Ceu... punten nya
Yang selama ini saya ketahui kalo paru2 basah itu adalah Pneumonia (long
ontsteking)?, orang sering bilang nya adalah radang paru-paru atau paru-paru
basah
Kalo Tuberkulosis (TBC atau TB) adalah suatu penyakit infeksi yang
disebabkan oleh bakteri Mikobakterium tuberkulosa
Kalo bronchitis menurut saya tdk ada hubungan dengan paru2 tetapi hubungan
dengan saluran pernafasan

Tuberkulosis dan bronchitis adalah 2 mahluk yang berbeda sekali begitu juga
dengan pneumonia

Back to paru2 basah...

http://id.wikipedia.org/wiki/Pneumonia
Pneumonia adalah sebuah penyakit pada paru-paru di mana pulmonary alveolus
(alveoli) yang bertanggung jawab menyerap oksigen dari atmosfer menjadi
"inflame" dan terisi oleh cairan. Pneumonia dapat disebabkan oleh beberapa
penyebab, termasuk infeksi oleh bakteria, virus, jamur, atau parasit.
Pneumonia dapat juga disebabkan oleh iritasi kimia atau fisik dari paru-paru
atau sebagai akibat dari penyakit lainnya, seperti kanker paru-paru atau
terlalu banyak minum alkohol.

Gejala yang berhubungan dengan pneumonia termasuk batuk, sakit dada, demam,
dan kesulitan bernafas. Alat diagnosa termasuk sinar-x dan pemeriksaan
sputum. Perawatan tergantung dari penyebab pneumonia; pneumonia disebabkan
bakteri dirawat dengan antibiotik

Kalo menurut saya, karena penyebab penumonia ini adalah bakteri, virus dan
beberapa organism lain nya (jamur dan parasit) maka bisa jadi si penyebab
nya ini tumbuh di alat yang dipakai dan akhirnya menyerang tubuh kita, efek
nya tidak akan saat kita memakai alat, tetapi bisa belakangan dan juga
tergantung dari kondisi fisik.

Kalo penumonia pada bayi bisa saja terjadi, ini kalo kasusnya berawal dari
pecahnya ketuban sebelum waktu nya yang menyebab kan infeksi pada cairan
ketuban, nah si janin kan terendam di cairan ketuban yang terinfeksi dan
terhirup deh, ujung2 nya masuk ke dalam paru2 bayi.

Rgds,
Rahman