Hahahahaha....jadi malah ngomong ke masalah lain ya.
Kalo pengalamanku dulu sih, di Singapore nih, aku dan temen2ku (kebetulan
cowok semua, aku doang ceweknya), ngomong pake bahasa jawa. Nah kita kan
abis itu misah sebentar, ada yg cari cd, buku, baju. Nah ternyata temenku yg
lagi sendirian, dikuntit (dr semula kayaknya dah dikuntit). Pas di tempat
sepi di deket station MRT yang di bawah tanah, dia didatengin preman,
ngakunya dari imigrasi, temenku ditanya macem2, paspornya mau diminta, gak
dikasih ama temenku, dia ngotot cuma turis doang, gak jadi tki di sgp.
Ngomongnya ya pake bhs inggris. Temenku ngancem, mau tereak for help kalo
dipaksa terus, abis itu muncul serombongan orang yg baru keluar dari MRT,
baru deh tuh preman ngabur....

Kesimpulan sementara kita2 waktu itu, jangan dulu pakai bahsa jawa di sgp,
pake bhs indonesia atau inggris aja...walah...jadi rasial, padahal gak semua
orang jawa yg di sgp itu tki, aku yooo wong jowo, cuma jalan2 thok, mampir
dari batam....