Kebetulan saya pernah bikin rangkuman makanan bayi 6-8
bln.. pernah tak posting di multiply..

ini yaaaa smoga bermanfaat!

http://oetjipop.multiply.com/journal/item/182/Makanan_bayi_6-8_bulan

6 bulan – MAKANAN PADAT PERTAMA
Yang diberikan:
· ASI/ASI perahan PLUS
· SEREALIA: beras putih, beras merah, havermuth,
kentang, kacang hijau
· SAYURAN: labu parang, ubi jalar, kentang, kacang
hijau, labu, zucchini
· BUAH: pisang, alpukat, apel, pir

Tipe:
1 jenis makanan sebagai awalan.
Semi cair (dihaluskan atau dibuat puree)
Dimasak (kecuali buah tertentu, spt alpukat, dan
pisang)

Frekuensi:
Pada minggu2 pertama sebaiknya diberikan satu kali
sehari
Makan besar: 1-2 kali per hari
Cemilan: 1 kali per hari
ASI: kapan saja bila diminta atau formula
umumnyasetiap 3-4 jam

Porsi:
Makanan: 1-2 ujung sendok teh pada awalnya,
bertahap tingkatkan sesuai bertambahnya usia dan minat
bayi.

Keterangan:
- Untukmengetahui bayi alergi terhadap sesuatu makanan
tertentu hal yang dilakukan adalah pengenalan satu
jenis makanan dalam 3-4 hari..
- Bila satu hari saja sudah terjadi alergi misal
sampai bentol2 hentikan kemudian ganti jenis makanan
lain.
- Apabila pada awal pengenalan makanan padat pertama
ini faeses bayi menjadi lebih keras dan bayi agak
mengejan ketika BAB ini adalah hal yang wajar, karena
pencernaan bayi sedang beradaptasi dengan asupan baru
selain ASI
- Sebaiknya menyimpan rice cereal jangan terlalu lama.
Paling  lama adalah 2 minggu. Jadi sebaiknya sekali
bikin jangan terlalu  banyak.

Contoh menu
BUBUR SUSU (ASI) BERAS MERAH
cara membuatnya:
segenggam beras merah dicuci bersih lalu disangrai
kemudian diblender halus. (kira2 aja yah ukurannya)
stelah jadi tepung.. tiap makan dd Ija diambilkan 11/2
sendok makan tepung beras merah beri sedikit
air..jerang dengan api kecil.
stelah hangat2 kuku baru deh diencerkan dengan ASI..
Awalnya encer tambah hari ditambah kekentalannya..

BUBUR SUSU (ASI) KACANG IJO
cara membuatnya:
segenggam bkacang ijo dicuci bersih lalu disangrai
kemudian diblender halus. (kira2 aja yah ukurannya)
stelah jadi tepung.. tiap makan dd Ija diambilkan 11/2
sendok makan tepung kacang ijo beri sedikit
air..jerang dengan api kecil.
stelah hangat2 kuku baru deh diencerkan dengan ASI..

PUREE KENTANG ASI
kukus kentang ukuran sedang.
setelah matang hancurkan kemudian saring dengan
saringan kawat.
encerkan dengan ASI...

BUBUR HAVERMUTH
haluskan havermuth dengan blender.
setelah menjadi tepung ambil 1-1/2 sendok makan
havermut
beri sedikit air..jerang dengan api kecil.
stelah hangat2 kuku baru deh diencerkan dengan ASI..

SAUS APEL/PIR
Bahan:
1 buah apel manis (jangan yang hijau) atau 1 buah pir
Air secukupnya

Cara Memasak:
Kupas apel, buang bijinya lalu potong dadu.
Rebus dengan air (air sampai sedikit menggenangi apel)
sampai apel empuk.
Tiriskan apel, jangan buang airnya.
Haluskan apel, gunakan sisa air rebusan untuk
mengencerkan apel.

*ASI bisa diganti susu formula

7-8 bulan – MAKANAN SEMI PADAT

Yang diberikan:
· ASI/ASI perahan PLUS
· SEREALIA: lanjutkan pemberian beras merah, beras
putih dan havermut. Perkenalkan maizena atau jagung
· SAYURAN: asparagus, wortel, bayam, brokoli,
sawi,kembang kol, bit, lobak, kol
· BUAH: mangga, pir, peach, blewah, timun suri, jambu
biji
· Biskuit bayi.
· DAGING & MAKANAN YG MENGANDUNG PROTEIN: ayam, sapi,
hati ayam, tahu, tempe
· Pada akhir bulan kedelapan bisa dikenalkan produk
olahan susu seperti keju chedar atau youghurt khusus
bayi

Tipe:
1-2 macam makanan
Semi padat (haluskan dgn saringan kawat, puree)
Soft finger food (8 bln+)
Dimasak (kecuali buah tertentu, spt alpukat,semangka
dan pisang)

Frekuensi:
Makan besar: 2 kali per hari
Cemilan: 1 kali per hari
ASI: kapan saja bila diminta atau formula umumnya
setiap 3-4 jam
Porsi:
3 sampai 9 sendok makan cereal, untuk 2 sampai 3 kali
pemberian makan
1 sendok teh buah, bertahap tingkatkan menjadi 1/4
sampai 1/2 cangkir untuk 2 sampai 3 kali pemberian
makan
1 sendok teh sayuran, perlahan ditingkatkan menjadi
1/4 sampai 1/2 cangkir untuk 2 sampai 3 kali pemberian
makan.
1 sendok teh makanan sumber protein, perlahan
tingkatkan menjadi 2 sm untuk 2 kali pemberian makan

