----- Original Message -----
From: "Grace Kianher" <[EMAIL PROTECTED]>

> Anak saya saat ini 6 bln, baru sekali di imunisasi waktu 2 bln (BSG)
sampai sekarang belum imunisasi lagi.... berarti harus imunisasi dari
pertama lagi dong...

Maksudnya gimana mbak, apa berarti si kecil selama 6 bln baru dapat BCG aja?
Setahu saya bayi dibawah 1 thn jadwal imunisasinya kan setiap 1 bulan
sekali, kalau anaknya sehat. Kalaupun kejadiannya spt ini, rasanya blum
terlambat untuk mengejar imunisasi-2 yg selama ini terlewatkan, coba
konsultasi dgn dsanya mbak.

> trus mau tanya lagi dong gimana caranya habis imunisasi badan anak tidak
panas ?

Tdk semua imunisasi akan menyebabkan badan anak panas (cmiiw), umumnya
imunisasi DPT Polio yg akan menyebabkan panas, itupun tergantung daya tahan
tubuh si kecil. Untuk antisipasi spy badan tdk terlalu panas, begitu selesai
imunisasi beri anak obat penurun panas/pengurang rasa nyeri, biasanya yg
bahan dasarnya parasetamol.

> dan benarkah kalo imunisasi di dr, klinik, rumah sakit itu beda2(soal
harga maupun yg lainnya)
Kalau soal harga sdh tentu ya mbak, kalau soal mutu blum tentu juga yg di
klinik lebih jelek drpd RS, mungkin tergantung bagaimana cara
penyimpanannya.

endra