begini mbak,

kalau obat racikan, biasanya terdiri atas lebih dari 3 jenis obat,
trus digerus.

dari segi jumlah obatnya aja, biasanya suka berlebihan.
dari metodenya aja (digerus), sudah menyalahi aturan yang dapat
mengurangi efektivitas/kinerja si obat. pada saat riset, si obat kan
diteliti bukan dalam keadaan digerus begitu.

u/ radang tenggorokan, kebanyakan penyebabnya virus. andaikata karena
bakteri, kudu dibuktikan terlebih dahulu dengan cara usap tenggorokan.
kalau terbukti kena bakteri, baru deh diobati dengan antibiotika ;)
jangan dibalik.

maksud lainnya adalah, u/ obat, at least kita tahu isinya apa dan
kegunaannya apa. kalu anak kita cuma sakit batuk tapi terus dikasih
obat mahahebat yang sebenarnya u/ asma, dan punya efek buruk ke hati,
apa kita tega?

just my 200 rups..