From: Yuliana [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Friday, October 10, 2003 8:38 AM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: Re: [balita-anda] Menghisap Bibir

Dear M'lily...
salam kenal ,,,,,,saya baru gabung di milist ini.
saya  pernah punya pengalaman yg hampir serupa dg M'lily ... umur anak
saya
pun sama  3 tahun 5 bulan ,
tepatnya  2 bulan yg lalu daffa ( nama anak saya ) selalu menkulum
bibirnya
seperti mulutnya kelinci,
waktu itu saya agak khawatir dg perubahan yg tiba2  , sampai   orang tua
temanya  di sekolah juga bertanya-tanya ,kenapa daffa ?? koq mulutnya
jadi
suka ngikutin mulutnya kelinci.
akhirnya saya coba ajak bicara daffa..... saya tanyakan kenapa dg
mulutnya
,,, gatel ??  ternyata ngga juga,,, dia malah tertawa,,,, malah dia
bilang "
emang daffa ikutin  kelinci daffa... kan kalo makan mulutnya kaya gini
mah "
untuk merubah kebiasaan yg baru saja tercipta itu ,,,,,, saya mencoba
untuk
membuat dia lupa untuk mengkulum bibirnya ,,, jadi setiap dia mulai
mengkulum ... saya ajak dia bercerita,,, bermain ... dsb... ( tentunya
pengasuhnya pun saya beritahu).
dan sekarang daffa ga pernah  mengkulum bibirnya lagi.
kesimpulannya ... anak kecil senang meniru ...dan lingkungan terdekat
adalah
media yg sangat mudah untuk dia tiru. so .... tugas kita sebagai orang
tua
untuk mengarahkannya.
mudah-mudahan  pengalaman saya bisa bermanfaat .....
salam
yulie