca anak sejak dini
Dulu waktu anak saya masih kecil saya senang sekali bermain, ngobrol sama anak,
bahkan sejak anak masih bayi, maklum anak pertama.
Ternyata anak memang senang sekali diajak bermain, ngobrol dan dibacakan buku.
Pada sewaktu-waktu kayaknya kelamaan bermain anak bosen juga, sejak itu saya
ajak "bermain" baca.

Orang bilang mengajarkan membaca, tapi menurut dia bermain karena saya
"mengajar"nya benar-benar dengan bermain bernyanyi bercanda tertawa dia senang
dan itu juga cuma sebentar-sebentar. Jauh sekali dari bayangan orang yg bilang
anak jadi stress.

Jangan selalu menghubungkan dengan belajar membaca dengan sekolah, atau sesuatu
yg menjadi beban.
Menurut saya membaca adalah salah gerbang untuk belajar, dan belajar adalah
kebutuhan dan kesenangan.

Kalau anak sudah hobby baca, justru banyak pesan-pesan moral yang dia dapat
dari buku cerita yang dia baca. Apalagi bila anak membaca buku-buku cerita yang
berisi moral pada usia-usia perkembangan (s/d 8th), apa ini tidak ada
manfaatnya ?

Hanifa