Ada tips dr milist sebelah, semoga bermanfaat ya...

Banyak yg tanya bgmn cara memperbanyak ASI, mengkentalkan ASI, memompa ASI
dengan jumlah banyak...
Well, ini saya punya tips yg mungkin berlaku secara umum dlm rangka menyusui
yaaa... (saya coba gabung2 dr email2 sebelumnya)
Semoga membantu...
1. Pikiran sang ibu harus positif. Masukkan ke pikiran, ASI saya cukup utk anak
saya, saya akan memberikan yg terbaik buat anak saya, anak saya berhak
mendapatkan yg terbaik.
2. Para ibu harus percaya diri, bahwa setiap ibu pasti bisa menyusui. Sangat
jarang ibu yang secara medis tidak mampu menyusui bayinya. Menurut dr. Utami
Roesli, SPA, hanya 2% ibu yg bermasalah dengan  produksi ASInya. Kebanyakan
masalah ketidaklancaran produksi ASI karena kesalahan penanganan manajemen
laktasi, baik karena penangan tenaga medis yg mendahulukan susu formula ataupun
orang tua bayi yg kurang memahami seluk beluk laktasi.3. Perbanyak makan
sayuran hijau.
4. Banyak-banyaklah minum air putih juga. Minum susu juga perlu, tidak harus
susu menyusui. Susu apapun boleh.
5. Lebih sering lagi menyusui bayi akan meningkatkan produksi ASI. Ketersediaan
ASI sesuai dengan hukum permintaan dan penawaran. Jika ibu jarang menyusui
bayinya, maka ASI akan lebih sedikit diproduksi tubuh.
6. Menyusui bukan hanya tugas IBU, tapi juga tugas AYAH. Ibu amat membutuhkan
dukungan dari keluarga, terutama AYAH. Ibu yg stress dan kelelahan karena
mengurusi sang bayi tentunya tidak akan
berhasil  menyusui anaknya. HARUS DIINGAT, faktor terbesar dari keberhasilan
produksi ASI adalah ketenangan pikiran dan keyakinan ibu bahwa dirinya mampu
menyusui bayinya.
7. Jangan pernah ganti ASI dengan susu formula!!