bantu dg diskusi di milis _sehat_ yaa

---------- Forwarded message ----------
From: Laily Faizah <[EMAIL PROTECTED]>
Date: Jul 10, 2007 8:33 AM
Subject: RE: [sehat] Repost artikel was hidung berdarah plz help
To: [EMAIL PROTECTED]

  Hallo mba Irma ...

Aku coba bantu dgn summary artikel tentang mimisan yg pernah dikirim oleh
Bapaknya Ghozan yaa...
Smoga membantu dan ga khawatir lagi.

Wass,
Lely-Nayrazleen's mother (11&31mos)
1.dr. eka

mungkin ada suatu kelemahan dari pembuluh darah hidung (plexus nasalis)
atau ada penyakit darah? baiknya coba periksa darah perifer lengkap dulu
atau konsul ke spesialis THT. wass, eka

2.dr. agnes

Mimisan pada anak umumnya jarang yang serius, kecuali kalau diikuti
perdarahan lain seperti perdarahan gusi, atau perdarahan di bawah kulit.
Bisa juga jadi serius kalau mimisannya banyak sekali. Pada anak-anak,
mimisan biasanya sering terjadi karena udara yang kering, iritasi membrane
dalam hidung, atau kelembaban yang kurang, apalagi saat winter (di negara 4
musim). ISPA/ infeksi lainnya, serta alergi jg sering menyebabkan mimisan,
penyebabnya apa belum diketahui dengan pasti. Dan pada orang yg septum
hidungnya mengalami deviasi katanya cenderung jadi sering mengalami mimisan
ini.

Jadi kalau menurut saya, anak mbak mimisannya karena ISPA aja mbak. As long
as perdarahannya tidak banyak, sebetulnya bisa ditangani sendiri dirumah.
Caranya, dengan menekan hidung di bagian antara tulang keras dan tulang
rawan selama kurang lebih 5 sp 10 menit dengan posisi duduk, atau berbaring
tapi posisi kepala lebih tinggi. Selama itu si anak disuruh bernafas dengan
mulut. Lalu sebaiknya anak juga tidak disuruh menyemprotkan ingusnya, krn
akan mencetuskan lagi perdarahan. Biasanya perdarahan langsung berhenti.
Tapi kalau terus menerus ngucur darahnya harus ditangani lebih lanjut.

Anak temen saya disini, anaknya juga sering sekali mimisan, terutama kalau
sedang batuk pilek, sehari bisa 3 atau 4 kali dan cukup banyak. Untuk kasus
yang sering seperti ini biasanya diberi obat semprot untuk hidung berisi
decongestan/ cairan untuk mengurangi kekeringan dalam rongga hidung. Tapi
kalau mimisannya jarang ya cukup ditekan aja. Dan sampai sejauh ini anaknya
baik-baik aja. Bahkan saya pernah punya teman yang dari kecil sampai dewasa
tiap batuk pilek pasti mimisan terus dengan jumlah yang cukup banyak. Tapi
ya obatnya jg sama, dan memang kalau batuk pileknya sembuh juga mimisannya
berhenti.

Salam,

Agnes

3. dr. tonang

Spt disebutkan dr. Eka, ada jalinan pembuluh darah di hidung (plexus
nasalis) yang "istimewa" yaitu plexus kisselbach. Begitu tipisnya jaringan
ini, sehingga mudah pecah, dan terjadilah mimisan (epistaxis).

Betul sekali, 85% penyebab mimisan tidak diketahui. Beberapa hipotesis
muncul, terutama dikaitkan dengan sifat dari dinding pembuluh darah
(termasuk hipotesis inflammasi endothel yang begitu rumit, aku ya nggak
mudheng kok Agnes hehehe ....)

Penanganan spt disebutkan Ibu Agnes ini (hmm, hmm) biasanya mampu mengatasi
masalah, bila memang tidak ada penyebab yang spesifik (misalnya gangguan
perdarahan/koagulasi, sehingga dr Eka menyarankan pemeriksaan laboratorium
agar jelas masalahnya).

Perlu diketahui, ada dua tipe epistaxis : anterior (yg sering terjadi pada
kiesselbach, 90%) dan posterior (di bagian belakang hidung, nasofaring).

Tindakan penekanan/kompresi biasanya sudah ampuh untuk tipe anterior.
Sedangkan tipe posterior biasanya memerlukan bantuan dokter. Gampangnya
membedakan begini, yang anterior biasanya hanya terjadi pada 1 lubang
hidung, anak tidak merasakan adanya tetes darah menuju faring atau mulut
atau merasa menelan darah, kita tidak bisa melihat tetesan darah di
faring/belakang rongga mulut.

Kalau pada dua lubang hidung, anak mengatakan ada tetes darah di nasofaring
atau kita melihat adanya tetesan tersebut, mengarahkan ke tipe posterior.
Kalau terjadi yang posterior, ada baiknya dibawa ke dokter, karena cenderung
tidak berespon terhadap teknik kompresi.

Nenek kita punya kebiasaan mendongakkan kepala cucunya saat mimisan, ini
kurang tepat. Lebih tepat, posisi kepala justru dimajukan dan ditundukkan
agar darah mengalir lancar, tidak merangang anak untuk menyentakkan nafas di
hidungnya. Paling enak dengan duduk di kursi tapi membelakangi sehingga
kepala bisa diletakkan pada punggung kursi, atau kita pangku dengan sedikit
membungkuk. Ini agar darah tidak mengalir ke bagian belakang rongga hidung,
yang bisa sampai masuk ke saluran cerna atau saluran nafas.

Nenek juga punya kebiasaan memasukkan gulungan daun sirih. Ini bisa dipakai,
tunggu sekitar 5 menit, kemudian diambil. Saya menganjurkan, bila dengan
cara 5 menit ini belum berhenti, maka sebaiknya dibawa ke dokter agar jelas
apa yang terjadi.

Sekalian juga yang sering terjadi pada anak-anak adalah masuknya biji-bijian
makanan (sering terjadi pada hari-hari lebaran, natal atau tahun baru)
ataupun mainan ke lubang hidung. Kadang langsung diketahui, kadang sampai
tercium bau busuk dari hidung saking lama tidak ketahuan.

Kadang kalau biji itu kecil, bisa saja tiba-tiba masuk ke nasofaring, turun
kemudian dibatukkan oleh anak. Tetapi yang sering, biji itu cukup besar
sehingga bertahan di lubang hidung, menghambat pernafasannya.

Silakan dibawa ke dokter agar bisa segera ditangani. Beberapa tindakan orang
tua untuk mencoba mengeluarkan sendiri, justru berisiko makin mendorong
masuk ke lubang hidung. Ada teknik tersendiri yang sederhana tetapi efisien
untuk mengeluarkan benda asing di hidung ini.

--
tonang

belasalwafaiz <[EMAIL PROTECTED]> wrote: Anakku baru kali ini mba, sakit panas
terus mimisan
biasanya panas ya cuma panas aja...
makanya aku agak khawatir takutnya ada penyebab
lain yang bikin mimisan