All,

Mau sharing aja kelanjutan dari email dibawah ini.

Kemaren sabtu, saya ke JEC (Jakarta Eye Center di Menteng).
Karin (1thn) diperiksa karena mata kanannya juling kalo ngeliat jauh.

Dokter memeriksa kornea mata.
Juga menggunakan senter, digoyang kiri kanan.

Hasil :
Tidak ada kelainan pada korena, semisal katarak anak
Mata masih menangkap/mengikuti gerak cahaya pada senter.

Menurut dokter, bayi dibawah 3-4 thn, amat normal memiliki mata juling.
Selama tidak ada kelainan kornea, dan keganjilan lain, semuanya masih
dianggap normal.

Pada bayi, terkadang jarak antar mata masih jauh krn batang hidung belum
naik sempurna.
Kelopak mata juga belum terbentuk sempurna.
Bentuk / lengkung kornea mata juga belum sempurna, sehingga kadang titik
cahaya jatuh dibelakang saraf (?).
Saraf mata bayi juga belum berkembang sempurna (saraf mata anak dapat terus
berkembang hingga anak berusia 9 thn)

Jadi Karin tidak diberi obat / therapy apapun.
Seiring pertumbuhan mata akan menjadi baik.

Segitu aja share dari saya.
Semoga membantu

Makasih
Juli