Hi pak Dwi,

Maaf belum pernah punya pengalaman seperti ini dengan anak, juga belum
pernah ikutin test urine, cuma ingin share dari hasil baca di beberapa info
:)

Dari test urine lengkap yang sudah dijalani Fayyadh,  memang urine orang
normal akan negatif (-) kandungan glukosa, bilirubin dan ketonnya.  Juga
nggak ada indikasi darah samar dalam sampel.

Test positif (+) untuk item albumin (protein), lekosit dan urobilinogen ini
mungkin menunjukkan indikasi infeksi.  Tapi di lain pihak, urine orang
normal juga ada batas nilai (+) untuk lekosit dan urobilinogennya (saya
nggak tahu berapa toleransi batas (+) nya, dan apa mungkin beda antara orang
dewasa dan anak2).  Test nitrit (+) juga nunjukkin ada kuman/bakteri
tertentu yang sudah mengubah kadar nitrat dalam urine jadi nitrit.

Tapi kembali lagi, test urine cuma salah satu test penunjang.  Hasil  (-)
bukan berarti 'kebal' bakteri, hasil (+) juga bisa cenderung (+) palsu, ya
karena banyak faktor (mis. kondisi sampel urinenya, perlakuan di lab.nya,
kondisi reagen2 yang dipakai, makanan/minuman Fayyadh sebelum diambil
sampelnya, dll.)  Contoh simpel, sampel urin yang dibiarkan di dalam suhu
kamar kelamaan juga bisa menyebabkan hasil (+) untuk beberapa item
pemeriksaan mikroskopik dan kimia urine :)

So, mungkin nanti sambil bahas hasil test lab ini, DSA Fayyadh bisa lebih OK
tegakkan diagnosa lewat pemeriksaan fisik dan antisipasi keluhan lainnya,
apa memang cenderung Infeksi Saluran Kemih (kalau jelas positif bakteri
penyebabnya), atau phimosis (lewat pemeriksaan fisik nanti), atau kondisi
lainnya.
Meanwhile, mungkin tetap jaga aja kebersihan saat BAK dan tetap banyak
minum.

semoga Fayyadh cepat pulih, ya pak :)
Sylvia - Jovan & Rena's mum with 27-week-'bump'

On 9/28/07, Dwi Wahyono at Gmail <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Assalamualaikum wr.wb...
>
> Dear Mom & Dads....
>
> Fayyadh (2,5thn) anak ke dua saya..sudah 3 hari ini kalau Pipis ngeluh
> kesakitan...bahkan sering nangis.... kemarin test urine.. hasil labnya :
>
> - Glukosa/Biliribium/Keton : Negatif
> - Albumin : +1
> - Urobilinogen :L 0.2
> - Nitrit : positif
> - Darah Samar : negatif
> - Esterase Lekosit : +3
>
> Besok mesti ke DSA-nya lagi utk konsul hasil labnya. Kemarin sudah dikasih
> obat puyer.

> [...]

Kirim email ke