Kalo saya mba, punya 2 anak usia 4,5 th dan 3 th sukses berhenti minum susu
pake dot sebulan yang lalu.

Caranya saya buat tulisan isinya begini " Kakak & ade pinter dech kalo minum
susunya pake gelas, ga kayak bayi lagi pake botol".
Saya tambahin juga gambar gelas dan botol disamping tulisan tadi, gambar
botolnya saya kasih tanda cross (artinya tidak boleh minum pakai botol).
Lalu saya tempel di dekat steamer botol.

Kebetulan kakaknya lagi belajar huruf /baca , jadi dia selalu tanya kalo ada
tulisan yg saya tempel. Saya bacain dech buat dia.
Trus bikin komitmen sama asisten di rumah kalo mereka harus minum pake
gelas.
Kalo pas mereka merengek saya akan kasih pengertian dan bacakan lagi tulisan
itu.

Alhamdulillah berhasil.

Saya tidak menyembunyikan botol2 itu dengan alasan :
- anak saya yg ketiga usianya masih 1 th dan masih minum susu botol (lagi
nyari cara gimana menghentikannya seawal mungkin).
- saya ingin anak saya mengerti bahwa mereka memang sudah tidak boleh minum
pakai botol/dot lagi, tanpa harus membuat mereka merasa saya merampas
sesuatu dari mereka.

Cara ini juga berhasil untuk mengajarkan mereka membereskan mainannya
sendiri (tentunya anak saya yg 1 dan kedua), dan berbagai kebiasaan lainnya
semua aturan saya tuangkan dalam tempelan2 itu di tempat-tempat tertentu di
rumah.
Ide saya ini terinspirasi dari bukunya Ibu Melly Kiong.

Mudah-mudahan bisa jadi ide buat mba yuli.

Nopi