Assalamualaykum..

Sebelumnya mohon maaf jika mungkin yang saya pernah pelajari & dapatkan
sedikit berbeda,
tidak untuk diperdebatkan (karena saya takut kurang ilmu) melainkan sebuah
wacana agar kita lebih bersemangat tuk mencari ilmu diin.

Dalam ilmu hadits, setiap hadits dihukumi shahih, hasan atau dhoif dengan
pertimbangan yang sangat2 ketat, termasuk didalamnya salah satu ilmu yakni
ilmu al jarh wa ta'dil yang digunakan untuk mempelajari cacat&meluruskan
para perawi yang ada dalam sanad sebuah hadits.

Di negara kita banyak sekali hadits2 populer, bahkan laris manis namun jika
kita pelajari lebih jauh dan lebih dalam (dengan rujukan dari sumber2 yg
shahih tentunya) ternyata ada yg lemah, termasuk hadits doa sebelum makan
ini. Berikut :

Derajat hadits ini dhoif karena salah satu perowi hadist ini didalamnya
yakni Muhammad bin Abi Az Zu'aizi'ah, telah berkata Imam Bukhari dan Imam
Abu Hatim tentangnya "MUNGKARUL HADITS JIDDAN (sangat mungkarul hadits)."

Hadits tentang doa sebelum makan yang cukup kuat salah satunya adalah :

"Apabila salah seorang diantara kalian hendak makan, maka ucapkanlah:
'Bismilah.' Dan jika ia lupa untuk mengucapkan Bismillah di awal makan, maka
hendaklah ia mengucapkan 'Bismillahi Awwalahu wa Aakhirahu (dengan menyebut
nama
Allah di awal dan diakhirnya).'" (HR. Daud Dishohihkan oleh Syaikh Al Albani
dalam Shohih Ibnu Majah: 3264)

Wallohu'alam bishshowwab.

Mohon maaf bila ada yang tak berkenan.

Wassalam