dear all...

berhubung lagi heboh ama masalah PRT dirumah,

aku mo sharing sedikit..
which is..buat yg tidak biasa...katanya aku ini aneh..nyari pembantu kok
pake interview??
tapi ini terbukti efektif lhoo...

kalau di tempat org lain pembantu sering keluar masuk...misalnya tahan
2/3bulan trus keluar...trus cari org baru lagi..

di tempatku..dng cara interview...pembantu paling gak tahan ampe 1 thn..
kalau ada yg setelah 1 thn tidak kembali..itu..disebabkan si PRT bikin
ogut bete....gak bisa diajak ngomong...ndak bisa dikasih tau..
jadi ya...hehe..monggo pulkam pas lebaran...and gak usah balik lagi
setelah itu...

soo...
kalau aku sih..biasanya pada saat merekrut :
1. tanyakan soal keluarganya di kampung.
ortunya masih ada or tidak
dia berapa bersaudara
apakah ada adiknya yg masih sekolah
ortunya kerja apa

kenapa aku tanya ini? karena ini menentukan seberapa niatnya dia bekerja.
Kalau ortunya masih ada dan kerja, paling gak, dia bisa memakai uang untuk
keperluannya sendiri juga...(sebagian sih tetep dikirim ke kampung) hal
positif dari PRT yg bisa make duit untuk sendiri adalah: dia lebih niat
cari duit. Krn dia ada maunya..misalnya..punya cita2 beli HP or yg lain.
Tapii..kalau di rumah ortunya emang gak gawe samsek, yg artinya..semua
uang yg dia hasilkan harus dikirim ke rumah...hasilnya adalah...dia
ogah2an kerjanya..krn dia tidak pernah merasakan hasil kerjanya...ibarat
kata...bagi dia pribadi..dia bekerja tapi gak ada hasilnya...

2. tanyakan, berapa lama dia bekerja di tempat sebelumnya? dan apa
kerjanya di tempat yang lama

kenapa? karena kalau di tempat sebelumnya dia cuma kerja 2/3
bulan...artinya..dia akan melakukan hal yg sama di tempat kita.
apa pun alasan dia...ini akah kejadian...paling gak...90% akan berulang
ditempat kita.

kerjaan tempat lama...ini mempengaruhi seberapa sigap dia bisa kerja di
tempat kita.
Semisalnya, ditempat lama kerjanya cuma nyuci dan bersih2, jangan diharap
di rumah kita bisa masak. Begitupun sebaliknya.
trus..kalau di tempat lama dia kerjanya cuma bersih2..janganlah di tempat
ktia disuruh jaga anak. Dia gak bakalan telaten...
soalnya apa? kalau di bersih2 kan...ada waktu istirahat? kalao ngurus anak
balita...bisa seharian dia sibuk...
tar salah2..anak kita dikasih obat biar bobo lagi? ihh..amit2,yaa..

3. tanyakan, sudah punya pacar? dan tegaskan juga soal aturan terima
telpon dan terima tamu di tempat kita.
Kenapa? kalau dia sudah punay pacar, dijamin..dia bakalan lebih sibuk
nerima telpon dari pacarnya or pacarnya dateng ke rumah pas kita gak ada,
ketimbang ngurus rumah or ngurus anak.

4. tegaskan juga dari awal soal aturan pulkam saat mau lebaran.
di tempatku, kapan mo pulkam dan kapan harus kembali, aku yg atur. and
berhubugn ini sudah ditegaskan dari awal, mereka setuju dan menuruti
aturan gue, kok..

lahhh...kita yg bayar...kok kita yg dikerjain???? busyet, kan?

5. tepati janji. Kalau kita sudah janji mau naikan gaji setelah x bulan,
baiknya kita tepati itu.
terutama kalau kerjanya bagus. Dengan demikian, PRT juga bisa betah dan
respek ama kita.
(kita aja kalau kerja kantoran gak naik gaji sesuai janji bos, padahal
kita udah kerja mati2an..pastinya bete juga, kan? perlu diinget..meskipun
mereka prt..mereka juga manusia, punya mata, telinga dan perasaan.
hehe..yg terakhir itu dikutip dari I'm sorry goodbyenya KD...hehe..

iya deh..gitu aja dulu sharingnya...
maaf buat yg kurang berkenan...
saya cuma sharing aja..base on pengalamanku ngurusin PRT bertahun2..hehe...

Rosa