Ini saya dapat jawaban antara keterkaitan makanan pedas dan ASI :

Makanan Pedas Pengaruhi Mutu ASI?

*Masalah :*

Dokter yang terhormat.

Saya baru saja melahirkan sebulan lalu. Saya bertekad menyusui eksklusif.
Namun, ada yang ingin saya tanyakan kepada Dokter. Apakah bayi akan sakit
jika saya mengonsumsi makanan yang pedas? Kata ibu saya, makanan pedas
berpengaruh pada kualitas ASI, betulkah itu? Apakah obat tertentu juga akan
memengaruhi kualitas ASI?

Semoga Dokter bersedia menjelaskannya dengan terperinci. Terima kasih.

Ny. Nuraida - Bandung Selatan

*Jawaban :*

Ibu yang terhormat.

Selamat atas kehadiran anggota keluarga yang baru. Saya sangat gembira atas
tekad Ibu untuk memberikan ASI eksklusif dan lakukanlah sampai bayi berusia
6 bulan.

Prinsipnya, ASI bukan langsung berasal dari bahan yang ada di perut, namun
diolah terlebih dahulu sehingga merupakan bahan yang
bergizi<http://konsultasikesehatan.epajak.org/wp-content/plugins/wp-affiliate-pro.php?id=28>(nutrien)
yang dihantarkan melalui darah.

Kualitas ASI dipengaruhi oleh kesehatan ibu secara menyeluruh, termasuk juga
mutu dari asupan makanan dan kecukupan istirahat.

Makan-makanan pedas tidak memengaruhi kualitas ASI. Ada 2 penelitian yang
menunjukkan bahwa ibu yang memakan makanan pedas, bayinya menyukai ASI yang
diberikan sehingga waktu menetek lebih panjang dibandingkan dengan ibu yang
tidak makan makanan pedas.

Salah satu bahan makanan yang sering diujicobakan adalah bawang putih. Dua
jam setelah makan bawang putih, ASI akan berasa bawang putih. Ternyata, rasa
bawang putih disukai oleh bayi yang menetek dengan volume ASI yang lebih
besar daripada biasanya. Oleh karena itu, memakan berbagai makanan yang
sehat untuk ibu berguna bagi bayinya terutama dalam memperkenalkan berbagai
macam rasa sejak dini.

Tentunya hal tersebut di atas harus dibedakan dengan
alergi<http://konsultasikesehatan.epajak.org/wp-content/plugins/wp-affiliate-pro.php?id=27>makanan
pada bayi. Tentunya bila bayi menunjukkan
alergi<http://konsultasikesehatan.epajak.org/wp-content/plugins/wp-affiliate-pro.php?id=27>,
ibu harus hati-hati dalam memilih makanan. Demikian pula dengan obat-obatan,
sepanjang Ibu meminum obat sesuai dengan anjuran dokter, tidak ada yang
perlu Ibu khawatirkan mengenai pengaruh obat terhadap kualitas ASI.

Mudah-mudahan keterangan ini membuat Ibu merasa lebih nyaman untuk makan
berbagai makanan dan berbagai rasa yang disukai.

Prof. Dr. dr. H. Azhali, M.S., Sp. A.K.

Sumber : Pikiran Rakyat Online

http://konsultasikesehatan.epajak.org/asi/makanan-pedas-pengaruhi-mutu-asi-280

Kirim email ke