Mbak,

Sekdar sharing saja, kalau di atas setahun lebih baik nasi saja, nasi sama
seperti ayah ibunya makan, apalagi dah 19.5 bulan. Nayma, 17 bulan, udah
dari 8 bulan maemnya nasi.

Nah, pas ayah ibunya maem, biasanya anak mau ngikut maem tuh, apalagi kalo
menunya sama, wah, semangat deh. Mungkin buat anak, cabe dan sambel jangan
dikasih dulu. Terus juga kadang anak maunya maem sendiri, Nayma jg udah
gitu, ya saya kasih sendok dan piring/mangkok, walau berantakan, tapi
lumayan 1/3-1/2 bisa masuk ke mulutnya.

Kalau melihat BB vs usia sih gak bisa dari satu kali pengukuran, mbak mesti
memplot hasil pengukuran BB dari lahir sampai sekarang terus lihat di
persentil berapa saja, apakah dalam sebulan terakhir persentilnya turun/drop
jauh, misal dari persentil 50 ke 15 misalnya, kalau dropnya masih dari 50 ke
40 kayaknya masih wajar.

Yang penting variasi menu makanan. Semoga sukses ya.

mama Nayma

On 10/8/07, Lolita <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> dear all...
>
> anak saya umur 19,5bln berat badan 11,4kg  , udah ideal blm ya beratnya?
> kok keliatannya kurus ya? apa krn tinggi badannya yang lumayan tinggi
> 85,5cm?
> sejak mulai tumbuh gigi geraham sekitar sebulanan yg lalu, anak saya jadi
> susah makan.
> kl makan mesti dibujukin, misalnya sambil main air, main bumbu dapur,
> pokoknya yg bukan lazim biasa dimainin baru mau buka mulut, kalo gak
> mulutnya gak dibuka2.
> malahan sudah beberapa hr ini gak mau makan nasi tim/nasi lembek yg biasa
> [...]

Kirim email ke