Japri pa jalum ya?
jalum aja d..just in case ada yang butuh..
aku 4 bulanan yang lalu bikin di imigrasi jaktim buat farel (6 bulan..waktu
itu). Bikin sendiri nggak pake calo..harga asli 275 rb..tapi kepalak juga
ama oknum di imigrasi 100 rb, jadi total 375 rb.

hari 1 pas mo berangkat kantor,
beli formulir di fotocopyan deket kantin. Bukanya jam 8'an kalo niat dah
dilengkapin semua dokumennya bisa langsung masukin ke loket. kalo aku
sih..besoknya lagi, males fotocopy disitu..oh ya..tanyain form untuk
anak..kalo nggak ditanyain orangnya diem aja..
form surat pernyataan anak yang harus ditanda tangani ke-2 ortu diatas
materai..

hari 2..(kudu cuti 1/2 hari..)
siapkan berkas foto copy'an semuanya (akte lahir, KK, KTP ortu, surat nikah,
paspor ortu,)..tunggu loket buka, masukkan berkas..tunggu lagi..
dan eng ing eng..oknumnya muncul dari loket t4 kita masukin berkas :
'mau ngurus anak ya bu?
iya pak..
biaya adminnya 100 ribu?
oh oke deh..
untuk apa ya pak? bisa minta tanda terima?
buat ngurus didalem bu..buat ngadep pak XXX (ane lupa namanya..), nggak bisa
pake tanda terima..
Yahh kok gitu sih pak..mahal banget..50 ribu aja deh..
nggak bisa bu
(akhirnya bayar 100 rb dah..)
setelah mbayar, kita dikasih map yang sama, terus masuk ke dalem nyari pak
xxx itu..celingak-celinguk ketemu..duduk adep2an terus ditanya deh..bikin
paspor buat siapa? buat anak saya pak..si bapak buka2 map, balikin ke gue
lagi..terus gue suruh masukin lagi di loket 3.
di loket tiga dapet jadwal n form harus balik foto n wawancara tanggal
sekian

hari foto (cuti 1/2) hari lagi
dateng sepagi mungkin..7.30 dah nongkrong...bayar di loket pembayaran. (275
rb).pas mbayar itu berkas gue yang di loket tiga nyempil..harus nagih terus
supaya bisa nyampe ke kasir. Udah mbayar..dari loket kasir, kita +berkas
masuk ke t4 foto n wawancara. Dulu aku langsung wawancara..nggak ada sistem
antrian. Berkas ditumpuk di t4 petugas yang wawancara. sebaiknya pas
wawancara ortu dateng semua, biar nggak susah. Abis wawancara foto
deh..lagi-lagi nggak ada sistem antrian, berdasarkan belas kasihan petuganya
aja..kalo ada anak bayi ngantri.
Jam 10.30 selesai deh...dikasih tanggal pengambilan paspor

hari ambil paspor (kagak usah cuti)
jam 8 loket buka di loket 7/8..antri aja di situ..sepi kalo pagi..abis dapet
disuruh fotocopy terus dibalikin deh ke loket yang sama..

Selesai..
tips : ngurusnya jangan senin or jum'at ..rame bo'!!!

*sori kalo ribet..panjang bener nih..tipsnya..*

Pada tanggal 26/05/08, 2Fa <[EMAIL PROTECTED]> menulis:

> maaf, nanya lagi-lagi ttg buat paspor balita.
>
> ada yg pernah buat paspor anak di imigrasi jakarta timur gak? share dong..
> lama n ribet gak?
> mo bikin utk fasha (2thn), biayanya berapa ya?
> Niatnya siy ngurus sendiri, gak pk calo or dr travel, tapi takut
> ribet. Sebenernya dulu pernah bikin utk kakaknya jg disitu, tpi dibantuin
> sm
> temen bokap orng migrasi jd prosesnya cepet bgt hehe
>
> japri jg boleh, thx b4

Kirim email ke