Keterangan:.
- Beberapa ahli gizi merekomendasikan agar sayuran
diperkenalkan sebelum buah, karena buah yang rasanya
manis akan membuat sayuran yang rasanya kurang manis
menjadi tidak menarik untuk bayi.
- Mulailah dengan sayuran yang rasanya hambar seperti
kentang, kacang hijau, labu, zucchini, baru kemudian
perkenalkan buah seperti pisang, alpukat, apel, pir,
blewah, timun suri.
- Berikan makanan tanpa tambahan gula atau garam. Bayi
tidak membutuhkan tambahan gula atau garam.
Menambahkan bahan-bahan tersebut tidak akan
memperbaiki nilai nutrisi dari makanannya .Pemberian
garam (yang mengandum sodium) terlalu dini kepada bayi
bisa menyebabkan kerusakan pada ginjal. Selain itu
kebisaan makan banyak mengandung garap bisa
menyebabkan hipertensi
- Penyajian makanan sebaiknya terpisah antara
cerealia, sayur, dan lauk.. supaya anak tidak eneg
dengan makanan yang dicampur baur dan anak/bayi bisa
lebih mengenal rasa asli makanan

Contoh menu
Sebagai awalan kenalkan satu persatu jenis makanan
baik sayur maupun protein.
Idealnya dengan cara dikukus supaya kandungan gizinya
tidak banyak yg  ilang.
Jadi satu jenis lauk atau sayur dikukus kemudian
diblender atau disaring (sebaiknya sih disaring saja
supaya tidak terlalu halus sehingga sekaligus melatih
anak untuk menggerakan rahangnya sekaligus merangsang
otot wicaranya.

NASI TIM SARING POLOS
Bahan:
Beras putih atau merah segenggam
Air atau air kaldu secukupnya
Cara Memasak
Cuci berras sampai bersih
Beri air /kaldu secukupnya
Di-tim sampai matang
(bisa dimakan dengan sayur plus lauk pauknya)

BUBUR  UBI JALAR
Bahan:
ubi jalar ukuran sedang
Kaldu ayam/sapi secukupnya
Cara Memasak:
Cuci bersih ubi jalar kukus  sampai matang, kupas dan
haluskan.
Campur dengan kaldu ayam/sapi, kekentalan sesuai
kebutuhan.

BUBUR JAGUNG MANIS
Bahan:
1 buah jagung manis
air kaldu secukupnya
Cara memasak
Parut jagung manis kemudian rebus dengan air kaldu
secukupnya
(bisa dimakan dengan puree wortel)

BUBUR LABU KUNING
Bahan:
1/4 labu kuning ukuran sedang, kupas, potong-potong
Kaldu ayam/sapi secukupnya

Cara Memasak:
Cuci bersih labu kukus sampai matang, haluskan.
Campur dengan kaldu ayam/sapi, kekentalan sesuai
kebutuhan.

PURE Brokoli bisa juga kembang kol
Bahan:
Ambil beberapa kuntum brokoli bisa juga kembang kol
Air matang secukupnya
Cara Membuat:
Kukus sampai lunak lalu haluskan. Tambahkan air kaldu
secukupnya.

PURE WORTEL
Bahan:
2 buah wortel ukuran sedang, kupas
Air matang secukupnya
Cara Memasak:
Kukus wortel sampai lunak lalu haluskan dengan diparut
misalnya. Tambahkan air  secukupnya.

Lama2 sayur2annya dicampur dengan sayuran lain ataupun
dengan tahu/ temp spt

SAYUR BENING BAYAM OYONG
Bahan:
1/4 oyong
segenggam daunbayam
1/4 siung bawang merah
sdikit kunci dimemarkan
air secukupnya
Cara memasak
Rebus air dengan irisan bawang merah dan kunci sampai
mendidih
Masukkan daun oyong. Tunggu sampe lunak kmudian
masukkan daun bayam.. setelah mendidih diangkat
Untuk awalan bisa disaring setelah sayur matang atau
setelah bebrapa waktu tidak perlu disaring melainkan
bayam dan oyong dicincang halus sebelum direbus

BROKOLI TAHU PUTIH
Bahan
Brokoli beberapa kuntum
tofu atau bisa juga tahu putih ukuran sedang
1/4 siung bawang putih
kaldu sapi/ayam
sdikit keju parut
Cara memasak
Kukus brokoli dan tahu putih, saring atau bisa juga
dicincang halus
Siram dengan kuah kaldu yang sudah diberi bumbu bawang
putih

SAWI KEMBANG KOL
Bahan
Kembang kolbeberapa kuntum
2 lembar sawi  (atau bs juga pok coy)
1/4 siung bawang putih
kaldu sapi/ayam
sdikit keju parut
Cara memasak
Kukus kembang kol dan sawi, saring atau dicincang
halus
Siram dengan kuah kaldu yang sudah diberi bumbu bawang
putih

SAYUR CAMPUR
Bahan:
1 buah wortel, kupas, potong-potong
1 buah kentang, kupas, potong-potong
2 sdm kacang polong (bisa diganti sayuran hijau
lainnya, misalnya   brokoli, zuchini, seledri, dll)
Kaldu ayam/daging secukupnya (hanya air rebusan
ayam/daging, tanpa garam maupun bumbu penyedap
lainnya)
Cara Memasak:
Rebus/kukus semua bahan sampai matang lalu haluskan.
Beri kaldu ayam/daging secukupnya.
Bubuhi keju parut sedikit saja.. (di akhir bulan
kedelapan)

PEPES TAHU/TEMPE
Bahan
2 buah tahu atau 1 buah tempe ukuran sedang --
haluskan
1 siung bawang putih haluskan
daun pisang
Cara memasak
Tahu/ tempe yang sudah dihaluskan campur dengan bawang
putih
Bungkus dengan daun pisang
Kukus hingga matang

Sumber :