----- Pesan Asli ----
Dari: uci momkavin+ija <[EMAIL PROTECTED]>
Kepada: balita-anda@balita-anda.com
Terkirim: Jumat, 14 Maret, 2008 09:19:46
Topik: [balita-anda] Balasan: Re: [balita-anda] Dukung Petisi "Tinjau Kembali
Tayangan Idola Cilik di RCTI dan Tayangan-tayangan yang Tidak Sesuai dengan
Usia Anak di Televisi Nasional"

lagu2nya tu lhoooo
ga pas buat anak2... krn kebanyakan lagu2 org dewasa yg dinyanyikan anak..

ini isi petisinya

To:  Rajawali Citra Televisi Indonesia, KPAI dan semua stasiun TV di Indonesia
Saat ini Stasiun Televisi RCTI menayangkan program "Idola Cilik" setiap hari
dalam seminggu. Sesuai dengan nama program, acara kontes menyanyi ini ditujukan
bagi anak-anak. Tayangan yang secara esensi sebetulnya bagus untuk anak-anak
mendapatkan hiburan, sekaligus pengetahuan, nilai-nilai dan perjuangan hidup.
Namun sangat disayangkan acara ini kerap dikemas dalam format yang tidak sesuai
untuk anak-anak. Para calon idola cilik justru menyanyikan lagu-lagu dewasa.
Begitu juga dengan penampilan kontestan yang tidak ada bedanya dengan artis
dewasa, terkesan imitasi dan polesan. Bintang tamu yang ditampilkan, hampir
semua adalah artis dewasa yang menyanyikan lagu-lagu dewasa dan sangat tidak
cocok menjadi suguhan tontonan bagi anak-anak.

Hal di atas menimbulkan keprihatinan banyak pihak khususnya orang tua. Saat
"Idola Cilik" tersedia sebagai program acara yang sebenarnya baik bagi
anak-anak -di antara banyaknya tayangan bagi usia dewasa - program tersebut
ternyata tetap saja tidak mendukung perkembangan anak sesuai dengan usianya.
Pemilihan lagu dewasa dengan lirik yang belum tentu mereka paham maksudnya,
seolah menjadi sah saja di acara ini. Seperti tidak ada persyaratan dalam
pemilihan materi lagu. Pada akhirnya dapat dikatakan bahwa ini adalah sebuah
bentuk eksploitasi terhadap anak-anak, untuk mencari keuntungan dari acara yang
diminati banyak orang.

Untuk itu kami, orangtua yang peduli, mengajak para orang tua dan semua pihak
yang peduli pada pendidikan dan tumbuh kembang anak Indonesia, untuk
menandatangani petisi:

1. Mendesak RCTI untuk meninjau kembali program acara "Idola Cilik" menjadi
program hiburan yang layak tonton sesuai dengan perkembangan pengetahuan dan
jiwa kanak-kanak.

2. Mendesak produser acara Idola Cilik di RCTI meninjau kembali konsep acara,
terutama dalam pemilihan materi lagu, sehingga melalui lagu dan keseluruhan
acara, penonton cilik dapat memperoleh pengetahuan dan pengayaan jiwa sesuai
dengan usia mereka.

3. Mendesak Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dan lembaga-lembaga
terkait pada perlindungan hak asasi anak, untuk lebih responsif pada penayangan
atau penyiaran acara-acara yang ditujukan untuk anak-anak.

4. Menghimbau semua stasiun televisi di Indonesia untuk tidak semata-mata
mengutamakan keuntungan, tetapi memperhatikan hak asasi anak mendapatkan
tontonan yang sesuai dengan usia dan perkembangan jiwa kanak-kanak.

5. Menghimbau seluruh media massa di Indonesia untuk lebih mengeksplorasi
lagu-lagu kanak-kanak klasik dan lagu-lagu daerah di tanah air, sebagai usaha
melestarikan budaya Indonesia.

6. Menghimbau kepada para orang tua untuk lebih selektif dalam mengikutsertakan
putra-putrinya dalam sebuah program acara di media massa. Orangtua dihimbau
untuk memilih program acara, mengikuti perlombaan atau audisi yang memiliki
aturan jelas dan sesuai dengan perkembangan usia kanak-kanak.

Semoga petisi ini menjadi satu awal bangkitnya kesadaran media massa,
lembaga-lembaga terkait dan orangtua, bahwa selayaknya anak-anak menjadi pelaku
hiburan dan penikmat hiburan dari tayangan yang memang pantas untuk usia
mereka.

boedoet <[EMAIL PROTECTED]> wrote: omong2...
idola cilik kenapa ya?
gua tiap hari nonton kayaknay gak ada tuh yg goyang2 sensual?

--
Intan Dima
http://muslimahjelita.multiply.com (jilbab dan busana cantik)

Atau silahkan japri untuk melihat katalog terbaru (saat ini hanya ada
katalog jilbab dan busana).

Regards,
Uci mamaKavin+Ija
http://oetjipop.multiply.com

Bergabunglah dengan orang-orang yang berwawasan, di di bidang Anda! Kunjungi
Yahoo! Answers saat ini juga di http://id.answers.yahoo.com/

Kirim email ke