Hi mbak Fifi,

Asyik nih liburan ke Bali :) ... akhir tahun ini saya terpaksa 'absent' ke
sana karena sudah mendekati EDD bersalin ...

Nambahin yang sudah di-shared moms lainnya:

- Untuk saya: stroller/buggy, mainan untuk di pantai and DVD Player & DVDs
favorit anak2, swimsuit & topi with spares, juga at least >1 botol sunblock
sudah jadi items wajib yang perlu dibawa tiap kali bawa 'pasukan2 kecil' ke
Bali.

- Dairy product and diapers bisa dibeli di Bali aja.  Boleh bawa makanan
instant untuk si kecil sebagai spare, toh nanti di sana bisa divariasikan
dengan makanan lain.  Mis. pakai variasi makanan dengan roti tawar, kentang,
bubur ayam, pasta yang umum selalu ada saat breakfast di hotel (pengalaman
waktu di _Santika_, _Harris_ & _Hard Rock_ Kuta, malah bisa order baby meal
ke kitchen staff nya).
Kalau memang kebetulan nggak booking apartment atau dapat hotel yang nggak
ada 'kithcen' nya, saya memang jadi bawa alat sterilisasi botol,
perlengkapan cuci-mencuci dan sabun cuci refill yang kecil.

- Karena masih ada baby 10 bulan, mungkin perlu disesuaikan aja rencana and
tujuan pesiarnya.  Kecibang-kecibung di hotel pool juga sangat menyenangkan
kok :)  Umumnya pool di hotel2 Bali kan cukup baik standar-nya untuk
leha-leha with the family :)
Bisa juga ke _Water Boom_ , cuma memang biasanya si baby akan terus ada di
pelukan/gendongan ortunya, walau tetap bisa enjoy dengan wahana air untuk
anak2 kecil dan lazy river nya.  Kakaknya bisa juga coba arena semacam
_trampolin_  besar di area depan _Waterboom_ sebelum pulang :)
Bisa juga rental mobil/sewa mobil khusus untuk trip seputar hotel atau kalau
memungkinkan bisa coba jarak agak jauh sekalian wisata kuliner (untuk
ortunya), mis. di area Ubud, dll.

- Kalau mau mainan pasir di pantai _Kuta_, bisa coba waktu lebih pagi supaya
nggak terlalu crowded, atau kalau mau cari yang agak sepi bisa coba ke
pantai2 'non-Kuta', mis. di _Nusa Dua_, _Sanur_, dll.  Kadang bisa dapat
timing yang tepat, sepi pengunjung and pasirnya/ombak masih sangat OK untuk
permainan anak2.

- Kalau nggak salah ada info tentang tempat wisata baru _Taman Safari
Indonesia & Marine Park_ di _Gianyar_.  Cuma saya nggak tahu pasti, apa
memang sudah dibuka untuk public di tahun ini.  Kalau iya, mungkin bisa jadi
alternatif tempat pesiar yang OK juga.

- Untuk alternatif hotel, mbak bisa browsing di beberapa website tour &
travel agent di Jakarta untuk lihat lokasi sekaligus rate yang diinginkan.
Saya biasanya selalu ambil waktu untuk browsing sites semua hotel yang
diminati, bisa sekalian lihat fasilitasnya juga untuk tiap hotel, so bisa
lebih OK ngambil keputusannya.  Kalau rencana liburan akhir tahun ini, lebih
cepat booking lebih baik, karena periode itu bukan lagi 'high' season tapi
sudah 'peak' season untuk hotel dan air-travel.  Kalau memungkinkan re-check
denga kantor mbak/hubby, siapa tahu ada 'corporate rate' yang bisa digunakan
saat booking hotel di Bali.

Asal anak2 sebelum berangkat liburan tetap fit kondisi tubuhnya, sang kakak
sudah punya sedikit gambaran tentang liburan di sana dari cerita2 ortunya,
biasanya mereka akan lebih siap berlibur dan sama enjoy-nya dengan ortunya
waktu liburan.  Jangan lupa stamina sang papa dan mama juga harus tetap OK,
sebagai persiapan untuk ganti 'shift'  taking care si baby ..

Have a nice holiday, mbak,
Sylvia - Jovan & Rena's mum with 31-week-'bump'

On 10/29/07, Fifi Arifin <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Dear Moms and Dads,
>
> Kayaknya topiknya udh berulang-ulang yah... tapi belum basi kan?
>
> Aku sekeluarga rencananya mau jalan-jalan ke Bali neh... dengan 2 anak
> (4,5 thn dan 10 bulan). Rencananya aku juga gak mau bawa asisten.
>
> Sharing dong ama moms and dads ttg:
> -  Hotel yang bagus (daerah kuta) untuk anak2 dimana yah? Aku denger Hotel
> Oasis bagus yah?
> -  Enaknya jalan-jalan kemana aja yah?
> -  Persiapan untuk makanan bayi, bawa apa aja?
> -  Biasanya luggage isinya apa aja?
>
> Thanks for sharing with me...
>
> <deleted>

Kirim email ke