  From: Rivaldi
  To: [EMAIL PROTECTED]
  Sent: Tuesday, October 14, 2003 6:15 PM
  Subject: Re: [balita-anda] Test Mantoux

  Ini memang dilematis Bu, saya bayangkan pembantunya sudah cukup tua (agak
  sulit mengerti masalah kesehatan) kalau memang sudah sangat dekat setelah
  periksa dan positif TB, kasih tahu saja baik-baik bahwa TB itu biasa, bisa
  diobati tapi bisa menular, syukur2 kalau ybs mau pakai masker smentara selam
  6~9 bulan. Dibujuk saja supaya mau pakai masker dalam rumah, mungkin dengan
  alasan membantu proses penyembuhan.
  Juga jangan lupa kalau ybs positif TB-aktif, berarti orang serumah mudah
  saja tertulari sebelumnya, semuanya harus diperiksa