  From: Evi Eryani
  To: [EMAIL PROTECTED]
  Sent: Tuesday, October 28, 2003 10:44 AM
  Subject: Re: [balita-anda] OOT:Berpuasa saat ibu menyusui

  Ibu...yang penting itu niat kita, kita sendiri yang tahu keadaan anak kita atau
janin kita. Memang puasa itu tidak wajib hukumnya bagi ibu hamil/menyusui tetapi
dengan catatan jika membahayakan janin/bayi, jadi jika kehamilan bermasalah atau
keadaan Ibu ASInya kurang lancar. Tapi percayalah bahwa Tuhan itu maha adil, segala
sesuatunya sudah diperhitungkan. Saat sayur/berbuka perbanyak sayur berkuah, atau
sisipkan menu daun katuk, minum susu/suplemen, hindari makanan yang tidak bergizi ikut
masuk supaya kita tidak kenyang duluan, sehingga makanan yang bergizi malah terlewati.
Misalkan begini, kita makan kebanyakan kuah kolak, takutnya nanti makanan pokoknya
tidak masuk karena kenyang duluan kan? misalkan biasanya setelah makan minum air
putih, sekarang minum saja air jeruk/susu agar yang masuk ada vitaminnya, Jika perlu
dibuat jadwal seperti ini : Sesudah adzan magrib makan satu mangkok kecil kolak,
kemudian sholat magrib, setelah sholat magrib makan makanan pokok, dan minum susu,
sholat tarawih dan sesudah sholat tarawih kalau masih ingin makan kolak makan saja
lagi, atau minum saribuah.
  Semoga membantu ya Bu......Insyaalloh ASI tetap lancar, saya saja masih bisa nyimpen
sebotol tuh padahal anakku sudah 11 bulan usianya. Kalau kita rajin netekin, ASI itu
nggak habis, malah produksi terus, Jadi malam hari tetap rajin netekin anak, pagi
kalau bisa diperas untuk disimpan dikulkas, dan siang hari kalau memungkinkan diperas
ya diperas saja, dan pulang kerja jangan langsung tetekin, tapi peras dulu untuk
disimpan buat esoknya, baru anak boleh netek, pokonya semakin diperas semakin banyak
deh ASInya.
  "Chris Bianco" <[EMAIL PROTECTED]> on 10/28/2003 10:24:41 AM

  Please respond to [EMAIL PROTECTED]