Harus bisa baca dan tulis mbak. Kenapa saya bilang harus, karena kasian
anak kalo dia tidak mahir, jadinya ketinggalan. Secara teori dan dari
diknas memang TK diajarinnya hanya menggambar, mewarnai, tahu huruf
tidak diwajibkan bisa baca. Tapi, tuntutan jaman, masuk SD sekarang di
test (walo di negeri), otomatis harus bisa baca dan tulis. Dan pelajaran
sd kelas 1 sekarang menurut saya lumayan sudah agak tinggi utk umur
segitu (butuh logika dan nalar terutama utk pelajaran PPKN, sains, IPS)

Makanya sebagian TK sudah mengajarkan baca sejak TK A, supaya TK B nya
lancar. Tapi ada juga mulai TK B, dan utk anak yg mau masuk SD baru ada
tambahan khusus. Kebetulan dulu dila keduanya ngalamin (TK A dan TK B
beda sekolah)

Diajarinnya kalo dila nggak mau dipaksa mbak. Biasanya sambil baca buku
cerita, majalah, lembar kegiatan di gramed banyak tuch. Biasanya
terbitan erlangga for kids (cmiiw) bagus tuch. Bukunya menarik, tapi
rada mahal.

Juga bisa mulai dgn kita bikin sendiri kata2 yg dia suka, yg dia pakai
sehari2

Pada akhirnya memang sich, seiring bertambahnya umur, dia akan bisa
sendiri. Tapi perlu rangsangan dari ortu.

     ~   ILA   ~

Skin Clinical Center Indonesia

Menara Duta 2nd fl Wing D

Ph : (62) 21 - 5256366 Ext 258