ini mungkin praktek sederhana mirip cord bank/baby
cordbank/bank plasenta? seperti itukah? kayanya diluar
negeri memang udah mulai tapi kalo disini mungkin baru
tempat2 tertentu aja atau barangkali blm ada malah
tapi rencananya sih mau ada..

url :
http://www.gizi.net/cgi-bin/berita/fullnews.cgi?newsid1162354190,53001,

Indonesia akan memiliki "Bank Tali Pusat"

Rabu, 1 November, 2006 oleh: gklinis
Indonesia akan memiliki "Bank Tali Pusat"
Gizi.net - Kini Tersedia di Indonesia
Tak perlu ke Singapura untuk menyimpan tali pusat bayi
Anda- yang kaya akan sel induk (stem cells)- karena
Indonesia akan memiliki "Bank Tali Pusat" yang
didirikan Cordlife Singapura bekerjasama dengan PT
Kalbe Farma. Sel induk yang ada di tali pusat bisa
dipergunakan untuk pengobatan kanker, jantung,
diabetes hingga kerusakan tulang, tidak saja bagi
pemilik tali pusat tetapi juga keluarga dekatnya.
Tarifnya pun terbilang ekonomis, untuk biaya
pengambilan tali pusat dikenakan Rp 8 juta. Untuk
biaya penyimpanan ditetapkan Rp 1,2 juta per tahun.
Bandingkan dengan biaya penyimpanan tali pusat di
Singapura yang bisa mencapai 5.000 hingga 10.000
dolar.

Rencana pendirian Bank Tali Pusat di Indonesia
disambut baik Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari.
Dalam acara jumpa pers yang digelar PT Kalbe Farma, di
Jakarta, Sabtu (14/10), Menkes mengatakan, teknologi
transplantasi sel induk saat ini sudah tak bisa
dihindari lagi, dengan semakin banyaknya pasien yang
menderita penyakit degeneratif dan kelainan darah.

"Dunia pengetahuan kesehatan semakin berkembang dan
Indonesia tidak boleh terus tertinggal. Selama ini
para ibu yang melahirkan telah membiarkan begitu saja
darah tali pusat bayi mereka. Mereka hanya mengenal
mitos kuno yaitu cukup menyimpan potongan tali pusat
di rumah," ujarnya.

Dr Sunny Tan Chiok Ling dari Cordlife Singapura
menjelaskan, selama masa kehamilan, tali pusat
merupakan satu-satunya penyambung kehidupan antara
sang ibu dengan sang bayi. Jika selama ini, ari-ari
atau tali pusat dibuang dan dikubur, pada tahun 1963,
dunia kedokteran menemukan, sel induk dari darah tali
pusat dan ari-ari dapat digunakan oleh bayi maupun
keluarganya untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

"Hal itu disebabkan karena darah di dalam ari-ari dan
tali pusat mengandung berjuta-juta sel induk pembentuk
darah yang sejenis dengan sel induk yang ditemukan di
dalam sumsum tulang. Sel induk sumsum tulang dan darah
tali pusat telah berhasil dipergunakan untuk mengobati
berbagai penyakit kelainan darah yang mengancam jiwa,"
katanya.

Pencangkokan sel induk darah tali pusat pertama kali
dilakukan di Perancis pada tahun 1988 untuk penderita
anemia Fanconi. Saat ini sudah lebih dari 3.000
pencangkokan darah tali pusat dan sudah lebih dari 72
penyakit yang terbukti bisa diobati dengan
pencangkokan sel induk tersebut. Kebanyakan dari
penyakit itu adalah penyakit akut seperti leukimia,
non-Hodgkin's Lymphoma, anemia aplastic, dan penyakit
auto-immune.

Di masa mendatang, peneliti percaya bahwa sel induk
dapat dipergunakan untuk memperbaiki organ tubuh
seperti jantung dan pankreas (diabetes), dan membantu
pengobatan penyakit systemic lupus erythemathosus
(SLE), multiple sclerosis, stroke, alzheimer, dan
parkinson.

Minat masyarakat Indonesia untuk menyimpan tali pusat
anaknya di Bank Tali Pusat tampaknya semakin
meningkat. Menurut Yuliana Indriati dari Divisi
Pengembangan Stem Cells Kalbe Farma, saat ini sudah
ada sekitar 100 orang Indonesia yang menyimpan tali
pusatnya di Cordlife Singapura. Satu di antaranya
adalah anak dari artis Maya Rumantir.

"Saya melihat antusias masyarakat Indonesia untuk
menyimpan tali pusat cukup besar. Itu terlihat dari
permintaan sejumlah pasien di sejumlah rumah sakit di
Jakarta. Namun, karena fasilitas Bank Tali Pusat di
Indonesia masih dalam proses pembangunan, penyimpanan
dilakukan di Singapura. Biayanya memang jadi lebih
mahal, yaitu Rp 12 juta untuk pengambilan," kata
Indriati.

Prosedur pengambilan tali pusat adalah pasien
mengajukan untuk menjadi anggota pada saat masa
kehamilan. Pada saat kelahiran, darah tali pusat
tersisa di dalam plasenta, lalu diklem dan dipotong.
Menggunakan teknik yang aman, dokter akan mengambil
darah tali pusat ke dalam kantung darah. Prosesnya
aman dan tidak menyakitkan ibu dan bayinya.

"Pemprosesan dan penyimpanan menggunakan kantung darah
yang lebih steril dibandingkan metode lain. Sel induk
akan disimpan dalam tabung nitrogen cair pada suhu
minus 196 derajat celsius. Itu memungkinkan sel untuk
diawetkan dengan aman. Sel induk dapat dipergunakan di
masa depan jika diperlukan," katanya.

Ditanyakan apakah ada batasan lama penyimpanan, Indri
mengatakan, tidak ada batas, tergantung pada keinginan
klien. Kalaupun sel induk tersebut tidak dipergunakan
pada anak bersangkutan, bisa digunakan untuk
keluarganya. "Jika digunakan untuk anggota keluarga
dekat, risiko penolakannya sangat kecil karena
memiliki sifat genetik yang sama," ucapnya

Sumber:suara karya.com

--- rahman gunawan <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Baru2 ini saya nengok sodara yang baru saja
> melahirkan, ada yang baru kali
> ini saya liat dan denger, si bali ga dikubur tetapi
> dibersihkan dan direndem
> di arak putih.
> Konon apabila si bayi atau si anak (kalo sudah
> besar) sakit cukup diminumkan
> dan air rendeman ini akan sangat mujarab buat
> nyembuhkan sakit.
>
> Bener atau ngga? Ga tau tapi barusan saya goggling
> di internet sudah ada
> yang mencoba juga tapi dengan cara yang lain, dimana
> obat buat penyembuh
> dibuat dari bali ybs.

> [...]

Building a website is a piece of cake. Yahoo! Small Business gives you all the
tools to get online.
http://smallbusiness.yahoo.com/webhosting