sedikit nambahin cerita kunjungan kita disana,

aku bawa reva (21 bulan) krn kata dsanya bagus untuk dipakai kesempatan biar
reva belajar sosialisasi dan menyantuni anak dan bayi seumurnya.

tapi jadi kasihan juga sama anak anak umur 2 - 4 tahun disana, waktu acara
ultah mbak dewi, mereka bengong walaupun sambil nyanyi, mereka keliatan
banget pengen seperti reva yang nyender ke aku, mungkin mereka pengen ada
bunda juga kali ya?

waktu acara mbak dewi itu, kakak dan iparku nangis terisak apalagi disitu
ada anak perempuan yg mestinya seumuran dgn almarhum anaknya.

anak anak itu ada yg menyambut reva dengan ramah dan mengajak reva main,
sayang reva masih kurang sosialisasinya.
ada juga yang berani dan membuat reva takut alias pelotot pelotan dengan
reva.

waktu acara pembagian parcel dari mbak dewi, reva sempet bantuin bagiin 2 -
3 anak tapi lama lama jadi rebutan trus reva aku tarik dan pindah ke tempat
baby.

di tempat baby, reva seneng banget, aku sengaja nggak ikutan gendong, krn
takut reva iri, soalnya lihat om dan tantenya gendong bayi aja dia sempet
iri, tapi sih dikasih penjelasan bisa. aku bilang "biarin sayang kasihan
adik tidak punya ayah bunda nggak ada yg gendong"

di tempat bayi ini aku melihat beberapa anak biru di punggung, bokong,
tangan, entahlah tanda atau apa, yang pasti ada satu baby waktu ditidurkan
ditepok tepok bukan ditepuk ya ditepuk kan lebih lembut, makanya langsung
diambil alih sama iparku.
mungkin karena pengasuhnya kurang sih ya baby segitu banyak pengasuhnya cuma
ada  2 - 3 dan saat itu satu.
angkat anak pun cuma satu tangan trus aku tanya ke pengasuhnya, mbak apa
nggak sakit kalau diangkat gitu, trus kata dia ya biar nggak manja.
minum susu, diganjal pakai guling, trus tuh botolnya lepas, dan mungkin krn
masih haus, dia ngedot jempol, untung aku liat dan aku ajari dia untuk
genggam botolnya.

reva dan aku ajak bayi (dibawah 12 bulan) untuk komunikasi, lucu deh mereka
seneng banget bahkan ada yg dengerin dengan muka serius waktu aku bilang yg
mandiri ya sayang hati hati jangan bikin ibu panti repot biar nggak galak
hehehe jd provokator deh aku.

salam

bunda reva