Timbangannya tidak seharga emas, karena hal sebagai berikut Bu :

Dari Fatimah binti Muhammad ketika melahirkan Hasan, dia berkata : Rasulullah
bersabda : "Cukurlah rambutnya dan bersedekahlah dengan perak kepada orang
miskin seberat timbangan rambutnya."

[Sanadnya Hasan, Hadits riwayat Ahmad (6/390), Thabrani dalam "Mu'jamul Kabir"
1/121/2, dan al-Baihaqi (9/304) dari Syuraiq dari Abdillah bin Muhammad bin
Uqoil]

Walhasil,

Hadist tentang perintah untuk bersedekah dengan emas, ini adalah hadit dhoif.

[Disalin dan diringkas kembali dari kitab "Ahkamul Aqiqah" karya Abu Muhammad
'Ishom bin Mar'i, terbitan Maktabah as-Shahabah, Jeddah, Saudi Arabia]

Wallohu'alam