klo yg bebrapa hari di-fwdkan dari berita th 1999
 artikel yang ada di
 http://www.mail-archive.com/[EMAIL PROTECTED]/msg03057.html
 (th 1999)
 ini isinya..

menurutkukurang relevan dg skrg..:-)

smoga pemerintah bs tegas nanggapi smua ini yaaaaaaa

 [balita-anda] info susu aman dikonsumsi

 Anonymous
 Thu, 17 Jun 1999 22:06:11 -0700

 Jumat, 18 Juni 1999

 Produk Susu Dalam Negeri Aman

 Jakarta, Kompas
 Dirjen Pengawasan Obat dan Makanan (POM) Departemen Kesehatan Drs Sampurno
 MBA hari Kamis (17/6), mengumumkan produk makanan yang dilarang, diamankan
 sementara, dan yang aman dikonsumsi (lihat tabel). Ia juga menegaskan,
 semua
 produk susu yang diproduksi di dalam negeri tak terkontaminasi dioksin dan
 aman dikonsumsi. Pada kesempatan terpisah, Kedubes Perancis lewat Atase
 Perdagangan Francois Sporrer menyatakan, semua produk makanan dari
 Perancis
 dijamin bebas dioksin. Pihaknya juga telah mengirim surat resmi Konselor
 Ekonomi dan Perdagangan Kedubes Perancis Jacques Dumasy yang ditujukan
 kepada Dirjen POM Sampurno berisi penjelasan mengenai keamanan produk
 ekspor
 negaranya.

 Sporrer menjelaskan, sejak 1994 Perancis menerapkan standar prosedur untuk
 memastikan setiap produk makanannya bebas dioksin. Ketika kasus dioksin
 merebak di Belgia, Perancis langsung melarang penjualan produk dari
 peternakan Perancis yang mendapat suplai dari Belgia sampai ada hasil
 analisis dari instansi berwenang. Hasil awal menunjukkan hewan maupun
 produknya tak terkontaminasi dioksin.

 Produk yang dipasarkan di Indonesia sama dengan yang dipasarkan di
 Perancis
 dan negara Eropa lain. Jadi produk makanan dari Perancis yang diumumkan
 Depkes masuk daftar A dan B sebenarnya sudah dijamin aman dan bebas
 dioksin.

 Hal serupa juga dikemukakan Direktur PT Daya Cipta Sempurna Norman Chen,
 importir produk-produk Elle & Vire, bahwa pihaknya sudah menyerahkan
 sertifikat bebas dioksin ke Ditjen POM Kamis pagi.

 Dalam pertemuan dengan wartawan, Sampurno yang didampingi Kepala
 Perwakilan
 WHO Indonesia Robert Kim Farley, menyatakan, produk susu yang
 diproduksi di
 dalam negeri aman dikonsumsi, karena bahan bakunya diimpor dari Australia,
 Selandia Baru, dan AS. Sementara dua industri susu yang mengimpor
 bahan dari
 Belanda- Nestle dan Abbot-juga sudah memberi jaminan bebas dioksin.

 Sampurno mengemukakan, produk impor daging, susu, telur dan hasil olahnya
 dan produk dalam negeri yang menggunakan bahan baku yang berasal dari
 Belgia
 setelah tanggal 19 Januari 1999 dilarang diedarkan atau digunakan
 sampai ada
 kejelasan mengenai kasus ini yang diakui secara internasional.

 Sedangkan produk impor daging, susu, telur dan hasil olahnya dan produk
 dalam negeri yang menggunakan bahan baku dari Perancis, Belanda dan Jerman
 sesudah tanggal 19 Januari 1999 dan belum dapat memberikan sertifikat
 tidak
 tercemar dioksin diamankan sementara dari peredaran.

 Operasi pasar

 Menurut Sampurno, jajaran POM telah melakukan operasi pasar untuk meneliti
 cemaran dioksin pada produk makanan yang beredar di Indonesia. Sejauh ini
 hasilnya negatif. Yang diuji adalah kandungan organokhlor, karena dioksin
 termasuk kelompok senyawa itu.

 "Jika organokhlor negatif berarti dioksinnya juga negatif. Kalau positif,
 produk akan diamankan sampai terbukti bukan dioksin. Namun demikian pada
 prinsipnya keberadaan senyawa organokhlor dalam makanan tidak diizinkan,"
 katanya.

 Kantor Wilayah Depkes Propinsi Jawa Barat yang berkedudukan di Bandung
 misalnya, kini tengah menguji produk yang dicurigai tercemar dioksin.
 Kepala
 Kantor Wilayah Depkes Jawa Barat dr Adnan Mahmoed mengatakan,
 produk-produk
 yang berdasarkan pengumuman Dirjen POM dilarang atau diamankan sementara,
 kini dilacak di setiap toko dan swalayan.

 Bila ditemukan, pemilik toko dan swalayan diminta menggudangkannya untuk
 sementara. Setelah ada sertifikat sebagai legalitas dari pemerintah negara
 yang mengimpor bahan baku makanan bahwa bahan makanan tersebut tidak
 mengandung dioksin, barang itu baru boleh dijual kembali.

