Sekedar sharing

Kebetulan aku jg pembawa foktor thalasemia yg aku tau pas hamil kedua anakku,
tp ALHAMDULILLAH hanya minor, jd sifatnya hanya sebagai pembawa kl gak salah
istilahnya carrier.
Waktu itu sempat panik jg, ketauannya, pas hami kedua aku keliatan lebih pucat,
trus tes darah lengkap, ketuan kl ada bakat thalasemi.  Trus akhirnya utk cek
kehamilan selanjutnya aku dan suami jg hrs cek thalasemi lanjutan ke RSCM (ada
di deretan terdepan, bukan di dalam2nya RSCM) kl ternyata suami juga ada
thalasemi hrs cek ke janin, kl ternyaata janin juga thalasemi kemungkinan
kehamilan tidak bisa dilanjutkan.Tp alhamdulillah hasil tes thalasemi suami
negatif, jd kemungkinan (skitar 25%) anak saya juga hanya pembawa  seperti
saya, utk pembawa hidup sepertiorang normal aja.. tdk ada keluhan, dll

D RSCM kami dijelaskan secara detail apa itu thalasemia, mulai dari awal mulany
amasuk ke indonesia sampai penyebarannya. Daerah or suku apa aja yg biasa
mengidap thalasemi, sampai pengobatan dan kelompok thalasemianya...ada lho...

Thalasemi adl suatu penyakit (atau kelainan ya...hehe..) dmn sel darah lebih
cepat berganti (atau gmn gitu istilahnya) dibanding waktu normalnya, jd si
penderita membuthkan transfusi darah sepanjang hidupnya. Efek dari tranfusi ini
adalah ke ginjal.

Saran saya segera saja ke Pusat Thalasemia yg lokasinya ada di RSCM.

Mohon maaf apabila kurang berknan