From: Prita Dewi [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Monday, October 20, 2003 7:55 AM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: RE: [balita-anda] Keterlambatan Bicara

Pagi Mamanya Aditya,

Saya juga 'agak'senasib nih...anak saya Raysha 11 bulan juga belum bisa
omong banyak, paling Cuma 'papa, mama, nggak' dan terus terang emang
agak cemas juga sih. Kakak sepupunya waktu umur setahun sudah kami
juluki si beo, karena bisa bicara dengan vocab yang banyak.

Tapi... Hari Sabtu kemarin saya agak lega karena nemu sebuah artikel di
web - www.aakku.net/artikel/ggnkomunikasi.html .
Disitu ada tabel sederhana ttg tanda bahaya gangguan komunikasi. Saya
cupilkkan sedikit ya:
12-15 bulan:
- 12 bulan belum menunjukkan mimik
- 12 bulan belum mampu mengeluarkan suara
- 12 bulan tidak menunjukkan usaha berkomunikasi bila membutuhkan
sesuatu
- 15 bulan belum bisa memahami arti 'tidak boleh' atau 'daag'
- 15 bulan tidak memperlihatkan 6 mimik yang berbeda
- 15 bulan belum mengucapkan 1-3 kata