From: <[EMAIL PROTECTED]>
To: <balita-anda@balita-anda.com>
Sent: Friday, September 14, 2007 9:54 AM
Subject: [balita-anda] Fw: [ba_oot] tanya: puasa bumil

ragu2.com

----- Forwarded by sefty YMKI/YAMAHA on 09/14/2007 09:53 AM -----

[EMAIL PROTECTED]
09/14/2007 09:52 AM
Please respond to

cc

Subject
[ba_oot] tanya: puasa bumil

barusan baca dr milis sebelah, aku dr kmaren dah puasa..dan mengalami
kepala pusing, lemah..kyk kurang cairan gitu...tapi tetep aku paksakan
sampe buka puasa..nah hari ini mo nyoba lagi..tapi koq jd khawatir secara
aku jg ada keluhan plasenta previa..
hiks maunya terus puasa....(walo aku tau bumil tdk diwajibkan puasa) ..
so fren skrg perut aku kyk kenceng en dah mulai ngap2an ...buka jangan
ya..buka..jangan..buka...?

=================

Dear Nina, nama saya Rani. Ibu seorang putra berusia 6 bulan :)
Bulan puasa tahun lalu kandungan saya berusia 4 bulan,dan kebetulan saya
ingin sekali berpuasa. Karena kehamilan yang pertama, maka saya putuskan
untuk konsultasi dengan dokter saya . Beliau menyarankan bahwa pada usia
kandungan trimester pertama memang sebaiknya tidak berpuasa, sebab pada
saat itu janin mengalami rapid growth baik dalam ukuran,perkembangan otak
maupun volume cairan amnion,juga kebutuhan oksigen yg sgt tinggi. Oleh
karena itu, perlu gizi dan terutama asupan cairan konstan yang cukup
sepanjang hari (air juga untuk kelancaran asupan oksigen buat bayi). Bukan
tidak boleh berpuasa, namun cukup beresiko,katanya. Berpuasa lebih baik
dilakukan pada trimester akhir itupun atas anjuran dokter.
Selain itu, 3 bulan keatas sudah harus mengalami kenaikan berat yang
disarankan buat ibu hamil, dikhawatirkan dengan berpuasa target kenaikan
berat usia kandungan kurang sesuai.
Saya juga sempat baca beberapa artikel di majalah, yg menyarankan memang
tidak berpuasa pada saat usia kandungan masih muda.
Sekedar sharing pengalaman dan informasi yg saya dapatkan waktu itu. Boleh
saja Nina coba konsultasi lagi kepada dokter ahlinya supaya lebih jelas.
Mungkin dapat insight berbeda untuk dipertimbangkan. Enjoy your pregnancy!

Rani

nina wardani <[EMAIL PROTECTED]> wrote: Date: Wed, 12 Sep 2007
21:25:56 -0700 (PDT)