Dear moms,

Karena penasaran, bbrp waktu yl saya nanya ke milis tetangga ttg vaksin MMR ini.

Emailnya saya bagi jadi 2.  Semoga berguna buat semua

Salam

Mama Dhira

Ibu Rina,

Memang ada kontroversi tentang MMR ini. Bermula dari laporan di Inggris

sekitar tahun 1998, tentang korelasinya dengan kejadian autisme. Dari

kajian, didapatkan dugaan rantai penghubungnya adalan Thimerosal (atau

Thiomersal). Zat ini diperlukan pada vaksinasi gabungan yang mengandung

virus hidup, untuk mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri. Pada vaksinasi

tipe tunggal, thimerosal tidak diperlukan. Sekarang memang banyak

dikembangkan vaksin gabungan, didasari keprihatinan seringnya bayi harus

mendapat suntikan pada penggunaan vaksinasi terpisah.

Tetapi sebenarnya, apakah thimerosal benar-benar bermasalah, masih menjadi

kontroversi. Bila dilihat dari standar FDA dan WHO, kandungan thimerosal

pada vaksin MMR masih di bawah ambang. Indonesia sendiri menetapkan standar

ini pada 0,005-0,01% sebagai batas aman.

Begitupun, beberapa negara seperti USA berusaha mengembangkan vaksin tanpa

thimerosal. Hal ini bisa dihindari dengan bentuk vaksin yang single-dose.

Laporan terakhir dari American College of Preventive Medicine menyimpulkan

tidak cukup data untuk menerima atau pun menolak hipotesis hubungan antara

paparan thimerosal pada vaksin dengan kejadian autisme karena bukti-bukti

yang ada masih meragukan.

Dugaan lain, yang sebenarnya terjadi bukan autisme, tetapi gangguan

pencernaan oleh asupan virus hidup campak dari vaksin MMR, dimana gangguan

ini sama dengan yang terjadi pada autisme, sehingga dianggap terjadi

autisme. IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) berpendapat, hal ini yang

terjadi. Tetapi kalau di Indonesia, karena pada usia 9 bulan sudah

mendapatkan vaksin campak, maka ada baiknya memang vaksinasi MMR

ditangguhkan. Di Barat, pemberian MMR pertama kali usia 12 bulan. Autisme

sendiri biasa mulai muncul tandanya pada usia 2-3 tahun, sehingga ada

beberapa dokter di Indonesia lebih suka menunda MMR sampai setelah usia

tersebut, toh sudah mendapatkan vaksin campak pada usia 9 bulan.

Sementara nasehat pemberian terpisah, itu juga ada baiknya, dengan komponen

: Morbili (campak seperti pada yang usia 9 bulan), Measles (cacar air) dan

Rubella. Tentang nama produk, wadhuh maaf, saya malah kurang mengikuti

perkembangan di Indonesia. Coba tanyakan ke dokter Anda.

Saya sudah upload paparan yang lebih mendetail tentang thimerosal ini di

Files-nya [EMAIL PROTECTED] (atau klik di bawah yang memiliki

YahooID).

Semoga bermanfaat,

Tonang