dear all,

abis nonton suara anda di metro tv, di trusin nonton suatu acara ( gak tau
judulnya apa...)

awal nonton seh ketawa² menceritakan tradisi/ kebudayaan di Sumbawa mengenai
pacuan kuda poni ( kayanya liar deh tuh kuda )yang jadi joki anak kecil (
sekitar umur 10-15 thn )......yg bikin ketawa pas wawancara yg punya
kuda...katanya kalo menang suatu kebanggaan buat dirinya bisa di salamin sama
byk orang, bisa terkenal , bisa di sorakin byk orang .....( kalo kata gw gila
hormat )..

makin ke tengah kok gw langsung diem nontonnya....ternyata itu joki bukan anak
yg punaaya kuda...jadi cuma di bayar ama yg punya kuda , sekali perlombaan
dapat uang 20-30 rb...kalo menang bisa dapat 200 rb...anak² itu  kecil di cari
sampai pelosok apalagi anak yg katanya ada ciri² yg menurut 'sandro' (
panggilan dukun ) punya user² di kepala yg unik....kalo ketemu anak ini bisa di
tuker sama seekor kerbau/sapi untuk di kasih ke ortu anak tsb dan anaknya di
bawa...

lebih sadis menurut saya ternyata anak² tbs seperti di paksa untuk naik ke
kuda...ada yg nangis² gak mau tapi malah di bentak di bilang "hey diem kamu,
jangan byk ulah cepet naik ke kuda ( pake bahasa sumbawa )"

gak sedikit yang cidera misal kepalanya kepentok papan star karena itu kuda
kayanya  ngamuk, ada juga yg kakinya nyangkut di kayu karena lom pas bgt duduk
di kuda eh kudanya dah berontak......sedih liatnya moms...mukanya pada
berdarah, ada yg kakinya gak bisa di lurusin paling cuma di obatin ama si
sandro ini...abis di sembur suruh naik lagi ke kuda....kakinya yg gak bisa
lurus di obatainnya di paksa di lurusin ama si sandro ini sambil di siram air
sakti  yg ada tuh anak ngejerit...selesai di obatin di taikin lagi ke kuda..

namanya anak kecil tetap aja ada mood²an gitu...ada kejer gak mau nunggang
kuda...udah di paksa naik tuh anak merosot lagi....tapi seh di acara itu gak
ada kekesaran main tangan kecuali pada bentak² tuh anak...

anak kecilnay juag di wawancara ama wartawan.....polos² jawabnya...menurut yg
punay kuda semua anak berani naik kuda khan udah di bacain ama sandro...yg
tadinya takut jadi berani, yg tadinya kejer² gak mau jadi mau pas di tiup
ubun²nya.......dan di yakinin gak bakal jatuh kecuali ada yg ganggu (???)

yg lucu pas anaknya di wawancara dia bilang ( tuh anak polos di wawancara
sambil cengengesan )..."tetep aja takut biar si sandro bilang gak bakal jatuh
tapi buktinya saya sering jatuh, mulut saya sampai berdarah, muka saya sampai
biru, malah temen saya giginya ada yg rontok ( sambil ketawa )

saya heran kenapa budaya gini perlu di lestarikan, apalagi pacuan kaya gini ada
judinya, penontonya pada sibuk kumpulin duit sambil kasih support ke kuda yg di
pegangnya.....selesai lomba kudanya pada di cium tuh anak ya udah trun gabung
sama joki lain untuk bermain...

beneran sadis menurut saya.......

The information transmitted is intended only for the person or the entity to
which it is addressed and may contain confidential and/or privileged material.
If you have received it by mistake please notify the sender by return e-mail
and delete this message including any of its attachments from your system. Any
use, review, reliance or dissemination of this message in whole or in part is
strictly prohibited. Please note that e-mails are susceptible to change. The
views expressed herein do not necessarily represent those of PT Astra
International Tbk and should not be construed as the views, offers or
acceptances of PT Astra International Tbk.

Kirim email ke