Hi mbak Rusmina,

Wah, Arion sudah mulai makan MPASI, ya?
Selamat bereksperimen deh dengan menu2 makanan 'baru' buat dia, khususnya
1st time mom seperti mbak :)

Kalau masih 6 bulanan usianya, MPASI dicoba hanya sebagai 'pengenalan',
bukan langsung jadi menu utama seperti orang dewasa, karena ASI/susu formula
tetap jadi prioritas.  Ini masanya dia mulai belajar tentang solid food
(bukan hanya rasanya lho, tapi juga bentuknya, teksturnya, gimana kalau
dipegang dengan tangan, gimana kalau jatuh ke lantai, gimana kalau dicolek
and ditempel ke pipi mamanya, dll :))  Masa 'eksplorasi' kayak gini nih yang
pasti bikin 'messy' tapi 'ngangenin' he..he..
Sama kayak saya dulu waktu Jovan pertama kali kenal MPASI.  Bingung +
hopeless kalau prakteknya tidak sesuai dengan 'teori' di buku 'feeding and
nutrition bayi', tapi selanjutnya jadi belajar 'handy' juga ngurusin
beginian :)

Baca e-mailnya mbak Rusmina, sebenarnya Arion sudah dikenalin salah satu
jenis camilan tuh, ya buah yang macam-macam tadi. Kadang ada juga yang kasih
camilan biskuit bayi, atau sayuran kukus yang dibuat finger foods (apalagi
kalau sudah mulai ada tanda2 teething).

So, selamat mengatur menu yang pas buat Arion, jangan lupa coba variasi
jenis dan tekstur makanan (sesuai usia) dan observe kemungkinan alergi,
diare atau konstipasi dengan menu2 baru tadi, ya mbak.
Lihat lagi jumlah porsi dan frekuensinya setiap mealtime, pokoknya gimana
'demand' nya Arion dan atur supaya nggak terlalu kekenyangan. Kalau ada
masa2 nya 'lepeh' makanan, jangan dulu desperado ya mbak, si kecil cuma lagi
belajar 'cicip' makanan yang sama sekali lain dari biasanya :)

Oya, jangan harap dia akan makan dengan jumlah yang sama tiap harinya, tapi
soon... dia akan terus belajar makan dengan efektif :)

cheers,
Sylvia - Jovan & Rena's mum with 27-week-'bump'

On 10/3/07, rusmina <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> SP'ers sekalian....
>
> aku nanya terus niy...jangan bosan ya...
> contoh camilan utk baby itu apa sih???
> dah tak obok2 smua menu2 yg dulu; tp gak ada yg bahas
> camilan...masalahnya di panduan makan itu kan ada disuruh kasi camilan
> utk arionku yg dah 2 minggu ini mpasi, aku blm kasi camilan soale bingung
> jadwalnya skrg: jam 6 pagi maem (beras merah/havermuth/kacang
> ijo/kentang) ==> ganti 2stlh 4 hari (copy paste langsung boo dr mba uci;
> dah permisi kan suhu....???)
> jam 12 siang maem buah (yg dah tak kasi: pepaya; melon; pir; pisang);
> [...]
<deleted>

Kirim email ke