Sekedar sharing,
Waktu aku sedang hamil 37 minggu, aku sakit dan harus diopname. Awalnya
sih bintik-bintik dan bentol merah dan gatel tapi tanpa panas. Oleh dsog
aku di kasih obat alergi, katanya aku alergi makanan atau sama si jabang
bayi. Ternyata seminggu kemudian kok nambah pake panas sampe menggigil.
Akhirnya diputuskan untuk opname dan selain konsultasi dengan dsog dan
internist juga konsultasi dengan Prof. Karnen karena kemungkinan
penyebabnya alergi.
Selama seminggu aku di 'kerja' in sama Prof Karnen, tes alergi ini dan
itu. Sebelumnya dia interogasi semua sejarah alergi yang aku punya dan
kemudian tiap hari aku di ambil darah untuk tes alergi. Tapi tetep aja
tidak ada kesimpulannya, tidak ada alergi tungau, tidak alergi telur
maupun makanan yang lain, kecuali udang. Beliau juga heran kok bisa
gitu, karena kalau alergi sama janin katanya tidak muncul pada bulan2
terakhir. Akhirnya aku dikasih obat minum dan semacam salep yang
dosisnya tidak berbahaya buat janin. Ya sudah, hari kelima dsog-ku dan
Prof Karnen menyatakan kalau kondisi aku udah baik, tidak makin gatal
dan bayinya juga oke. Aku boleh pulang sambil nunggu duedate dan tetep
minum obat alergi. Selama 2minggu kemudian sampai akan melahirkan sih
masih merah2 tapi gak gatel dan gak panas lagi. Tapi setelah melahirkan
justru ilang.
Prof. Karnen orangnya baik banget, sangat detil dan teliti kalau
memeriksa. Sayangnya aku belum punya pengalaman periksa alergi untuk
anak kecil.

Thanks,
arie