Mungkin bisa Bantu,.../selamat ya

Sallam

PERTUMBUHAN MENAKJUBKAN DI TRIMESTER PERTAMA

Meski masih hidup secara sel, semua cikal bakal organ penting janin
terbentuk di trimester ini. Sayangnya, kurun waktu ini pun amat rawan
terhadap kemungkinan terjadi kecacatan fatal.

Pembagian tahapan usia kehamilan menjadi 3 trimester, jelas dr. Judi
Januadi Endjun, Sp.OG, Sonologist, pada dasarnya bertujuan membantu
mengelompokkan waktu perkembangan. Sehingga mudah untuk mempelajari
proses fisiologis pembentukan janin. Trimester pertama, contohnya,
merupakan waktu pembentukan sekaligus perkembangan pesat dari semua
sistem dan organ tubuh bayi. Di kurun waktu inilah dimulai keajaiban
kuasa Sang Khalik: sebuah sel telur yang telah dibuahi berubah menjadi
organisme yang secara anatomik memiliki wujud manusia.

MINGGU KE-1
Merupakan perkembangan awal sejak ovulasi sampai implantasi. Spermatozoa
bergerak dengan cepat dari
vagina ke rahim dan selanjutnya masuk ke saluran telur akibat kontraksi
otot-otot rahim dan saluran telur. Dari sekitar 200-300 juta spermatozoa
yang dipancarkan ke saluran kelamin wanita, tinggal 300-500 yang
mencapai tempat pembuahan, meski nantinya hanya 1 yang dibutuhkan untuk
pembuahan. Hanya sperma terbaik yang dapat membuahi sel telur.

Sekitar 80 jam sejak ovulasi, hasil konsepsi (pembuahan) ini berada di
ampulla tuba fallopii, yakni bagian terluas pada saluran telur yang
terletak dekat dengan rahim. Sintesa inti sel telur dan inti sel sperma
inilah yang memungkinkan kromosom-kromosom dari masing-masing inti sel
melebur, memadukan semua gen, ciri fisik, sifat, dan temperamen dari
ayah-ibu pada bayi mereka.

Selanjutnya, hasil pembuahan ini melanjutkan perjalanannya menuju
isthmus tuba (bagian saluran telur tersempit yang memanjang dan menciut
antara pangkal saluran telur dan bagian pojok rahim/kornu uteri),
sebelum memasuki rongga rahim dalam bentuk embrio.

Sekitar 30 jam setelah terbentuk, zigot kemudian membelah diri.
Mula-mula menjadi 2 sel, selanjutnya membelah diri secara deret ukur
tanpa henti dengan selang waktu antara 12 dan 15 jam. Sambil terus
membelah, zigot yang terdiri dari 12-16 sel dan berbentuk mirip buah
anggur yang disebut morula, bergerak menggelinding dari tuba falopii
menuju rahim. Dibantu hormon yang dihasilkan oleh rahim, morula
memantapkan implantasinya pada lapisan endometrium (desidua) di dalam
dinding rahim.

Dari hari ke hari, sel-sel morula terus membelah dan berkembang jadi
embrio. Sambil terus membelah sesuai pola deret ukur, sel-sel embrio
menyusun diri membentuk tiga lapisan sel. Sel paling luar disebut
ektoderm, yang tengah mesoderm, dan lapisan terdalam disebut endoderm.
Ketiga kelompok sel inilah yang membentuk seluruh tubuh embrio beserta
organ pelengkapnya.