ibu-ibu n bapak-bapak,

pls advise-nya dong. aku lg bingung neh ...  biasa soal
PRT....hiks..hiks...  (lg2 PRT yah.)

aku punya PRT udh 1,5 th tinggal di rmh. dia asal Kupang tp aku dptnya
dr temen (tetangganya). awalnya br 2 bln di rmh udh bilg mo pulkam krn
mo married n neneknya (PRT-ku yatim piatu) sakit keras.  krn wkt itu
udh deket puasa n lebaran aku coba bujuk nti aja abis lebaran skln aku
ongkosin pulkam akhirnya dia ijin tanya ke keluarga (kakak sepktnya
diijinin ampe bulan mei 07. bln maret aku tnya dibilang mundur bulan
juli (lupa alesannya apa), trs berikutnya dia tnya boleh kg kalo jd
bulan agustus soalnya mo barengan sodara wisuda dl br pulkam. (saat
itu gajinya udh aku naekin).  giliran juli 07 aku tnya lg dia bilang
terserah ibu aja, klo emang udh ada ganti abis lebaran dia br balik...
 (aku br th dia kg balik agustus, krn sodara yg dia bilg itu ternyata
temennya yg terpaksa pulkam duluan krn adiknya meninggal).

nah pas 2 minggu lalu aku cb tanya dia lg, ternyata dia bilang kg jd
nikah krn calonnya udh pergi ke kalimantan n dia udh kg berhubgn lg  1
bln ini, tp dia jg blm th pulkam des'07  or kg krn laut lg pasang ???
cm wkt aku tanya itu dia kg brani lihat muka aku, buang muka smbl
lihat ke TV. giliran aku tanya msh mau engga krj di sini, dia jawabnya
kg jelas, entah kg th, mesem n diem.. disitu aku ambil kesimpulan dia
kg ada plan pulkam, tp cb trik minta naek gaji or maybe dia udh dpt
tawaran tempat laen yg lbh bagus. malamnya smbl nonton TV dia mlh
nyinggung soal temennya yg pulkam duluan itu, ktnya mo krj tp nunggu
org ada yg ngongkosin tiket ke jakarta (dr Kupang). aku engga terlalu
nanggepin takutnya cm trik aja yg penting dia bs ke jakarta. kan kg
ada jaminan dia betah di rmh brp lama.

moms....   sejak obrolan terakhir itu sbnrnya aku udh mo lepas dia,
krn aku lihat kok dia udh krg minat yah krj disini.  tp pas aku
sharing dgn nyokap disaranin sih cb di bujuk aja. klo pun minta naek
gaji ya cb diusaha-in krn cr PRT susah blm lg ada kasus penculikan
dsb...  aku jd mikir ulang lg.  smpt mikir ok aku naekin gaji aja, tp
skrg aku jd bingung lg neh moms...  krn :

1. dia orgnya keras. agak susah dibilangin. klo kt ksh th n dia krg
berkenan, pura2 budek. klo udh ke sekian kali n kt jabanin lsg br deh
dia jalanin... itu jg dgn cemberut.
2.  sering cemberut klo mis pagi2 aku kesiangan bangun n kg sempet
bantu dia masak. klo di tegor dicuekin tuh... :-((
3.  keberatan klo diminta temenin rio (anak-ku, 4th) maen ke tetangga
or sekitar rmh. jd si rio cm dekem doang di rmh.. pan aku kasian ama
si rio
4.  informasi ttg keberadaan saudara dekat yg domisili deket rumah ku
ini mulai nambah. jd dia pernah bw rio maen kesana kg ijin aku
dulu....   temen2 dia ternyata byk jg yg bertebaran di kebon jeruk,
green ville n sktrnya. pulg maen dr sana crita2 soal rmh2 mewah tmpt
temennya pd kerja. pdhl sebelumnya kg pernah n klo disuruh maen or
jalan2 jg kg mau.
5.  udh mulai nolak klo aku ajak ke carrefour belanja bulanan, pdhl
maksudnya biar ada yg bantu awasin si rio

gmn ya moms ....   klo lihat dia nemenin rio di rmh, ksh makn, mandi,
sejauh ini sih kg masalah yah..   tp klo lihat yg diatas, kok aku jg
nyesek jg yah.. terutama klo si rio ribut mo maen ke luar krn temennya
udh nyamperin gedor2 pager, aku ampe kg enak ama tetangga.   pagi ini
aja keulang lagi tuh.. aku udh minta baik2 tolong lihatin rio yg lg
maen ama anak tetangga (aku lg siap2 ke kantor), eh yg ada dia mlh
bengong smbl duduk di tangga dapur...

pls dong advisenya, kira2 gmn yah, rencana-nya sabtu ini aku mo ajak
dia omong lg, skln pasti-in gmn, cm yg aku bingung aku tahan dia dgn
offering naek gaji (dgn konsekuensi sikap dia yg terus bgt, yg penting
si rio aman) or better aku lepas dia ??

pls yah masukannya... sorry juga kalo kepanjangan ...

thanks alot,
Martha