Mba,

Untuk fiskal, gratis sampe anak umur 12 thn. Ngurus di loket bebas fiskal
dulu, ngisi formulir dan siapin foto copy paspor anak dari rumah.

Untuk imunisasi, bisa ditanyakan di embassy saat ngurus visa. Selama ini sih
kalo priode travellingnya engga lama, ga perlu vaksin macem2. Kecuali kalo
berniat jalan ke negara endemik tertentu.

Saya pribadi sih ngerasa lebih safe ngajak anak travelling setelah imunisasi
dasarnya komplit, sudah MMR dan Hepatitis B.

Melisa