Hi mbak Elly,

Selamat atas kehamilannya, mbak ...
(wah, seneng deh nambah lagi member 'mom of 3' nya) :)

Ini sih hanya sekadar pendapat pribadi aja ya, mbak.  Menurut saya, lebih
lama janin dalam kandungan (dengan catatan: tidak ada sifat emergency, bukan
kehamilan kembar/kehamilan bermasalah, dan tetap punya batas maksimal 41
mingguan gestasi), lebih baik.

Mostly artikel/informasi kesehatan merujuk istilah bayi prematur adalah bayi
yang dilahirkan sebelum usia kandungan 37 minggu.  Dan kelihatannya,
parameter 'prematur' di sini bukan hanya BB janin, tapi kematangan organ
tubuh, kesiapan untuk hidup 'berpisah' dari tali pusar ibunya, dll.

Memang biasanya ada SOP pemberian corticosteroid untuk pematangan paru2
janin (organ yang paling terakhir 'mature') kalau persalinan harus dilakukan
sebelum waktunya, dan umumnya memang akan berjalan dengan baik asal timing
dan dosisnya tepat sesuai kondisi sang ibu hamil.

Mungkin untuk kasus mbak Elly, karena memang treatment caesar mbak
dijadwalkan (bukan emergency), pertimbangkan matang2 apa memang usia
kandungan sekarang memang akurat (mis. hasil perhitungan dari USG cukup
sesuai dengan hasil perhitungan manual dari tanggal pertama haid terakhir
mbak sebelum hamil, juga kondisi fisik lainnya).  Ini hanya untuk make sure
bahwa janin benar2 matang dan siap dilahirkan.

Jadi ingat waktu hamil Rena usia kandungan 35 minggu saya sempat dirawat di
RS 2 hari karena mengalami kontraksi dini.  BB janin sudah cukup besar
(memang akhirnya dia lahir dengan BB: 3.852kg ;)).  Waktu itu benar2 selalu
berdoa supaya Rena tetap bisa bertahan dalam kandungan hingga usia term, dan
kerasa banget ... ngalamin nambah 1 hari yang berarti nambah waktu 1 hari
Rena dalam kandungan was really priceless ... :)
Bersyukur, akhirnya dia lahir via persalinan normal di usia kandungan 40
minggu 2 hari.

Anyway, very best wishes untuk persalinannya nanti ya, mbak :)

cheers,
Sylvia - mum to Jovan, Rena & Aleta

Kirim email ke