 Yang perlu diwaspadai, sebenarnya sumber dioksin sejak lama ada di tengah
 masyarakat. Letusan gunung berapi, asap kebakaran hutan, limbah
 khlorin dari
 pabrik kertas, DDT mengandung senyawa kelompok dioksin. (atk/pin)

 Daftar A: Produk Daging,
 Susu, Telur dan Hasil Olahnya Yang Dilarang
 No. Nama Dagang Jenis Produk Negara Asal
 1. Elle & Vire Skim Milk UHT rasa vanila Belgia/Perancis
 2. Elle & Vire Skim Milk UHT rasa strawberry Belgia/Perancis
 3. Elle & Vire Skim Milk UHT rasa cokelat Belgia/Perancis
 4. Elle & Vire Skim Milk UHT natural Belgia/Perancis
 5. Magnum Ice Cream Belgia (Milk Fat)

 Daftar B: Produk Daging, Susu, Telur
 dan Hasil Olahnya Yang diamankan Sementara
 No. Nama Dagang Jenis Produk Negara Asal
 1. Campina Dutch Breda Butter Belanda
 2. De Hollandsche Boerin Keju Belanda
 3. Pregestimil Susu Bubuk Belanda
 4. Breda Mentega Belanda
 5. Pere de Du Tomato Daging ayam olahan Perancis
 6. Pere de Du Fillet Cordon Daging ayam olahan Perancis
 7. Pere de Du Nugets Daging ayam olahan Perancis
 8. Perc de Du Drum Sticks Daging ayam olahan Perancis
 9. Maya Brand Corned Beef Perancis
 10. ABC Corned Beef Corned Beef Perancis
 11. President Emmental ex France Keju Perancis
 12. President Creme Liquide UHT Perancis
 13. President Butter Perancis
 14. President Butter salted batangan Perancis
 15. President Butter unsalted Perancis
 16. Elle & Vire Skimmed milk Perancis
 17. Elle & Vire French Butter Perancis
 18. Elle & Vire Spredable butter Perancis
 19. Elle & Vire French Butter Perancis
 20. Elle & Vire Cheese spread Perancis
 21. Elle & Vire Cheese Perancis
 22. Suny Boy Full Cream Milk Powder Perancis
 23. Suny Boy Susu UHT Perancis
 24. Plumrose Chicken Hot Dog Jerman

 Daftar C: Produk Susu Dalam Negeri
 Yang Aman Untuk Digunakan
 No. Nama Barang Jenis Produk
 1. Frisian Flag Susu Bubuk Full Cream
 2. Kompleta Susu Kental Manis
 3. Caleimex Susu Rendah Lemak
 4. Dutch Lady Susu Cair
 5. Susu Bendera 123 Susu Pertumbuhan
 6. Susu Bendera Yes! Susu Cair
 7. Susu Bendera SKM Susu Kental Manis
 8. Enaak Susu Kental Manis
 9. Indomilk Susu Kental Manis
 10. Indomilk Susu Pasteurisasi
 11. Indomilk Susu Evaporasi
 12. Kremer Krim Kental Manis
 13. Tiga Sapi Krim Kental Manis
 14. Tiga Sapi Susu Bubuk
 15. Sustagen Susu Bubuk
 16. Enfapro Susu Formula Lanjutan
 17. Enfragrow Susu Pertumbuhan
 18. Enfamil Susu Bayi
 19. Bebelac 1 Susu Bayi
 20. Bebelac 2 Susu Formula Lanjutan
 21. Delilac Susu Pertumbuhan
 22. Tropicana Slim Susu Bubuk
 23. Nutrifood Susu Bubuk Instan
 24. Nutrifood WRP Susu
 25. Promina Susu Bubuk
 26. Sun Susu Bubuk
 27. SMA Susu Bayi
 28. S-26 Susu Bayi
 29. Promil Susu Formula Lanjutan
 30. Procal Susu Pertumbuhan
 31. Enercal Susu
 32. Nursoy Susu Formula Khusus
 33. Bear Brand Susu Steril Cair
 34. Cap Nona Susu Kental Manis
 35. Cap Nona Susu Evaporasi
 36. Carnation Susu Bubuk
 37. Carnation Susu Evaporasi Cair
 38. Dancow Susu Bubuk
 39. Dancow Susu Beraroma
 40. Dancow Balita Susu Pertumbuhan
 41. Lactogen 1 Susu Bayi
 42. Lactogen 2 Susu Formula Lanjutan
 43. Milkmaid Susu
 44. Anlene Susu Bubuk
 45. Nan Susu Bayi
 46. Anchor Susu Bubuk Full Cream
 47. Birch Tree Susu Beraroma
 48. Dumes Mames Susu Bayi
 49. FMC Powder Susu Bubuk Full Cream
 50. Indokilin Susu Bubuk Full Cream
 51. Kilimas Susu Beraroma
 52. LLM Susu Formula Khusus
 53. Milco Susu Beraroma
 54. Nini Susu Bayi
 55. Sari Husada Susu Bubuk Full Cream
 56. SGM Susu Bayi
 57. Vitalac Susu Bayi
 58. Ultra Susu UHT
 Sumber: Ditjen POM Depkes

rusmina <[EMAIL PROTECTED]> wrote: anehnya; koq yg ditarik ama pemerintah koq
produk import yg bbrp hr yg
lalu aku forwadkan itu ya?
yg benar yg mana sih??
jadi makin resah ya

dini wrote:
> Hai Mba,
>
> Aku pas dapet berita ini juga kaget banget, masalahnya di situ
> tercantum susu produk W***H...dan anak aku pake yang produk itu tp
> bukan susu yang tercantum disitu....tapi berita ini bener2 bikin aku
> pusing juga...kalo mau ASI sepertinya dah ga mungkin karena anak aku
> umurnya hampir 2 tahun...bener2 berita yang bikin shock
> banget...mudah2an smuanya bisa di jelaskan lebih detail lagi, kesannya
> kok info seperti ini di tutupi ya...
>
> -Dini Maretna-

Regards,
Uci mamaKavin+Ija
http://oetjipop.multiply.com

Bergabunglah dengan orang-orang yang berwawasan, di bidang Anda di Yahoo!
Answers

Kirim email ke