iyaaa mba.. saya juga curiganya roseola.... krn pas hr jumatnya tuh udah mulai menyebar dilengannya keyzia n pas hr kamis saya juga sempet baca2x imel BA...

cuma.. krn saya kira dokter punya pendapat sendiri.. n yg penting ga dikasih obat macem2x.. cuma vit doang .. saya jadinya ga begitu mikirin... udah kecapean soalnya...:))

Miko Nasution
----- Original Message ----- From: "uci momkavin+ija" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <balita-anda@balita-anda.com>
Cc: <[EMAIL PROTECTED]>
Sent: Monday, June 16, 2008 10:17 AM
Subject: [balita-anda] Balasan: [balita-anda] keyzia kena virus akstangen??

Dear mba Miko...

Aku berusha brosing-in virusnya kok ga aa ya...

Klo dr yg aku baca bhw panas tinggi dulu baru kluar merah2nnya bs jadi kee arah roseola mbak...

aku kasih artikel yaaa
http://oetjipop.multiply.com/journal/item/330/ROSEOLA_INFANTUM-lah_biang_keladinyaa
ROSEOLA INFANTUM-lah biang keladinyaaApr 23, '08  9:30 AM
for everyone 2 minggu terakhir bertubi-tubi bat-pil menyerang seluruh penghuni rumah..

Di antara korban serangan batpil itu dd Ijalah yg paling kuat (dalam arti gak pake demam2an segala…)

t a p i

Sejak hari minggu 20 April sore lalu dd Ija (16 bln) demam juga ternyata..
Kali ini demamnya berat banget..malem2 pake rewel segala.. biasanya klo udah nenen kan brenti rewelnya tapi kali ini gak mau… nenen benataran trus nangis… minta gendong..udah digendong minta pijetan..hiksss mana sambil nangis segala…

Sampe tadi malem masih aja begitu…
malah semakin memuncak demam makin tinggi..
trus ga bisa tidur semaleman..maunya gendong sambi dipijitin..

Pagi tadi puji Tuhan demamnya udah mereda…
Dd Ija udah ceria lagi… malahan pagi2 dah minta bubur havermuth… trus minta baca buku segala…

Saat itulah jelas terlihat rash merah2 di kaki dd Ija
Trus di punggung n perutnya jugaaaa

Yapppp ga salah lagi kalo secara medis si ROSEOLA INFANTUMlah biang keladinya

Ini penyebabnya virus.
Biasanya anak panas dulu 3 hari, setelah panas hilang baru deh ruam/ rash muncul.

Umumnya muncul di leher, dada, sama punggung dulu, setelah itu menyebar ke seluruh tubuh.

Oya, penyakit ini biasanya terjadi pada anak dibawah usia 3 tahun, tp paling sering 9 sp 12 bulan.

So,kayaknya cocok buat dd Ija ya
Mas Kavin dulu wkt 15 bln pernah kena juga soalnya…

(photo :rash merah di kaki dd Ija)

Sebetulnya penyakit ini nggak bahaya, dan nggak perlu diobatin apa2.
Hanya saat demam tinggi di mana anak rewel, susah ditenangkan perlu diberi pereda demam..cukup dengan parasetamol. Seperti penyebab virus lainnya,tingkatin daya tahan tubuh aja, kasih minum n makanan yg bergizi.

Komplikasinya memang ada, tapi jarang banget, misal pneumoni dan enchepalitis gitu.

Biasanya ruamnya hilang sendiri  beberapa hari.

Lebih lengkap tentang roseola, silahkan klik di : www.mayoclinic.com/invoke.cfm?id=DS00452

ARTIKEL ROSEOLA
www.medicastore.com/cybermed/detail_pyk.php?idktg=19&iddtl=939 - 14k -

NAMA
Roseola Infantum
DEFINISI
Roseola Infantum adalah suatu penyakit virus menular pada bayi atau anak-anak yang sangat muda, yang menyebabkan ruam dan demam tinggi.
Roseola biasanya menyerang anak yang berumur 6 bulan - 3 tahun.
PENYEBAB
Penyebabnya adalah virus herpes tipe 6 dan 7.
Virus disebarkan melalui percikan ludah penderita.
Masa inkubasi (masa dari mulai terinfeksi sampai timbulnya gejala) sekitar 5- 15hr.
Biasanya penyakit ini berlangsung selama 1 minggu.

                    (gambar dari :

http://www.nlm.nih.gov/medlineplus/ency/images/ency/fullsize/17255.jpg)

GEJALA
Demam timbul secara tiba-tiba, mencapai 39,4-40,6° Celsius dan berlangsung selama 3-5 hari. Meskipun demam tinggi, tetapi anak tetap sadar dan aktif. Pada saat suhu tubuh mulai tinggi, 5-10% penderita mengalami kejang demam (kejang akibat demam tinggi). Bisa terjadi pembengkakan kelenjar getah bening di belakang kepala, leher sebelah samping dan di belakang telinga.
Limpa juga agak membesar.
Pada hari keempat, demam biasanya mulai turun.

Sekitar 30% anak memiliki ruam (kemerahan di kulit), yang mendatar maupun menonjol, terutama di dada dan perut dan kadang menyebar ke wajah, dan tungkai.

Ruam ini tidak menimbulkan rasa gatal dan berlangsung selama beberapa jam sampai 2 hari.

DIAGNOSA
Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan fisik.

PENGOBATAN
Untuk menurunkan demam, bisa diberikan asetaminofen. Kepada anak-anak tidakboleh diberikan aspirin karena bisa menyebabkan sindroma Reye. Sebaiknya anak dikompres dengan menggunakan handuk atau lap yang telah dibasahi dengan air hangat (suam-suam kuku). Jangan menggunakan es batu, air dingin, alkohol maupun kipas angin.

Usahakan agar anak minum banyak air putih atau potongan-potongan es batu,rutan elektrolit atau kaldu.
Selama demam, sebaiknya anak menjalani tirah baring.

Miko Nasution <[EMAIL PROTECTED]> wrote:.ke dokternya keyzia dr bayi.... (pas hr rabu dia ga praktek).... pas diperiksa ternyata sariawan yg dilidahnya keyzia sdh jadi luka yg aga gede... n dia bilang keyzia kena 2 virus... sariawannya n virus ekstangen... yg ciri2xnya... panas tinggi dulu.... trus abis itu keluar bintik2x merah diseluruh bdnnya.. diabiarin aja keluar ga usah dikasih apa2x krn akan sembuh sendiri... dikasih 2 obat tuk sariawannyan vitamin penambah kekebalan tubuhnya... makannya pagi siang n malam akhirmya dikasih sup knor....udah mulai cerewet n lincah...

yg saya mo tanyakan.. ada yg tau virus ekstangen (kayanya seh tulisan sdh bener)itu apa?? kata tante saya seh kalo org jama dulu tuh bilangnya sakit merutus or merutu...

terima kasih temans yg mo baca... :)) maaf kepanjangan..

Miko Nasution